Connect with us

Uncategorized

Elektabilitas Meroket, Demokrat: Efektifnya AHY Selaku Ketum

Published

on

Channel9.id-Jakarta. Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani merespons hasil survei yang dilakukan Voxpopuli Research Center. Kamhar mengatakan, Partai Demokrat menyambut baik hasil survei tersebut.

Menurutnya, ada faktor pendorong internal dari capaian tersebut, yaitu sukses dan efektifnya AHY selaku ketua umum dalam memimpin dan memanajemen Partai Demokrat.

“Sejak awal menerima mandat sebagai ketua umum, AHY terus melakukan gebrakan melalui instruksi dan program yang dilaksanakan secara serentak oleh seluruh kader dan struktur Partai Demokrat di semua tingkatan,” ujar Kamhar, Rabu (6/1).

Baca juga: Klaim Menang 57 Persen di Pilkada, Demokrat: Ini Melampaui Target 

Ia melanjutkan, mulai dari Gerakan Perang Melawan Covid-19, Demokrat Peduli dan Berbagi, Gerakan Demokrat Bina UMKM dan Free Wifi termasuk penyikapan beberapa UU sensitif yang menyita perhatian publik seperti Omnibus Law Ciptaker, RUU Haluan Ideologi Pancasila, dan Revisi UU KPK. Selain itu, konsistensi Partai Demokrat dalam memperjuangkan kepentingan rakyat dan menjadikan rakyat sebagai koalisi utamanya, disambut baik.

Dia memandang, keberhasilan AHY juga terlihat pada capaian Pilkada serentak 2020 yang lalu, dimana perolehan Demokrat sebesar 48 persen  kemenangan dan 52 persen dari itu adalah Kader PD.

“Kemenangan ini melampaui target yang ditetapkan dan melebihi capaian Pilkada serupa lima tahun yang lalu. Singkatnya bagi Partai Demokrat AHY adalah optimisme dan harapan,” ucapnya.

Menurutnya, hasil survei ini adalah potret respons dan persepsi masyarakat yang terbentuk atas kinerja pemerintah di berbagai bidang, mulai dari penanganan Covid-19, polemik vaksin, penegakan hukum yang tebang pilih dan cenderung menjadi alat kekuasaan, dinasti politik, sampai pada pengalokasian anggaran yang sarat kepentingan dengan porsi belanja insfrastruktur yang besar di 2021 sementara pandemi Covid-19 masih terus berlangsung.

Ia menambahkan, belum lagi sikap Partai Demokrat yang mencermati dinamika terkini dari partai-partai pengusung utama pemerintah. Mulai dari isu korupsi sampai pada balik badannya paslon yang sebelumnya menjadi Kompetitor Jokowi-Ma’ruf menjadi pembantu Presiden.

“Rakyat kecewa dan merasa dipermainkan. Rakyat merasa hanya diperalat untuk mendapatkan kekuasaan. Itu eksternal faktornya,” ungkapnya.

Sebelumnya Voxpopuli Research Center merilis hasil survei terkait elektabilitas partai politik. Hasilnya hanya tiga parpol yang mengalami kenaikan, yaitu Partai Demokrat (PD), PKS, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Elektabilitas PSI naik dari 4,5 persen (Juni 2020) dan 4,7 persen (Oktober 2020) menjadi 4,9 persen. Sementara itu, PKS elektabilitas-nya naik dari 5,3 persen (Juni 2020) dan 5,6 persen (Oktober 2020) menjadi 8,1 persen. Lalu Demokrat naik dari 3,4 persen (Juni 2020) dan 3,3 persen (Oktober 2020) menjadi 5,1 persen.

“Demokrat, PKS, dan PSI mengalami kenaikan elektabilitas ketika parpol-parpol lain anjlok atau stabil,” kata Direktur Eksekutif Voxpopuli Research Center Dika Moehamad.

IG

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Uncategorized

Sebaran Covid-19, DKI Tertinggi dengan 3.151 Kasus

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Kasus baru positif Covid-19 di Indonesia pada hari ini, Kamis (21/01) bertambah 11.273. Berdasarkan penambahan itu, total akumulatif terdapat 951.651 orang di Indonesia terkonfirmasi positif Covid-19.

DKI Jakarta tercatat masih menjadi penyumbang terbesar penambahan kasus baru Covid-19 di tanah air. Jumlah kasus baru Covid-19 di ibu kota mencapai 3.151 kasus.

Baca juga: 50 Ribu Kasus Baru Covid-19 dalam Empat Hari

Sementara itu, Jawa Tengah kembali di posisi kedua penyumbang kasus Corona dengan 1.976 kasus.

Berikut 10 provinsi dengan kasus baru Covid-19 tertinggi di Indonesia pada Kamis, 21 Januari 2021:

  1. DKI Jakarta: bertambah 3.151
  2. Jawa Tengah: bertambah 1.976
  3. Jawa Tengah: bertambah 1.228
  4. Jawa Timur: bertambah 1.134
  5. Sulawesi Selatan: bertambah 645
  6. Kalimantan Timur: bertambah 496
  7. Bali: bertambah 483
  8. DIY: bertambah 456
  9. Sulawesi Barat: bertambah 241
  10. Banten: bertambah 236
Continue Reading

Uncategorized

DVI Polri Kumpulkan 351 Sampel DNA Korban Sriwijaya Air

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Tim Disaster Victim Identification (DVI) Pusdokkes Rumah Sakit Polri sudah mengumpulkan sebanyak 351 sampel informasi genetik atau DNA dari keluarga maupun jenazah korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182, hingga Sabtu (16/1/2021) sore.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono dalam jumpa pers di Rumah Sakit Polri, Jakarta, Sabtu, mengatakan antemortem dari keluarga 62 korban sebanyak 143 sampel DNA.

Sementara data postmortem sampel DNA dari jenazah korban yang didapat sebanyak 208 sampel.

“Mudah-mudahan ini bisa menjadi bagian penting sehingga tugas-tugas dari tim DVI ini bisa berjalan dengan baik,” ujar Rusdi Hartono dilansir Antara.

Selain itu, hingga Sabtu sore, tim DVI telah menerima 162 kantong jenazah dan 127 kantong properti untuk identifikasi korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ-182.

Adapun korban yang telah teridentifikasi, baik melalui pencocokan sidik jari maupun sampel DNA, sebanyak 24 orang, yakni Okky Bisma, Khasanah, Fadly Satrianto, Asy Habul Yamin, Indah Halimah Putri, Agus Minarni, Ricko, Ihsan Adhlan Hakim, Mia Trasetyani, Yohanes Suherdi, Pipit Priyono, Supianto, Toni Ismail, Dinda Amelia, Isti Yudha Prastika, Putri Wahyuni dan Rahmawati.

Selanjutnya Makrufatul Yeti, Rosi Wahyuni, Rizki Wahyudi, Nelly, Beben Sopian, Arifin Ilyas dan Arneta Fauzia.

Sebelumnya pesawat Sriwijaya Air nomor register PK-CLC SJ 182 rute Jakarta-Pontianak hilang kontak pada hari Sabtu (9/1) pukul 14.40 WIB, kemudian jatuh di perairan Kepulauan Seribu di antara Pulau Lancang dan Pulau Laki.

Pesawat lepas landas dari Bandara Soekarno Hatta pada pukul 14.36 WIB. Jadwal tersebut mundur dari jadwal penerbangan sebelumnya pada pukul 13.35 WIB. Penundaan keberangkatan karena faktor cuaca.

IG

Continue Reading

Nasional

15 Ribu Vaksin COVID-19 Tiba di Gudang Farmasi Dinkes Surabaya

Published

on

By

Channel9.id-Surabaya. Dengan pengawalan Barakuda hari ini sebanyak 8 boks vaksin COVID-19 sinovac tiba di Gedung Farmasi Dinkes Surabaya Jalan Kali Rungkut pukul 11.15 WIB.

Jumlah vaksin yang dikirim pun bertahap. Hari ini 8 boks vaksin berisi 15 ribu sudah disimpan. Sementara daya tampung coolrom di gudang farmasi hanya bisa menampung 20 ribu saja.

Kepala Dinkes Surabaya, Febria Rachmanita mengatakan pengiriman vaksin COVID-19 dilakukan bertahap. Hari ini, Rabu (13/1) dan Jumat (22/1).

“15 Ribu vaksin COVID-19 hari ini dikirim kesini (Gedung Farmasi Jalan Kali Rungkut),” kata Fenny di Gedung Farmasi Kali Rungkut, Rabu (13/1/21).

Box berisi vaksin itu mendapat pengawalan ketat. Aparat bersenjata mengawal proses distribusi. Kecuali petugas, tak ada yang diperkenankan mendekat dengan saat box itu diturunkan.
Kotak dengan tulisan vaccine & sera itu diturunkan dengan hati-hati. Proses itu pun dikawal oleh petugas keamanan.

“Dari 15 ribu boks, satu boksnya berisi 1.900 lebih,” tambahnya.

Pengiriman vaksin kedua akan dilakukan kembali, Jumat 22 Januari 2021. Fenny berharap segera datang secepatnya dan didistribusikan ke masyarakat.

Saat ini 15.000 vaksin itu disimpan di ruang pendingin yang berada di dalam Gudang Farmasi milik Pemkot itu. Feny mengatakan, proses vaksinasi pertama akan dilakukan pada Jumat (15/1) besok.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

HOT TOPIC