Channel9.id-Jakarta. Kini pengguna Instagram di Amerika Serikat (AS) bisa men-tag produk di unggahan feed mereka. Namun demikian, pilihannya masih terbatas pada brand tertentu dan baru bisa diakses oleh segelintir konten kreator, dilansir dari Engadget.
Fitur itu berguna untuk influencer yang akan melakukan promosi, misalnya. Mereka bisa mengajak audiensnya untuk membeli brand yang mereka pamerkan di unggahan mereka.
Sebelumnya, Instagram mengatakan bahwa fitur itu ditujukan untuk membantu orang-orang yang ingin “mendukung bisnis kecil favorit mereka.” Setidaknya untuk saat ini, pengguna tak akan mendapat potongan penjualan jika menandai produk, meskipun Instagram telah menguji toko afiliasi dan Meta ingin berbuat lebih banyak untuk membantu konten kreator untuk mencari nafkah melalui platformya.
Jika pengguna ingin mempromosikan brand secara cuma-cuma, maka men-tag produk tampaknya tak sulit. Kerja fitur ini mirip dengan men-tag pengguna lain. Pertama, pengguna harus menandai brand yang memenuhi syarat, lalu pengguna bisa mencari produk menggunakan deskriptor. Pengguna juga bisa menentukan gaya dan warna sebelum menambahkan tag. Siapa pun yang mengetuk tag produk bisa membeli item tersebut langsung di Instagram, atau dengan membuka halaman detail produk brand tersebut.
Pemberian tag produk tak akan berhenti di unggahan feed. Instagram mengatakan sedang berupaya menghadirkan fitur serupa untuk Stories.
Nah, dengan hadirnya fitur itu di AS, ke depannya, ada kemungkinan fitur itu segera hadir untuk semua pengguna Instagram secara global.
(LH)