Lifestyle & Sport

Bingung Cari Hobi? Coba Ikuti Langkah Berikut Ini

Channel9.id-Jakarta. Beberapa orang biasanya mengisi waktu luang, seperti di akhir pekan ini, dengan melakukan kegiatan yang mereka sukai atau hobi. Namun, ternyata tak semua orang punya hobi, lo. Padahal hobi bisa menjadi pelipur lara di kala sedang penat, sedih, atau stres.

Adapun salah satu alasan tak punya hobi ialah karena mereka belum berhasil menemukan hobi. Terhambatnya pencarian hobi ini karena sejumlah faktor, termasuk kesibukan, sehingga sulit meluangkan waktu untuk diri sendiri. Atau, kegiatan-kegiatan yang sudah coba sebelumnya mungkin belum cukup “sreg” di hati hingga waktu. Ada kalanya seseorang menggebu-gebu untuk melakukan suatu kegiatan, namun di kemudian hari justru tak melakukannya lagi.

Mengingat hobi bisa mendukung kesehatan mental karena membantu “menyeimbangkan” diri sendiri dengan dunia luar, Kamu sebaiknya memang memiliki hobi. Nah, bagaimana sih cara mencari hobi yang tepat? Coba simak pemaparan berikut.

1. Sesuaikan hobi dengan kepribadian
Kepribadian bakal memengaruhi pilihan hobi seseorang. Kalau Kamu seorang ekstorver, ikutilah ikutilah kegiatan yang melibatkan banyak orang. Kalau Kamu lebih suka menyendiri dan berdiam diri di rumah, Kamu mungkin bisa memilih hobi yang menyenangkan dilakukan sendiri, seperti membaca.

2. Jajaki berbagai kegiatan
Kamu bisa memulainya secara perlahan dengan menjajaki setiap kegiatan yang menarik minatmu—seperti membaca, melukis, atau menulis. Kamu bisa melakukan hal ini dengan meluangkan waktu setengah jam setiap beberapa hari, misalnya. Dengan begitu, Kamu bisa menentukan apakah Kamu menyukai kegiatan itu atau tidak.

3. Catat hal yang menarik minat
Coba ingat-ingat kegiatan apa saja yang Kamu suka, lalu tulislah pada catatanmu. Misalnya, ketika Kamu tertarik pada kegiatan fotografi. Kamu bisa mencatatnya dan menjajaki kegiatan ini. Kemudian catat pula bagaimana pengalamanmu saat menjajaki kegiatan tersebut. Kamu bisa menulis kekurangan dan kelebihan saat Kamu melakukannya. Selanjutnya, Kamu bisa mempertimbangkan apakah Kamu benar-benar menyukai kegiatan tersebut, dan menjadikannya sebagai hobi.

4. Atur prioritas
Mempertahankan hobi yang banyak pada saat yang sama merupakan hal sulit. Maka dari itu, coba atur priotorasmu. Tentukan kegiatan apa yang bisa dijadikan hobi utama, yang setidaknya bisa Kamu lakukan lebih sering. Sementara kegiatan lainnya bisa dijadikan hobi sampingan di waktu-waktu tertentu.

Itu dia tips menemukan hobi. Kalau Kamu belum menemukan hobi, tak masalah. Lakukan saja tips di atas hingga akhirnya Kamu berhasil menemukannya. Jangan memaksakan diri untuk buru-buru menemukannya karena hobi harus dilakukan dengan suka cita dan tanpa paksaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

  +  21  =  23