Lifestyle & Sport

Gelisah Bikin Susah Tidur, Begini Tips Mengatasinya

Channel9.id-Jakarta. Ada berbagai hal yang bikin kamu gelisah. Pikiran mengenai hal itu, mungkin terbawa hingga waktu menjelang tidur. Oleh karena ini, kamu jadi sulit tidur dan terjaga sepanjang malam. Padahal malam ini kami ingin istirahat lebih cepat karena lelah.

Selama ini, mungkin kamu sering sulit tidur karena gelisah. Ujung-ujungnya, hal ini bakal bikin kamu kurang tidur. Dalam jangka panjang, kondisi ini bisa menyebabkan depresi, obesitas, diabetes, penyakit jantung, bahkan stroke. Untuk mencegah hal ini, penting bagi kamu untuk mengatasi masalah sulit tidur. Coba lakukan tips berikut ini supaya kamu cepat terlelap.

1. Kurangi kafein
Kalau Kamu terbiasa minum kopi, teh, atau soda, batasi asupannya per hari. Kamu pun sebaiknya hindari meminumnya mendekati waktu tidur. Pasalnya, minuman itu mengandung kafein, yang merupakan stimulan yang bakal membuatmu terjaga dan tak bisa tidur. Bahkan bisa membuat rasa gelisahmu makin parah. Hal ini juga berlaku pada rokok dan alkohol.

2. Rutin beraktivitas fisik
Rutin berolahraga bisa memperbaiki suasana hati dan meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Kamu tak harus melakukan aktivitas fisik yang berat. Kamu bisa sekadar bersih-bersih rumah atau berjalan-jalan santai.

3. Ciptakan suasana nyaman
Kamu juga disarankan untuk menciptakan suasana nyaman di kamar. Kamu bisa mengubah tata letak perabot. Ini disarankan karena kamu bisa saja merasa bosan dengan suasana kamar, sehingga merasa tak nyaman saat pergi tidur.

Selain itu, pastikan suasana kamar gelap dan cukup sunyi, serta sejuk. Tips ini bisa membantumu tidur lebih cepat.

4. Lakukan hal yang menenangkan pikiran
Kalau Kamu gelisah dan sulit tidur, alih-alih memaksakan diri untuk tidur, coba lakukan kegiatan yang membuatmu tenang sampai mengantuk, seperti baca buku atau bermeditasi. Kalau ngantuk mulai datang, barulah coba tidur kembali.

5. Bikin dan disiplin pada jadwal tidur
Kamu disarankan membuat jadwal tidur. Perlu dicatat, pastikan Kamu tidur cukup yakni dengan durasi 7—8 jam. Kemudian disiplinlah pada jadwal ini supaya tubuh memahami kapan waktunya tidur dan bangun. Cara ini juga membantu mencegah rasa gelisah muncul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1  +  4  =