Hot Topic Nasional

Buka Muktamar ke-34 NU, Jokowi: Terima Kasih Atas Peran NU Tenangkan Umat dan Bantu Tangani Pandemi Covid-19

Channel9.id – Jakarta. Presiden Jokowi menyampaikan terima kasih atas peran NU dalam membantu pemerintah menenangkan umat dan bantu menangani pandemi Covid-19.

“Atas nama Pemerintah, atas nama masyarakat, atas nama Negara, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Nahdlatul Ulama yang telah membantu Pemerintah dalam menenangkan umat, menenangkan masyarakat dalam masa pandemi ini,” ujar Jokowi dalam pidato pembukaan Muktamar NU, Rabu 22 Desember 2021.

Jokowi menyampaikan terima kasih kepada NU karena telah mengajak masyarakat taat protokol kesehatan dan mengikuti vaksinasi. Jokowi menyampaikan, ajakan para kiai dan ulama berdampak besar pada meningkatnya keinginan masyarakat mengikuti vaksinasi.

Baca juga: Singgung FPI dan HTI saat Buka Muktamar ke-34 NU, KH Said Aqil Siroj: Jaga NKRI Adalah Amanah

Dia mengingat, saat awal-awal Indonesia menggunakan vaksin AstraZeneca, banyak daerah yang menolak memakai vaksin tersebut padahal stok yang tersedia saat itu hanya AstraZeneca.

“Tetapi begitu, saat itu ada telepon dari para kiai di Jawa Timur, ‘Pak Presiden, silakan semuanya vaksin dikirim ke Jawa Timur, kami terima’, besoknya saya ke Jawa Timur,” ucap Jokowi.

Saat itu, kata Jokowi, para kiai di Jawa Timur berkumpul dan seluruhnya mau menerima vaksin AstraZeneca yang dinyatakan haram oleh MUI. Setelah itu, semua daerah mau menggunakan vaksin tersebut.

“Inilah pengaruh para ulama, para kiai, dalam mengajak masyarakat untuk ikut vaksinasi,” kata Jokowi.

Jokowi kemudian bercerita kondisi di bulan Juli yang saat itu sangat mencekam. Dia sampai merasa ngeri menceritakan fakta di mana kasus Covid-19 melonjak sangat tinggi.

“Semua rumah sakit di Jawa dan Bali penuh, oksigen kurang, obat habis, kekurangan, kasus harian saat itu 56 ribu,” kata Jokowi.

Jokowi pun bersyukur mendapat dukungan dari NU saat itu. Sehingga kasus positif harian berangsur-angsur menurun.

“Alhamdulillah, berkat dukungan dari NU, kemarin kasusnya Alhamdulillah, Alhamdulillah, hanya 216 kasus per hari di seluruh Tanah Air,” ucap Jokowi.

HY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

88  +    =  95