Tranformasi Digital, Indonesia Butuh Satelit Berkapasitas Besar
Techno

Tranformasi Digital, Indonesia Butuh Satelit Berkapasitas Besar

Channel9.id-Jakarta. Indonesia membutuhkan satelit berkapasitas besar untuk transformasi digital. Hal ini disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate.

“Kita membutuhkan kapasitas satelit yang sangat besar, 1 terabyte setidaknya di dalam roadmap satelit Kominfo,” ujar Johnny saat penandatanganan pinjam-pakai lahan BTS 16 kabupaten dengan BAKTI Kominfo di The Nusa Dua, Bali, Jumat (26/11).

Ia mengatakan bahwa saat ini Indonesia telah menggunakan sembilan satelit untuk telekomunikasi. Empat di antaranya satelit nasional, dan sisanya satelit asing. Namun, lanjutnya, satelit ini belum cukup mengingat kapasitasnya baru 50 gigabyte.

“Sebesar 60% kapasitas satelit komunikasi digunakan oleh BAKTI (red: Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi) Kominfo, untuk mendukung pembangunan untuk membangun transformasi digital,” ungkapnya.

Johnny berharap pihaknya bisa meluncurkan Satelit Satria 1 pada kuartal keempat tahun 2023. Ada pun satelit ini sedang dalam proses produksi. Setelah itu, Indonesia bakal memiliki satelit terbesar di Asia, dan nomor lima di dunia. Satelit Satria 1 ini dirancang memiliki kapasitas sekitar 150 Gbps; tiga kali lebih besar dari sembilan satelit yang saat ini dipakai.

Namun, Johnny mengakaui bahwa pembiayaan teknologi komunikasi tidaklah mudah. Oleh karenanya, dibutuhkan berbagai gagasan untuk mencari bauran teknologi dan bauran pembiayaan, atau blended technology and blended financing.

“Tidak gampang (mencari bauran pembiayaan) dan ini mau dihadirkan di daerah termasuk di daerah-daerah 3T untuk kepentingan masyarakat,” tambah Johnny.

Adapun bauran pembiayaan yang sudah diupayakan yakni dari universal service oblgation (USO), penerima negara bukan pajak sektor Kominfo, dari rupiah murni, bahkan dari international financial market.

(LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  +  6  =  11