Connect with us

Nasional

Berikut Daftar Kabupaten/Kota di Jawa-Bali dengan PPKM Level 4,3,2

Published

on

Channel9.id-Jakarta. Pemerintah memutuskan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah Jawa-Bali dilanjutkan pada 14 hingga 20 September 2021.

Berdasarkan Instruksi Mendagri Nomor 42 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4, 3, 2 Covid-19 di Jawa-Bali yang dikutip Selasa (14/9), bahwa hanya ada tiga wilayah yang masih menerapkan kebijakan PPKM level 4 yaitu di Provinsi Jawa Barat ada dua daerah: Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Brebes di Jawa Tengah.

Baca juga: PPKM Diperpanjang, Luhut: Kita Tidak Ingin Mengulangi Kesalahan di Negara Lain 

Berikut daftar lengkap daerah dengan PPKM level 3 dan 2 di Jawa-Bali:

1. DKI Jakarta Seluruh wilayah di DKI Jakarta menerapkan PPKM level 3: Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Kepulauan Seribu

2. Provinsi Banten Level 2: Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak. Level 3: Kota Tangerang, Kota Cilegon, Kabupaten Tangerang, Kota Tangsel, Kota Serang.

3. Provinsi Jawa Barat Level 3: Kota Sukabumi, Kota Cirebon, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kota Bandung, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Depok, Kota Tasikmalaya, Kota Cimahi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, Kabupaten Sumedang.

Level 2: Kabupaten Kuningan, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Majalengka, Kabupatan Pangandaran, Kabupaten Banjar, Kabupaten Karawang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Subang, Kabupaten Garut.

4. Provinsi Jawa Tengah Level 3: Kabupaten Wonosono, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Tegal, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Sragen, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Magelang, Kota Surakarta, Kota Semarang, Kota Salatiga, Kota Magelang, Kabupaten Klaten, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Karanganyarm Kabupaten Cilacap, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Boyolali.

Level 2: Kabupaten Pati, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Rembang, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Kudus, Kota Tegal, Kota Semarang, Kota Pekalongan, Kabupaten Kendal, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Semarang, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Blora, Kabupaten Batang, Kabupaten Demak, Kabupaten Jepara.

5. DIY Yogyakarta Level 3: Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul. Kota Yogyakarta, Kabupaten Kulonprogo, Kabupaten Gunungkidul.

6. Provinsi Jawa Timur Level 3: Kabupaten Tulungagung, Kabuoaten Trenggalek, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Magetan, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Lumajangm Kabupaten Madiun, Kota Surabaya, Kota Malang, Kota Madiun, Kota Blitar, Kota Probolinggo, Kota Mojokerto, Kota Batu, Kabupaten Kediri, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Blitar, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Malang, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Gresik, Kabupaten Bangkalan.

Level 2: Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Jember, Kota Kediri, Kabupaten Jombang, Kabupaten Tuban, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Sampang, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pamekasan, Kota Pasuruan, Kabupaten Bojonegoro.

7. Provinsi Bali Level 3: Kabupaten Jembrana, Kabupaten Gianyarm Kabupaten Bangli, Kabupaten Badung, Kabupaten Karangasem, Kabupaten Tabanan, Kabupaten Klungkung, Kabupaten Buleleng, Kota Denpasar.

IG

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nasional

Mendagri Dorong Kabupaten Banggai Agresif Lakukan Testing Covid-19 

Published

on

By

Channel9.id-Luwuk. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mendorong Kabupaten Banggai agar melakukan testing Covid-19 secara agresif. Hal itu perlu diperbanyak untuk menggambarkan laju penularan sesuai kondisi di lapangan. Pasalnya, tidak ada satu pihak pun yang tahu kapan pandemi ini bakal usai.

Hal itu disampaikan Mendagri saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Banggai, Sabtu (25/9/2021). Ia berharap, agar testing Covid-19 tersebut tidak hanya dilakukan dengan antigen, tetapi juga PCR test.

“Kalau bisa, di Kabupaten Banggai juga ada PCR test, sekarang banyak dibuka PCR test itu bukan lagi monopoli pemerintah, banyak vendornya dengan harga yang terjangkau, dengan APBD, termasuk sampai ke pelatihan dan penyediaan reagen-nya,” ujar Tito saat melakukan konferensi pers usai bertemu dengan Bupati Banggai beserta jajarannya.

Baca juga: Turun Lagi, Positif Covid-19 RI Tambah 2.137

Langkah itu, lanjutnya, untuk menambah testing Covid-19 selain menggunakan antigen. Kendati demikian, testing tetap bisa dilakukan bersamaan dengan menggunakan antigen. Meskipun antigen bukanlah standar utama dalam melakukan testing Covid-19. Dengan upaya tersebut, diharapkan dapat mempercepat penanganan terhadap masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19. Sehingga risiko penyakitnya dapat berkurang.

Di lain sisi, dengan skema pelibatan pihak lain ini juga, dapat membantu Kabupaten Banggai untuk memperoleh hasil testing yang lebih cepat, dibanding mengirim sampel ke daerah lain seperti ke Kota Palu.

“Karena kalau delay-nya sampai seminggu sampai berminggu-minggu, nanti oleh staf yang menginput data yang minggu lalu ditumpukin sama minggu ini, akibatnya meledak naik, padahal tidak segitu,” ujar Tito.

Dengan adanya fasilitas uji sampel ini juga dapat membantu daerah sekitar seperti Morowali, Banggai Kepulauan, dan lainnya dalam melakukan testing Covid-19.

Lebih jauh Tito  mengatakan indikator pengendalian Covid-19 menunjukkan hasil yang baik, di tingkat nasional, provinsi, termasuk Kabupaten Banggai.

“Ditandai dengan menurunnya kasus positif Covid-19, dan angka bed occupancy ratio di bawah 50 persen. Selain itu, angka kematian juga turut menurun, dan angka kesembuhan mengalami peningkatan,”tandasnya.

 

Continue Reading

Nasional

Turun Lagi, Positif Covid-19 RI Tambah 2.137

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Indonesia mencatat penambahan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 2.137 pada Sabtu (25/9). Angka ini turun dari sebelumnya yang tercatat 2.557 orang. Dengan demikian total jumlah kasus Covid-19 di Tanah Air berjumlah 4.206.253 kasus.

Kasus aktif  pada hari ini mencapai 44.071 orang. Kasus aktif artinya pasien masih positif Corona di RI hingga hari ini. Jumlah itu turun 1.732 kasus dari hari sebelumnya.

Baca juga: Naik Lagi, Kasus Aktif Covid-19 Sentuh 10.064 

Sebanyak 3.746 pasien dinyatakan bebas dari Covid-19, sehingga total pasien Corona yang dinyatakan sembuh hingga saat ini berjumlah 4.020.801 orang.

Sementara itu, 123 pasien Corona meninggal 141.381. Turun dari sebelumnya yakni 144 orang.

Adapun jumlah kasus suspek yang dipantau hari ini, yaitu sebanyak 375.061 orang. Sedangkan jumlah spesimen yang diuji hari ini sebanyak 257.803.

Continue Reading

Nasional

Mendagri Minta Kabupaten Banggai Tangkap Peluang Kekayaan SDA

Published

on

By

Channel9.id-Luwuk. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta Kabupaten Banggai memanfaatkan peluang kekayaan sumber daya alam (SDA) untuk menggenjot sektor penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Hal itu menyusul realisasi pendapatan Kabupaten Banggai yang lebih kecil dari belanjanya.

“Kami menyarankan kepada Bapak Bupati agar ada upaya untuk meningkatkan pendapatan,” kata Tito dalam kunjungan kerjanya di Kantor Bupati Banggai, Sulawesi Tengah, Sabtu (25/9).

Menurutnya, Kabupaten Banggai memiliki potensi luar biasa, misalnya saja dari sektor pangan yang tetap bisa tumbuh positif di tengah pandemi. Di luar itu terdapat sektor pertambangan, minyak dan gas bumi, dan lainnya.

“Banyak sekali sebetulnya potensi-potensi yang bisa dikembangkan di sini, kekayaan sumber daya alam yang ada ini dapat dimanfaatkan,” ujar Tito.

Baca juga: Mendagri Minta Daerah Berinovasi Tingkatkan PAD 

Tito meyakini, Kabupaten Banggai dapat bangkit dan memulihkan sektor ekonomi. Apalagi, lanjutnya, Bupati Banggai memiliki spirit dan antusiasme untuk membuat lompatan dalam membangun Kabupaten Banggai, di samping tetap mengendalikan penanganan pandemi dan menjaga ekonomi agar tetap hidup.

 

Continue Reading

HOT TOPIC