Lifestyle & Sport

Cara Usir Lalat Pembawa Penyakit

Channel9.id-Jakarta. Meski tahu lalat suka hinggap di tempat kotor seperti tempat sampah, masih ada saja orang yang tak peduli jika makanannya dihinggapi lalat dan tetap melahapnya. “Hinggap sebentar doang,” mereka bilang. Namun demikian, lalat tetap bisa mengontaminasi makanan meski hinggap “sebentar doang” atau 1-2 detik saja.

Perlu Kamu ketahui, satu ekor lalat saja bisa membawa sekitar 300 lebih jenis virus, bakteri, dan parasit penyebab penyakit. Saat Kamu melahap makanan yang sudah dihinggapi lalat, berbagai kuman ini bisa berkembang biak cepat di dalam tubuh dan menyebabkan infeksi. Apalagi jika lalat sudah telanjut bertelur di makanan yang Kamu makan. Bisa saja Kamu malah memakan telur lalat ini. Ih! Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), lalat bisa menyebabkan penyakit seperti disentri, diare, demam tipes, keracunan makanan, hingga infeksi mata atau kulit.

Oleh karena itu, sebaiknya jangan melahap makanan yang dihinggapi lalat meski hanya sebentar. Kamu sangat disarankan untuk selalu menjaga kebersihan diri, makanan, dan lingkungan sekitar supaya lalat tidak datang. Coba ikuti tips ini supaya lalat tak merecoki makananmu.

1. Jaga kebersihan dapur rumah
Hal utama yang harus diperhatikan adalah kebersihan dapur. Sebab proses mengolah makanan diawali dari sini. Kamu juga disarankan untuk memastikan pintu dan jendela dapur selalu dalam keadaan tertutup. Dengan begitu, lalat enggan hadir di dapur dan tentunya, tak bakal mengontaminasi bahan-bahan makanan.

2. Simpan makanan di wadah tertutup
Kalau Kamu masih menyisakan makanan, sebaiknya simpan makanan di wadah yang tertutup agar makanan ini tak dihinggapi lalat. Misalnya, dengan menggunakan tudung saji atau tempat makan bertutup.

3. Buang sampah pada tempatnya
Usahakan untuk selalu membuang sampah pada tempatnya, dan usahakan agar tempat sampah ini selalu tertutup. Cara ini membuat lalat tak bisa hinggap ke tempat sampah.

4. Pasang kipas angin
Atau, Kamu juga bisa memasang kipas angin di ruang makan. Cara ini membantu makanan terhindar dari lalat yang berterbangan. Namun, jangan lupa untuk rutin membersihkan kipas angin, agar makanan tidak terkontaminasi debu dan kotoran dari kipas angin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

84  +    =  89