Connect with us

Lifestyle & Sport

Bukan Cuma Karena Masalah Gigi dan Mulut, Bau Mulut Juga Indikasi Penyakit Lain

Published

on

Channel9.id-Jakarta. Umumnya bau mulut disebabkan oleh masalah kesehatan gigi dan mulut. Hal ini pun diperkuat dengan hasil studi yang menyatakan bahwa 80% kasus bau mulut disebabkan oleh masalah tersebut. Kendati demikian, sejumlah penyakit bisa menyebabkan bau mulut.

Bau mulut bahkan bisa adanya indikasi penyakit tertentu. Bau mulut yang disebabkan penyakit memiliki bau khas, bergantung apa penyebabnya dan organ bagian mana yang terganggu. Ada yang berbau manis seperti bau buah, hingga bau busuk seperti kotoran.

Lantas apa saja masalah kesehatan atau penyakit yang menyebabkan bau mulut?

1. Gigi berlubang
Sisa makanan yang menyangkut di gigi dalam waktu cukup lama dan membusuk bisa memicu petumbuhan bakteri. Kondisi ini membuat mulut berbau busuk. Selain gigi berlubang, radang gusi dan mulut kering pun bisa menyebakan mulut berbau busuk.

2. Penyakit asam lambung
Penderita penyakit asam lambung memiliki bau mulut yang cenderung asam. Kondisi ini terjadi karena asam lambung naik ke kerongkongan, sehingga muncul bau asam pada mulut.

3. Sinusitis
Lendir yang mengandung bakteri dari hidung turun ke tenggorokan bisa menyebabkan bau mulut. Bau mulut penderita sinusitis seperti kotoran.

4. Diabetes
Bau mulut karena penyakit diabetes berbau seperti buah. Hal ini terjadi saat jumlah insulin tidak cukup untuk mengambil gula dari darah sebagai sumber energi. Sebagai gantinya, tubuh membakar lemak. Dari pembakaran lemak, asam keton terbentuk sehingga menimbulkan bau mulut seperti aroma buah.

Baca juga : Meski Bermanfaat, Kebanyakan Makan Jeroan Justru Tak Sehat

5. Penyakit ginjal
Bau mulut penderita penyakit ginjal baunya seperti urine atau amis. Diketahui, ginjal yang tidak berfungsi dengan baik membuat tubuh kesulitan mengeluarkan racun dan zat sisa metabolisme melalui urine. Imbasnya, terjad penumpukan racun dan zat sisa ini ke seluruh tubuh. Tak ayal bila tercium bau urine atau amis dari si penderita.

Bau mulut akibat masalah kesehatan penyakit seperti di atas bisa diatasi dengan pengobatan dari dokter. Setelah penyakit tersebut teratasi, bau mulut umumnya akan hilang.

Untuk mengurangi bau mulut, sikatlah gigi dan bersihkan lidah secara rutin. Jika dirasa ada yang menyangkut di gigi, bersihkanlah dengan benang gigi. Cobalah berkumur dengan obat kumur. Dan yang lain tak kalah penting, yaitu perbanyak konsumsi air putih.

(LH)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle & Sport

Tanda dan Gejala Gendang Telinga Pecah

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Gendang telinga atau membran timpani merupakan bagian penting dalam sistem pendengaran. Ia berfungsi meneruskan getaran suara agar bisa ditangkap oleh saraf dan kemudian dilanjutkan ke otak. Tanpa gendang telinga, Anda tak bisa mendengar suara.

Dalam beberapa kasus, gendang telinga bisa pecah dan membuat seseorang kehilangan pendengaran. Pasalnya, suara tak bisa lagi ditangkap dan diteruskan ke saraf dengan baik.

Baca juga : Sekilas Soal Kebersihan dan Kesehatan Telinga

Sayangnya, kerap kali kerusakan gendang telinga terabaikan. Maka dari itu, sudah semestinya Anda mengetahui ciri-ciri gendang telinga pecah sebelum kehilangan pendengaran sepenuhnya. Setelahnya, Anda bisa konsultasikan ke dokter THT guna mendapat pengobatan yang tepat.

Adpaun ciri-ciri gendang telinga pecah yaitu sebagai berikut.
1. Keluar udara dari telinga ketika buang napas,
2. Nyeri telinga yang sangat tajam dan terjadinya mendadak,
3. Di saluran telinga berisi nanah atau darah
4. Penurunan atau kehilangan pendengaran di satu telinga atau di semua bagian yang terkena
5. Terasa berdering di telinga atau tinitus
6. Ada sensasi berputar atau vertigo dan pusing
7. Mual atau muntah akibat vertigo

Itulah ciri-ciri gendang telinga pecah. Jika Anda merasa memiliki ciri-ciri di atas, segeralah konsultasikan ke dokter.

Biasanya dokter akan memberi antibiotik dalam bentuk obat tetes telinga untuk mencegah atau mengobati infeksi jika ada. Jika membuat Anda kesakitan, dokter akan menyarankan obat nyeri seperti acetaminophen atau ibuprofen.

Ands juga bisa mencoba mengompres bagian atas telinga dengan handuk hangat untuk meredakan nyeri.

Jika kerusakan cukup parah, dokter tak hanya pemberian obat tetapi menyarankan pasien melakukan operasi untuk menempelkan jaringan dari bagian tubuh lain. Tujuannya untuk merangsang jaringan gendang telinga tumbuh dan kembali normal.

Dalam proses penyembuhan, telinga harus selalu dijaga agar selalu dalam kondisi kering. Anda harus menggunakan topi mandi atau kapas yang dilapisi petroleum jelly di telinga luar saat mandi agar telinga tetap kering.

(LH)

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Ronaldo Sudah Negatif Covid-19

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Bintang Juventus Cristiano Ronaldo dinyatakan terbebas dari COVID-19 setelah tes yang ia jalani menunjukkan hasil negatif, demikian klub Italia itu pada Jumat, (30/10).

“Ronaldo menjalani cek dengan tes diagnostik (usap) untuk Covid 19. Tes tersebut memberikan hasil negatif,” demikian pernyataan resmi Juventus.

Baca juga: Menang Lawan Juventus, Barcelona Dicoret Dari Kandidat Juara Liga Champions

“Sang pemain, oleh karena itu, sembuh setelah 19 hari dan tidak perlu lagi menjalani isolasi di rumah.”

Ronaldo untuk pertama kalinya mendapati dirinya positif COVID-19 pada 13 Oktober ketika membela timnas Portugal.

Dia telah menjalani isolasi mandiri sejak kembali ke Italia.

IG

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Menang Lawan Juventus, Barcelona Dicoret dari Kandidiat Juara Liga Champions

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Pesepakbola legenda asal Brasil, Rivaldo Vitor Borba Ferreira, mencoret Barcelona dari kandidat juara Liga Champions 2020-2021. Rivaldo menilai Barcelona tidak cukup kuat bersaing memperebutkan gelar juara.

Sejak musim panas 2020, Barcelona dihantam berbagai masalah, mulai dari Lionel Messi yang berniat angkat kaki dari Estadio Camp Nou, hingga perihal strategi transfer Blaugrana. Pada musim panas 2020, Barcelona hanya mendatangkan pemain-pemain muda seperti Pedri, Sergino Dest dan Francisco Trincao, di luar pemain veteran Miralem Pjanic.

Baca juga: Final, Messi Akhirnya Bertahan di Barcelona 

Jelas, strategi transfer Barcelona mendapat kecaman. Sebab, tim sebesar Barcelona terlihat tidak serius memperbaiki skuad mereka di bursa transfer musim panas 2020.

Ditambah lagi, kursi pelatih Barcelona dipegang juru taktik anyar yakni Ronald Koeman. Alhasil, pelatih asal Belanda itu masih meraba-meraba strategi apa yang tepat diterapkan Barcelona.

Di Liga Spanyol 2020-2021, hasil yang didapat Lionel Messi dan kawan-kawan tak bisa dibilang bagus. Barcelona hanya mendapatkan dua menang, satu imbang dan dua kalah.

Sementara di Liga Champions, hasil sempurna disabet Ousmane Dembele dan kawan-kawan. Barcelona menang 5-1 atas Ferencvaros dan menghajar Juventus 2-0 di kandang lawan.

Meski baru saja menang 2-0 atas Juventus, Rivaldo belum yakin Barcelona dapat bersaing di jalur juara Liga Champions 2020-2021. Terlebih di laga tersebut Barcelona hampir kalah 2-3 jika tiga gol Juventus yang dilesakkan Alvaro Morata tidak dianulir karena terjebak offside.

“Masih banyak jalan yang harus ditempuh musim ini. Tapi, sejauh ini saya belum melihat kualitas Barcelona yang sebenarnya,” kata Rivaldo yang sempat membela Barcelona dari 1997 hingga 2002, mengutip dari The Sun, Jumat (30/10/2020).

“Saya tidak terlalu percaya pada tim ini. Mereka tidak memiliki chemistry yang cukup untuk memperjuangkan gelar Liga Champion,” lanjut pemain yang membawa Brasil juara Piala Dunia 2002 tersebut.

“Barcelona masih bisa berjuang memenangkan trofi Liga Spanyol, mengingat mereka memiliki pemain hebat dan aura besar di Spanyol. Namun, saya tidak begitu yakin terkait peluang Barcelona menjuarai Liga Champions,” ujar Rivaldo.

Satu hal yang pasti, kursi pelatih Barcelona musim depan takkan ditempati Ronald Koeman. Sebab, sejumlah calon presiden Barcelona sudah menyiapkan kandidat pelatih masing-masing jika terpilih menduduki jabatan teratas di tubuh Blaugrana.

IG

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

HOT TOPIC