Berbagai Kondisi yang Bikin Kamu Dilarang Olahraga
Lifestyle & Sport

Berbagai Kondisi yang Bikin Kamu Dilarang Olahraga

Channel9.id-Jakarta. Olahraga memang bermanfaat untuk kesehatan. Namun, ada kalanya, olahraga bisa memperburuk kondisi kesehatan, lo. Ini bergatung pada kondisi kesehatan sih.

Olahraga memang baik untuk kesehatan. Namun sayangnya, hal tersebut tidak selalu baik dilakukan semua orang. Bagi beberapa orang dengan kondisi tertentu, olahraga justru bisa memperburuk kondisi tersebut atau memperparah rasa nyeri yang Anda alami. Lantas, kondisi apa saja yang membuat Anda tidak boleh olahraga dulu? Cari tahu jawabannya dalam artikel ini.

1. Kurang istirahat
Kalau Kamu kurang tidur, jangan olahraga dulu. Tubuhmu yang cenderung stres dan kelelahan—karena kurang tidur, cenderung bakal makin nge-drop ketika olahraga. Sebaiknya, beristirahatlah dengan cukup sebelum berolahraga.

2. Demam
Olahraga memang bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Namun, ini berlaku bila tubuhmu dalam keadaan normal. Jadi, saat sedang tak enak badan seperti demam, sebaiknya jangan berolahraga dulu.

Demam sendiri terjadi saat sistem kekebalan tubuh melawan infeksi. Nah, jika Kamu tetap berolahraga saat demam, sistem imun menerima tekanan berlebih. Pada ujungnya, demam akan semakin parah. Selain itu, olahraga saat demam kerap menjadi penyebab utama cedera lantaran kondisi ini membuatmu sulit berkonsentrasi.

3. Pilek dan flu
Sama halnya seperti saat demam, olahraga saat sedang pilek dan flu juga sebaiknya dihindari. Olahraga akan membuatmu semakin lemah dan sulit pulih. Apalagi jika pilek dan flu ini disertai demam.

3. Asma
Jika kamu mengalami asma karena infeksi pernapasan, sebaiknya hindarilah olahraga dalam beberapa hari. Lalu periksa juga ke dokter. Coba konsultasikan ke dokter apakah Kamu sudah mampu mengendalikan asma dengan baik, dan apakah sudah boleh berolahraga.

Untuk memulai olahraga saat asma, sebaiknya lakukan olahraga secara bertahap, dari intensitas ringan ke tinggi. Jangan lupa pula melakukan pemanasan dan pendinginan.

5. Cedera lama kambuh
Jika Kamu sempat cedera dan kambuh, coba hentikan olahraga dan segera konsultasi ke dokter. Pasalnya, gangguan ini biasanya bukan pertanda baik, terutama jika rasa sakit terus dialami selama Kamu beraktivitas. Dalam banyak kasus, nyeri yang muncul tiba-tiba perlu perhatian medis, apalagi jika bila sumber nyeri ada di tempat yang belum pernah cedera.

6. Hamil dan lainnya
Selama hamil, seorang perempuan boleh berolahraga, namun harus yang aman seperti yoga, berenang, berjalan, dan olahraga intensitas rendah lainnya. Pokoknya, hindari olahraga yang menekan punggung dan perut. Selain itu, pastikan cukup asupan air, cukup istirahat, dan menghindari panas.

Selain itu, Kamu juga tak boleh olahraga jika baru saja menjalani operasi atau cedera berat. Pasalnya, tubuh harus fokus proses pemulihan, bukan olahraga yang bisa membebani imunmu. Demikian pula bagi orang dengan penyakit kronis. Mereka ini sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum memulai olahraga.

(LH)qq

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

37  +    =  42