Ekbis Hot Topic

Erick Thohir Lepas Peserta Mudik Gratis Bersama BUMN di GBK

Channel9.id – Jakarta. Kementerian BUMN bersama 25 perusahaan BUMN melepas peserta Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN Tahun 2022 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) pukul 08.30 WIB.

Program mudik gratis ini ditujukan untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan pelayanan, kelancaran, dan keselamatan masyarakat pada masa angkutan Lebaran 2022.

Adapun pelepasan itu dihadiri langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi, dan para direksi BUMN.

Baca juga: Erick Thohir Apresiasi ‘Link-and March’ Perguruan Tinggi dan Perusahaan BUMN

Dalam sambutannya, Erick menyampaikan, mudik ini merupakan hasil gotong-royong semua perusahaan BUMN untuk mendorong masyarakat dalam rangka menggelar mudik dengan sehat dan aman.

“Ini kontribusi bagaimana kami, kementrian BUMN, para direksi BUMN, dan mendapat dukungan dari kementrian perhubungan dan kepolisian yang mendapatkan arahan dari presiden bahwa pada saat ini kita harus benar-bener melayani mudik tahun ini yang sangat spesial karena 2 tahun tidak mudik,” kata Erick.

Erick menyampaikan, sebanyak 85 juta penduduk diprediksi akan mudik tahun ini. Oleh karena itu, dia mengingatkan supaya masyarakat menjaga ketertiban, saling menghormati, dan bersabar. Sebab, potensi kemacetan pasti besar.

“Masyarakat mudik jaga ketertiban, kita harus saling menghormati, karena kita tahu bisa berkepenjangan macetnya Kalaupun ada kemacetan, pemudik harus sabar, jangan diprovokasi, karena memang pemerintah dan polri sudah hampir 2 minggu rapat terkahir terus menerus. Kita ingin memastikan mudik lancar dan aman,” ujar Erick.

Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero) Rivan Achmad Purwantono selaku Koordinator Mudik Gratis Bersama BUMN 2022 melaporkan lebih kurang ada sekitar 40 ribu pemudik yang mengikuti kegiatan ini.

Rivan menyampaikan, persiapan mudik kali ini bisa dibilang sangat cepat. Namun, dalam waktu yang cepat itu, Jasa Raharja bersama 24 BUMN berhasil mengumpulkan 542 Bus dan 166 rangkaian Kereta Api.

“Kami mengumpulkan 542 bus yang menuju 39 kota dengan jumlah pemudik sebanyak 24.605. Di sisi lain, kereta api ada 15 ribu pemudik dengan 166 rangkaian kereta dan 39 kota,” ujar Rivan.

Rivan pun menegaskan, mayoritas pemudik sudah melakukan vaksinasi dosis ke 2 dan 1 booster sesuai arahan Presiden Jokowi.

“Semoga semua pemudik lancar dan kembali ke Jakarta dengan sehat,” pungkasnya.

Dalam pelepasan ini, diberangkatkan sebanyak 249 bus dengan total sekitar 12.500 orang penumpang dari semua BUMN. Sedangkan bus lainnya akan diberangkatkan secara bertahap pada Kamis 28 April 2022 sampai dengan Jumat 29 April 2022.

Jasa Raharja sendiri telah menyiapkan 100 unit bus dengan jumlah peserta mencapai 5.000 orang peserta.

HY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

3  +  6  =