Techno

Cara Hadapi Cyberbullying

Channel9.id-Jakarta. Peningkatan penggunaan internet di masa pandemi Covid-19 ini menjadi salah satu faktor terjadinya peningkatan kekerasan di internet atau cyberbullying.

Hal tersebut disampaikan oleh Agita Pasaribu, pendiri aplikasi yang berfokus pada konseling hukum dan psikologi cyberbullying, Bully.id, pada beberapa waktu lalu.

“Perundungan di masa Covid-19 semakin meningkat karena sehari-hari berhubungan langsung dengan internet dan media sosial. Maka butuh psychology first aid (pertolongan pertama untuk psikologis),” jelas Agita.

Agita menuturkan bahwa cyberbullying bisa dialami siapa saja dan kapan saja. Ia berpesan, bila mengalaminya, jangan panik, takut, stres atau depresi.

Berikut ini sejumlah langkah yang bisa dilakukan jika mengalami cyberbullying.

1. Abaikan
Abaikan dan hindari membalas segala bentuk cyberbullying. Bersikaplah tenang, abaikan, dan alihkan pikiran pada hal lain.

2. Laporkan dan blok akun pelaku
Segera lapor, blok, dan hapus pertemanan dengan akun pelaku tindakan kekerasan tersebut.

Dengan melapor, platform media sosial nantinya akan menindaklanjuti laporan tersebut. Sementara dengan memblok, pelaku tidak punya akses ke akun Anda.

3. Bercerita pada orang lain
Dengan bercerita pada orang lain, Anda bisa meminta pendapat, bantuan, dan perlindungan untuk menghadapi kekerasan tersebut. Juga, dukungan emosional.

Selain itu, Anda bisa menghubungi psikolog untuk meminta bantuan dan menjaga kesehatan mental.

4. Ambil bukti kekerasan
Screenshoot atau tangkap layar kekerasan di media sosial sebagai barang bukti. Simpan hasil tangkapan tersebut.

5. Lapor ke polisi
Kemudian laporkan ke polisi terkait tindakan kekerasan tersebut dan sertakan buktinya. Polisi akan menelusuri kasus tersebut.

(LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

89  +    =  96