Connect with us

Hot Topic

DKPP: Pemimpin Berintegritas Berawal dari Integritas Penyelenggara Pemilu

Published

on


Channel9.id-Nusa Dua Bali. Pelaksana Tugas Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara  Pemilu (DKPP) Prof. Muhammad menyebut demokrasi berawal dari penyelenggara Pemilu yang berintegritas. Apalagi Pilkada serentak 2020 akan menghasilkan para pimpinan daerah.

Hal itu dikatakannya dalam Rapat Koordinasi Bidang Politik dan Pemerintahan Umum dan Deteksi Dini Mendukung Sukses Pilkada Serentak Tahun 2020 di Bali Nusa Dua Convention Center, Kamis (27/02/20).

“Demokrasi yang diawali dari Pemilu, harus menghasilkan pemimpin yang berintegritas, dan Pemilu yang berintegritas, diawali dari Penyelenggara Pemilu yang Berintegritas,” tegas Muhammad.

Ditambahkannya, Pemilu merupakan proses pergantian kekuasaan secara damai yang dilakukan secara berkala sesuai dengan amanat Konstitusi. Semua negara demokrasi pasti menyelenggarakan Pemilu, tapi tidak semua Pemilu berlangsung demokratis.

“Kami di DKPP ini sering disebut sebagai malaikat Izrail, malaikat pencabut nyawa, padahal bekerja karena memang sudah ada ketetapan bahwa makhluk Tuhan itu nyawanya dicabut Izrail ini tidak tiba-tiba, tapi karena memang sudah waktunya dicabut. Dan itu belaku jika penyelenggara Pemilu tidak bisa menjaga integritas amanah,” ujar Muhammad.

Plt. Ketua DKPP ini juga mengibaratkan lembaganya, seperti dokter yang dapat melakukan tindakan terbaik untuk pasiennya, dan tak segan-segan memberikan tindakan terburuk untuk menjaga anggota tubuh lainnya agar tak terkena penyakit.

DKPP itu seperti dengan dokter di kamar operasi. Kalau ada luka kecil di bagian tubuhnya dan diagnosa bisa sembuh, maka dengan otoritas keilmuan dokter dia putuskan untuk diobati, diinjeksi, diperban, suruh balik lagi dengan harapan luka itu bisa sembuh. Tetapi kalau luka itu ternyata berpotensi kanker dan bisa merusak bagian tubuh yang lain, dengan otoritas keilmuannya (dokter) tidak ragu-ragu untuk memutuskan untuk diamputasi bagian tubuh ini supaya menyelamatkan bagian tubuh yang lain.

“Kalau DKPP terpaksa harus sampai pada keputusan pemberhentian, itu benar-benar menjaga marwah lembaga KPU dan Bawaslu, makanya jangan takut dengan DKPP,” jelasnya.

Dalam Penanganan Pelanggaran Kode Etik dan Pedoman Perilaku, serta dalam rangka standarisasi perilaku etik penyelenggaran Pemilu, pedoman etika dan perilaku penyelenggaran Pemilu hanya berpedoman pada Peraturan DKPP Nomor 2 Tahun 2017 tentang Pedoman Kode Etik dan Kode Perilaku Penyelenggara Pemilu.

Adapun hukum beracara penegakkan kode etik dapat disesuaikan dengan Peraturan KPU dan Peraturan Bawaslu.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hot Topic

Dubes Heri Lepas Kepulangan 7 Atlet Indonesia ke Tanah Air

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Sejumlah atlet Indonesia yang sudah bertanding di Olimpiade Tokyo dengan perolehan sementara tiga medali, pulang ke Tanah Air pada Kamis (29/7), dari bandara Narita Jepang.

Ketujuh atlet Indonesia itu adalah Eko Yuli Irawan, Windy Cantika Aisah dan Deni dari cabang olah raga (cabor) angkat besi. Kemudian, Mutiara Rahma Putri dan Melani Putri dari cabor rowing. Selanjutnya, Azzahra Permatahani cabor renang serta Rio Waida cabor surfing. Selain atlet ada 6 ofisial yang juga kembali ke tanah air.

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi memberi apresiasi kepada para pemain dan official yang telah berjuang di Olimpiade Tokyo 2020.

“Terima kasih sebesar-besarnya kepada para atlet dan para pelatih kita yang sudah berjuang sekuat tenaga dalam Olimpiade Tokyo ini. Semoga Allah SWT mudahkan perjalanan pulang ke tanah air dengan selamat,” ujar Dubes Heri, saat mengantar ke-13 orang kontingen Indonesia di bandara Narita Tokyo mengapresiasi kerja keras para atlet di Olimpiade Tokyo.

Baca juga: Peraih Medali Pertama RI di Olimpiade Tokyo, Like Mother Like Daugher 

Dalam kesempatan itu, Dubes Heri memberikan piagam penghargaan kepada 2 atlet angkat besi yaitu Eko Yuli Irawan atas perolehan medali perak dan Windy Cantika Aisah atas perolehan medali perunggu. Ia juga memberikan hadiah tiket pesawat pulang pergi Jakarta – Tokyo. Selain itu, seluruh atlet lain juga mendapatkan omiyage (oleh-oleh) dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo.

“Kami ingin mengundang para peraih medali untuk kembali ke Tokyo. Untuk itu, kami menyediakan tiket Jakarta – Tokyo yang diberikan oleh Bank Negara Indonesia (BNI) dan Garuda Indonesia. Kami berharap bisa bertemu lagi dengan kalian,” ujar Dubes Heri.

Eko Yuli Irawan atlet angkat besi peraih medali perak dalam Olimpiade Tokyo mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan KBRI Tokyo kepada para atlet Indonesia.

“Saya ucapkan banyak terima kasih atas dukungan teman-teman KBRI Tokyo. Terima kasih juga kepada seluruh rakyat Indonesia atas doa dan dukungan yang diberikan kepada kami para atlet,” ujarnya.

Sementara itu Windy Cantika Aisah memberikan dukungan penuh kepada para atlet yang saat ini masih bertanding di Olimpiade Tokyo.

“Semangat terus teman-teman atlet demi Merah Putih. Jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan dan ikuti aturan yang berlaku,” kata Windy Cantika Aisah.

Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia Rosan P Roeslani menyampaikan penghargaan kepada Dubes Heri Akhmadi beserta tim KBRI Tokyo atas bantuan yang diberikan kepada delegasi Indonesia untuk Olimpiade Tokyo. Pernyataan senada juga disampaikan Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI/National Olympic Committee of Indonesia), Raja Sapta Oktohari yang turut mengantar kepulangan para atlet dan ofisial di Bandara Narita Tokyo.

Continue Reading

Hot Topic

Anthony Ginting Maju ke Perempatfinal

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting berhasil melenggang ke perempat final bulutangkis Olimpiade Tokyo 2020. Bertanding di Musashino Forest Plaza pada Kamis (29/07), Anthony mengalahkan pemain Jepang, Kanta Tsuneyama dengan skor 21-18 dan 21-14.

Di perempat final yang dijadwalkan pada Sabtu (31/07), Anthony Ginting bakal bertanding melawan wakil Denmark, Anders Antonsen. Pemain peringkat tiga dunia itu lolos ke perempatfinal usai mengalahkan Toby Penty dari Britania Raya.

Baca juga: Anthony Ginting Lolos ke Babak 16 Besar Olimpiade Tokyo 2020

Pada gim pertama, Anthony dan Tsuneyama bermain imbang. Anthony unggul dua poin pertama, namun Tsuneyama berhasil menyamakan kedudukan. Saling kejar poin pun terjadi di antara kedua pemain, hingga interval gim pertama Anthony unggul 11-8.

Masuk interval kedua, Anthony dan Tsuneyama bertarung sengit. Pemain unggulan 13 dunia ini sempat mengejar ketertinggalan dari Anthony. Bahkan, dia bisa menyamakan kedudukan menjadi 11-11 dan 12-12. Namun, Anthony tidak menyerah, perlahan ia meninggalkan Tsuneyama dan menutup gim pertama dengan skor 21-18.

Memasuki gim kedua, Anthony tampil lebih percaya diri. Dia bahkan sempat unggul sembilan poin dari Tsuneyama. Dia terus menjaga keunggulan hingga mencapai match point. Tsuneyama berusaha bangkit namun Anthony tak dapat dibendung lagi. Peringkat lima dunia itu akhirnya menutup pertandingan dengan skor 21-14.

Continue Reading

Hot Topic

Kasus Harian Turun, Kematian Covid Meroket

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Indonesia mencatat penambahan kasus harian Covid-19 sebanyak 43.479  pada hari ini, Kamis, 29 Juli 2021. Angka ini lebih sedikit dibanding kemarin, Rabu (28/07) sebanyak 47.791 kasus. Dengan penambahan itu, total kasus Covid-19 yang ada di Tanah Air  mencapai 3.331 juta orang kasus positif baru sejak ditemukan kasus pertama pada 2 Maret 2020.

Sementara itu, kematian akibat terpapar virus corona kembali meninggi. Tercatat 1.893 pasien Covid-19 meninggal. Sehingga, jumlah orang meninggal karena Covid-19 total berjumlah 90.552.  Angka kematian ini naik dibanding kemarin yakni 1.824.

Baca juga: Masih Tinggi, Kematian Covid-19 Bertambah 1.824 

Kabar baiknya, pasien sembuh dari virus corona terus bertambah sebanyak 45.494  pasien yang dinyatakan bebas dari Covid-19. Naik dari sebelumnya yang berjumlah 43.856 pasien sembuh dari Covid-19. Total pasien Corona yang dinyatakan se mbuh hingga saat ini berjumlah 2.596 juta orang orang.

Continue Reading

HOT TOPIC