Lifestyle & Sport

Cara Mencegah Ngiler Saat di Perjalanan Mudik

Channel9.id-Jakarta. Kamu yang menghabiskan waktu berjam-jam, bahkan berhari-hari, di perjalanan ketika mudik, hampir pasti bakal ketiduran. Nah, saat itu terjadi, ada beberapa orang yang ngiler saat tidur. Tentu saja, mereka tak sadar. Kamu mungkin kerap mengalami hal ini. Perihal ngiler, mengapa hal ini terjadi?

Saat sedang terjaga, otot wajah, lidah, dan otot rahang, akan menjaga air liur tak ke luar dari mulut atau Kamu akan menelan kelebihan liur. Namun, saat sedang tidur, di mana ototmu berhenti sementara, fungsi ini bakal menurun. Di lain sisi, otak tetap mengendalikan kelenjar yang memproduksi liur sehingga mulut bakal terus memproduksi air liur. Pada titik tertentu, liur ini bakal menggenang di mulut.

Nah, karena otot melemas ketika tidur, kemampuan untuk menjaga air liur agar tak keluar mulut jadi menurun. Hal inilah yang memungkinkan Kamu ngiler saat tidur. Ini sebetulnya hal wajar, tapi terasa memalukan kalau ada orang lain yang melihat atau tahu Kamu ngiler. Meski saat ini mulutmu harus ditutupi masker karena pandemi COVID-19, tetap saja aroma iler bisa dibaui orang sebelah—bahkan air liur merembes ke luar masker, dan ini tentu membuat malu. Lalu adakah cara untuk mencegah ngiler saat tidur? Coba intip tips berikut.

1. Ubah posisi tidur
Jika memungkinkan, cobalah tidur telentang dengan mengatur jok penumpang. Lalu gunakan bantalan yang tak terlalu keras atau terlalu tinggi. Sanggalah leher agar sejajar dengan punggung atas dan tulang belakang. Posisi ini bisa menampung air liur di mulut dan mencegah air liur keluar dari mulut.

2. Batasi makanan manis
Mengonsumsi makanan manis akan merangsang produksi air liur. Jadi, batasilah mengonsumsi makanan jenis ini untuk mencegah ngiler saat tidur.

3. Obati alergi dan sinus
Saat pilek, sinus, atau alergi sedang kambuh, tidur akan terganggu karena hidung tersumbat. Maka dari itu, minum dulu obat sebelum tidur agar Kamu tetap bernapas lega selama tidur. Namun demikian, perlu dicatat, sebaiknya Kamu tetap di dalam rumah jika sedang tidak fit. Hal ini mengingat pandemi COVID-19 masih menjadi ancaman, terutama bagi mereka yang punya komorbid seperti diabetes dan sebagainya.

4. Konsultasi ke dokter
Kalau liur yang keluar berlebihan dan disertai dengan masalah lain—seperti sulit bernapas dan pembengkakan bibir atau wajah, cobalah konsultasikan ke dokter. Ngiler berlebihan bisa memicu iritasi dan kerusakan kulit. Bahkan, berisiko juga tersedak saat tidur.

Perlu Kamu ketahui, ngiler berlebihan saat tidur bisa juga disebabkan oleh gangguan saraf, seperti cerebral palsy, penyakit Parkinson, sindrom Down, hingga multiple sclerosis. Untuk mengetahui penyebab pastinya, konsultasikanlah dengan dokter.
(LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

  +  74  =  78