Ekbis

HUT Jakarta ke-497, Tarif MRT, LRT dan Transjakarta Cuma Rp1

Channel9.id, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan memberlakukan tarif khusus Rp1 untuk Transjakarta, MRT dan LRT Jakarta dalam rangka HUT ke-497 Kota Jakarta.  Tarif khusus Rp1 ini berlaku selama 2 hari penuh pada 22-23 Juni 2024 mendatang.

Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta (Perseroda) Ahmad Pratomo mengatakan, pemberlakukan tarif khusus ini efektif mulai jadwal operasional MRT pukul 05.00 WIB hingga berakhir pada 23.59 WIB.

Dia menjelaskan, untuk menikmati tarif khusus ini, pengguna tinggal melakukan pengetapan di passenger gate, baik saat masuk maupun keluar. Tarif berlaku untuk semua jenis pembayaran seperti kartu MTT, kartu uang elektronik bank, dan pembelian melalui aplikasi MRT-J.

“Jadi, pengguna jasa tetap melakukan pengetapan atau pemindaian di passenger gate saat masuk dan keluar seperti biasa, hanya saja kali ini tarifnya cukup Rp1,” kata Tomo dalam keterangan resminya, Rabu (19/6/2024).

Penerapan tarif layanan khusus, tambahnya, diharapkan dapat mendorong peningkatan angka keterangkutan masyarakat dalam memeriahkan dan merayakan hari ulang tahun Kota Jakarta tahun ini. Transjakarta Dalam unggahan pada akun resmi Instagramnya, @pt_transjakarta, yang diakses Rabu (19/6/2024), tarif khusus ini diberlakukan efektif mulai jadwal operasional Transjakarta pada pukul 00.00 WIB hingga 23.59 WIB pada 22 hingga 23 Juni mendatang.

“Sahabat TiJe bisa menggunakan layanan Transjakarta hanya dengan Rp1,” demikian kutipan caption pada unggahan tersebut. LRT Jakarta Plt. Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Aris Rizal Arafah menjelaskan, pihaknya turut memberlakukan tarif khusus Rp1 sesuai dengan Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Nomor e-0051 Tahun 2024.

Dia menjelaskan, tarif khusus tersebut akan berlaku pada 22-23 Juni 2024, selama 2 hari penuh sesuai jam operasional LRT Jakarta, yakni mulai pukul 05.30 hingga 23.00 WIB. Dia menuturkan, pada perayaan HUT Kota Jakarta tahun lalu, LRT Jakarta mencatat lebih dari 6.100 penumpang yang menikmati tarif Rp1.

“Tahun ini, LRT Jakarta optimistis jumlah penumpang akan meningkat. Dengan adanya penerapan tarif Rp1, LRT Jakarta berharap dapat memberikan kontribusi nyata mendukung program pemerintah untuk semakin memanfaatkan transportasi publik sebagai alat mobilisasi serta hal ini juga menjadi apresiasi bagi pengguna transportasi publik,” kata Reza.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

77  +    =  78