Ekbis Hot Topic

Erick Thohir Lengserkan Zulkifli, Angkat Darmawan Prasodjo jadi Dirut PLN

Channel9.id-Jakarta. Menteri BUMN Erick Thohir memberhentikan Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Zulkifli Zaini.  Selanjutnya, Erick mengangkat Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama PLN menggantikan Zulkifli. Darmawan sebelumnya menjabat sebagai Wakil Direktur Utama PLN.

Pemberhentian dan pengangkatan ini dilakukan di Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PLN 2021 yang digelar pada Senin, (6/12) ini.

Erick mengucapkan terima kasih atas kontribusi Zulkifli selama ini lantaran Zulkifli dinilainya telah mampu memperbaiki kinerja keuangan perusahaan setrum nasional. Hal ini tercermin dari pendapatan usaha yang mencapai Rp345,4 triliun dan laba bersih Rp5,99 triliun pada 2020.

Baca juga: Erick Thohir Tunjuk Zulkifli Zaini jadi Dirut PLN 

Laba ini naik 39,3 persen dari 2019. PLN di bawah pimpinan Zulkifli juga berhasil menurunkan jumlah rasio utang sekitar Rp452,4 triliun.

“Saya menghaturkan terima kasih sebesar-besarnya atas komitmen yang sudah diberikan selama ini. Saya yakin rekam jejak terbaik yang ditorehkan menjadi legacy dan pondasi untuk pemimpin berikutnya,” ujar Erick dalam keterangan resmi.

Selain itu, kata Erick, PLN juga berkontribusi pada program Pemulihan Ekonomi Nasional (PLN) melalui pemberian diskon listrik kepada 31,4 juta rumah tangga pada 2020 dan 32,6 juta rumah tangga pada 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  +  44  =  54