Lifestyle & Sport

Besok Kembali Kerja, Coba Lakukan Ini Kalau Konsentrasi Mulai Menurun

Channel9.id-Jakarta. Cuti Idulfitri telah berakhir dan besok Senin. Kamu sudah harus kembali bekerja atau melakukan aktivitas sebagaimana biasanya. Namun, mungkin sisa-sisa lelah di hari kemarin belum juga hilang lantaran Kamu belum cukup istirahat. Alhasil, Kamu malah kehilangan konsentrasi dan produktivitasmu terganggu.

Untuk mencegah hal itu, Kamu disarankan untuk memilih asupan yang bisa membantu meningkatkan konsentrasi. Terutama untuk menu makan siang. Nah, apa saja sih asupan yang dimaksud? Ini dia daftarnya.

1. Air putih
Kurang lebih 70% dari tubuh merupakan cairan. Seluruh fungsi tubuh bergantung pada cairan ini, termasuk fungsi otak.

Saat kekurangan cairan, Kamu cenderung mudah lelah, kehilangan fokus, turun daya ingat, bahkan sakit kepala dan gangguan tidur. Maka dari itu, untuk mencegah hal ini, penuhilah kebutuhan cairan dengan minum air putih minimal delapan gelas sehari.

2. Kafein
Studi menemukan bahwa mengonsumsi kafein bisa mempromosikan peningkatan aktivitas otak yang terlibat dalam proses perencanaan, perhatian, pemantauan, dan konsentrasi. Namun, perlu dicatat, efek ini bervariasi pada setiap orang.

3. Teh hijau
Sama seperti kopi, teh hijau punya kafein yang bisa membantu untuk lebih fokus. Namun demikian, teh hijau mengandung kafein yang lebih rendah. Selain itu, teh ini juga mengandung asam amino theanine, yang bisa meningkatkan fokus atau daya konsentrasi otak.

4. Pisang
Suatu penelitian juga membuktikan bahwa pisang bisa membantu meningkatkan konsentrasi. Ini karena kandungan mineral potasium di dalam dalam pisang bisa membantu mengoptimalkan kinerja otak, saraf, dan jantung.

5. Telur
Asupan asam lemak omega-3 pada telur bisa meningkatkan kinerja otak, termasuk dalam daya ingat, fokus, dan suasana hati. Selain itu, kolin pada telur juga bisa menjaga selaput otak tetap sehat.

Nah, itu dia beberapa asupan yang bisa Kamu pilih saat makan siang. Alih-alih ngantuk, Kamu justru bisa meningkatkan konsentrasi, lo.

Selain memenuhi asupan itu, Kamu juga dianjurkan untuk mendapatkan tidur cukup pada malam harinya. Adapun durasi tidur yang disarankan adalah 7—9 jam semalam. Selain itu, Kamu juga harus tidur berkualitas. Dengan begitu, Kamu bisa tetap bugar menjalankan aktivitas sehari-hari.

Jika Kamu punya kesempatan untuk membereskan tempat kerja, maka beres-bereslah. Coba hias meja dengan hal-hal yang membuat bahagia atau termotivasi, seperti menaruh lukisan atau tempelan kata-kata inspiratif. Cara ini juga membantumu untuk lebih berkonsentrasi dan fokus, lo. Kamu juga sebaiknya luangkan waktu untuk melakukan peregangan supaya mata dan otot-otot jadi lebih rileks.

Lalu yang tak kalah penting ialah Kamu sebaiknya rajin mengasah otak. Cara ini bisa membantu mengembalikan konsentrasi juga, lo. Coba isi teka-teki silang, main catur, menulis, atau lainnya ketika Kamu mulai suntuk dan kehilangan fokus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

5  +  2  =