Lifestyle & Sport

Benarkah Rutin Minum Air Dingin Bikin Cepat Kurus?

Channel9.id-Jakarta. Pagi, siang, sore, hingga malam, kamu minum air es. Kamu percaya bahwa kebiasaan ini menunjang program untuk menurunkan berat badan. Kebiasaan ini diyakini mampu mengontrol nafsu makan dan bikin cepat kenyang. Selain itu, diyakini juga mempercepat proses pembakaran kalori.

Mengenai hal itu, apa benar demikian?

Perihal minum air dingin lebih efektif untuk membakar kalori, tak sepenuhnya salah. American College of Sports Medicine and the International Society of Sports Nutrition bahkan menganjurkan minum air dingin setelah berolahraga. Sebab ini akan membantu menekan kenaikan suhu tubuh, yang berpotensi menghambat tingkat ketahanan tubuh saat berolahraga.

Kemudian penelitian di Jerman mendapati bahwa minum air dingin 500 ml bisa meningkatkan aktivitas tubuh untuk bakar kalori hingga 30% dalan satu jam lebih.

Berbagai efek itu kemungkinan besar disebabkan oleh reaksi tubuh yang harus bekerja lebih keras guna menstabilkan suhu tubuh. Dalam hal ini, tubuh membutuhkan energi dari kalori.

Meski air dingin bisa membantu membakar kalori, efeknya tak signifikan jika dibandingkan dengan meminum air biasa. Ada sebuah penelitian yang menguji perbedaan pengaruh yang diberikan dari meminum masing-masingnya. Ternyata, air dingin hanya bisa membakar sekitar 5 kalori lebih banyak dibandingkan dengan air biasa.

Studi lain dari University of Washington menemukan bahwa proses kerja tubuh dalam membuat satu gelas air dingin menjadi hangat juga hanya membakar 8 kalori.

Jika dihitung dengan anjuran minum air putih 8 gelas perhari, kamu hanya membakar paling banyak 64 kalori. Hasilnya sama dengan apa yang akan kamu peroleh setelah berolahraga ringan sekitar 5 sampai 15 menit.

Perlu Kamu catat, sedang diet atau tidak, memenuhi cairan tubuh dengan minum air putih dalam sehari sejatinya penting untuk kesehatan. Asupan air putih yang cukup adalah kunci untuk membuat metabolisme tubuhmu berfungsi sempurna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

64  +    =  67