Connect with us

Hot Topic

Fahri Hamzah dan Azis Syamsuddin Didalami Perannya dalam Kasus Ekspor Benur

Published

on

Channel9.id-Jakarta. Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari KPK akan memeriksa lebih lanjut keterangan saksi yang menyebut keterlibatan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Azis Syamsuddin dan mantan Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah dalam ekspor benih lobster di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Plt. Juru Bicara Penindakan KPK Ali Fikri mengatakan hal itu dilakukan untuk mencari keterkaitan keterangan saksi dengan bukti yang ada.

“Analisa diperlukan untuk mendapatkan kesimpulan apakah keterangan saksi tersebut ada saling keterkaitan dengan alat bukti lain sehingga membentuk fakta hukum untuk dikembangkan lebih lanjut,” ujar Ali dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 16 Juni 2021.

Ali menjelaskan, jika sedikitnya ditemukan dua bukti permulaan yang cukup, maka perkara akan dikembangkan dengan menetapkan pihak lain sebagai tersangka.

Sebelumnya, JPU menyebut keterlibatan Azis Syamsudin dan Fahri Hamzah dalam ekspor benih lobster dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat, Selasa, 15 Juni  malam.

Dalam sidang tersebut, jaksa menampilkan barang bukti elektronik berupa percakapan WhatsApp antara mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dengan staf khususnya sekaligus Wakil Ketua Tim Uji Tuntas (Due Diligence) perizinan usaha perikanan budi daya lobster bernama Safri.

“Ini isinya dengan kata, `Saf, ini orangnya pak Azis Syamsuddin Wakil Ketua DPR mau ikut budi daya lobster. Novel Esda. Saudara jawab, `oke bang.` Apa maksud saudara saksi menjawab oke bang?” tanya jaksa saat membacakan pesan Edhy.

Safri menjelaskan maksud pernyataannya itu sebagai bentuk persetujuan atas perintah yang disampaikan oleh Edhy. Dalam sidang tersebut, majelis hakim sempat menginterupsi. Hakim ingin mengetahui perusahaan yang terafiliasi dengan Azis.

“Apa yang dimaksud Saf ini, Safri, nanti dulu sampai Syamsuddin dulu. Wakil Ketua DPR mau ikutan budi daya lobster. Saksi bisa dijelaskan PT apa yang berkaitan dengan nama itu?” tanya hakim ketua Albertus Usada.

“Saya tidak ingat,” jawab Safri.

Jaksa kemudian mengungkapkan keterlibatan Fahri Hamzah dalam kegiatan izin ekspor benih lobster ini. Berdasarkan barang bukti elektronik, Edhy diketahui memberi perintah langsung kepada Safri.

“‘Saf, ini tim pak Fahri Hamzah mau jalan lobster. Langsung hubungi dan undang presentasi,” lanjut jaksa membacakan pesan Edhy.

“Saksi menjawab, `oke, bang.` Benar itu?” lanjut jaksa.

“Betul,” ucap Safri.

IG

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hot Topic

Dubes Heri Lepas Kepulangan 7 Atlet Indonesia ke Tanah Air

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Sejumlah atlet Indonesia yang sudah bertanding di Olimpiade Tokyo dengan perolehan sementara tiga medali, pulang ke Tanah Air pada Kamis (29/7), dari bandara Narita Jepang.

Ketujuh atlet Indonesia itu adalah Eko Yuli Irawan, Windy Cantika Aisah dan Deni dari cabang olah raga (cabor) angkat besi. Kemudian, Mutiara Rahma Putri dan Melani Putri dari cabor rowing. Selanjutnya, Azzahra Permatahani cabor renang serta Rio Waida cabor surfing. Selain atlet ada 6 ofisial yang juga kembali ke tanah air.

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi memberi apresiasi kepada para pemain dan official yang telah berjuang di Olimpiade Tokyo 2020.

“Terima kasih sebesar-besarnya kepada para atlet dan para pelatih kita yang sudah berjuang sekuat tenaga dalam Olimpiade Tokyo ini. Semoga Allah SWT mudahkan perjalanan pulang ke tanah air dengan selamat,” ujar Dubes Heri, saat mengantar ke-13 orang kontingen Indonesia di bandara Narita Tokyo mengapresiasi kerja keras para atlet di Olimpiade Tokyo.

Baca juga: Peraih Medali Pertama RI di Olimpiade Tokyo, Like Mother Like Daugher 

Dalam kesempatan itu, Dubes Heri memberikan piagam penghargaan kepada 2 atlet angkat besi yaitu Eko Yuli Irawan atas perolehan medali perak dan Windy Cantika Aisah atas perolehan medali perunggu. Ia juga memberikan hadiah tiket pesawat pulang pergi Jakarta – Tokyo. Selain itu, seluruh atlet lain juga mendapatkan omiyage (oleh-oleh) dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo.

“Kami ingin mengundang para peraih medali untuk kembali ke Tokyo. Untuk itu, kami menyediakan tiket Jakarta – Tokyo yang diberikan oleh Bank Negara Indonesia (BNI) dan Garuda Indonesia. Kami berharap bisa bertemu lagi dengan kalian,” ujar Dubes Heri.

Eko Yuli Irawan atlet angkat besi peraih medali perak dalam Olimpiade Tokyo mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan KBRI Tokyo kepada para atlet Indonesia.

“Saya ucapkan banyak terima kasih atas dukungan teman-teman KBRI Tokyo. Terima kasih juga kepada seluruh rakyat Indonesia atas doa dan dukungan yang diberikan kepada kami para atlet,” ujarnya.

Sementara itu Windy Cantika Aisah memberikan dukungan penuh kepada para atlet yang saat ini masih bertanding di Olimpiade Tokyo.

“Semangat terus teman-teman atlet demi Merah Putih. Jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan dan ikuti aturan yang berlaku,” kata Windy Cantika Aisah.

Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia Rosan P Roeslani menyampaikan penghargaan kepada Dubes Heri Akhmadi beserta tim KBRI Tokyo atas bantuan yang diberikan kepada delegasi Indonesia untuk Olimpiade Tokyo. Pernyataan senada juga disampaikan Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI/National Olympic Committee of Indonesia), Raja Sapta Oktohari yang turut mengantar kepulangan para atlet dan ofisial di Bandara Narita Tokyo.

Continue Reading

Hot Topic

Anthony Ginting Maju ke Perempatfinal

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting berhasil melenggang ke perempat final bulutangkis Olimpiade Tokyo 2020. Bertanding di Musashino Forest Plaza pada Kamis (29/07), Anthony mengalahkan pemain Jepang, Kanta Tsuneyama dengan skor 21-18 dan 21-14.

Di perempat final yang dijadwalkan pada Sabtu (31/07), Anthony Ginting bakal bertanding melawan wakil Denmark, Anders Antonsen. Pemain peringkat tiga dunia itu lolos ke perempatfinal usai mengalahkan Toby Penty dari Britania Raya.

Baca juga: Anthony Ginting Lolos ke Babak 16 Besar Olimpiade Tokyo 2020

Pada gim pertama, Anthony dan Tsuneyama bermain imbang. Anthony unggul dua poin pertama, namun Tsuneyama berhasil menyamakan kedudukan. Saling kejar poin pun terjadi di antara kedua pemain, hingga interval gim pertama Anthony unggul 11-8.

Masuk interval kedua, Anthony dan Tsuneyama bertarung sengit. Pemain unggulan 13 dunia ini sempat mengejar ketertinggalan dari Anthony. Bahkan, dia bisa menyamakan kedudukan menjadi 11-11 dan 12-12. Namun, Anthony tidak menyerah, perlahan ia meninggalkan Tsuneyama dan menutup gim pertama dengan skor 21-18.

Memasuki gim kedua, Anthony tampil lebih percaya diri. Dia bahkan sempat unggul sembilan poin dari Tsuneyama. Dia terus menjaga keunggulan hingga mencapai match point. Tsuneyama berusaha bangkit namun Anthony tak dapat dibendung lagi. Peringkat lima dunia itu akhirnya menutup pertandingan dengan skor 21-14.

Continue Reading

Hot Topic

Kasus Harian Turun, Kematian Covid Meroket

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Indonesia mencatat penambahan kasus harian Covid-19 sebanyak 43.479  pada hari ini, Kamis, 29 Juli 2021. Angka ini lebih sedikit dibanding kemarin, Rabu (28/07) sebanyak 47.791 kasus. Dengan penambahan itu, total kasus Covid-19 yang ada di Tanah Air  mencapai 3.331 juta orang kasus positif baru sejak ditemukan kasus pertama pada 2 Maret 2020.

Sementara itu, kematian akibat terpapar virus corona kembali meninggi. Tercatat 1.893 pasien Covid-19 meninggal. Sehingga, jumlah orang meninggal karena Covid-19 total berjumlah 90.552.  Angka kematian ini naik dibanding kemarin yakni 1.824.

Baca juga: Masih Tinggi, Kematian Covid-19 Bertambah 1.824 

Kabar baiknya, pasien sembuh dari virus corona terus bertambah sebanyak 45.494  pasien yang dinyatakan bebas dari Covid-19. Naik dari sebelumnya yang berjumlah 43.856 pasien sembuh dari Covid-19. Total pasien Corona yang dinyatakan se mbuh hingga saat ini berjumlah 2.596 juta orang orang.

Continue Reading

HOT TOPIC