Lifestyle & Sport

Cara Agar Kamu Bisa Tidur Lagi Setelah Bangun Tengah Malam

Channel9.id-Jakarta. Ada kalanya kamu terbangun di tengah malam. Kalau sudah begini, kamu sering kali sulit tidur lagi.

Menyoal bangun di tengah malam, sebetulnya ini dipengaruhi berbagai faktor. Ini termasuk kegerahan, suasana kamar tak nyaman, hingga masalah psikologis. Nah, untuk mencegah terbangun tengah malam, maka kamu harus mengatasi penyebabnya terlebih dahulu.

Namun begitu, bukan berarti tak bisa mengatasinya jika telanjur terbangun di tengah malam. Berikut ini cara yang bisa dilakukan supaya bisa tidur kembali.

1. Ciptakan tempat tidur senyaman mungkin
Suasanya kamar yang tak nyaman bakal membuatmu tak nyenyak saat tidur, hingga akhirnya Kamu terbangun di tengah malam. Nah, coba Kamu sesuaikan kamarmu agar senyaman mungkin. Misalnya dengan meredupkan lampu kamar agar mata terpejam lebih mudah.

2. Mendengarkan musik
Mendengarkan musik bisa membantu meningkatkan kualitas tidur, bahkan bisa memperpanjang durasi tidur. Cara ini bisa dicoba saat kamu mau coba tidur kembali. Untuk hasil yang optimal, pilihlah musik dengan alunan yang lembut dan hindari lagu berlirik, yang justru membuat otak aktif.

3. Jangan melihat jam
Melihat jam setelah terbangun di tengah malam membuat kamu menghitung seberapa banyak waktu yang telah dihabiskan tanpa tertidur. Pada ujung, hal ini bikin kamu kepikiran. Maka dari itu, hindari melihat jam.

4. Lakukan teknik pernapasan 4-7-8
Teknik pernapasan ini akan membuat tubuh menjadi rileks. Untuk melakukan metode ini, coba tempatkan ujung lidah di belakang gigi depan bagian atas. Lalu embuskan napas dari mulut kuat-kuat hingga terdengar suara.

Selanjutnya, rapatkan bibir, lalu tarik napas dalam-dalam lewat hidung sambil menghitung hingga 4. Kemudian tahan napas selama 7 hitungan. Lalu kembali buka bibir dan embuskan napas kuat-kuat melalui mulut selama 8 hitungan. Ulangi cara ini sampai kamu ngantuk lagi.

5. Pindah ke ruangan lain
Kalau berbagai tips di atas tak manjur, coba pindah ke ruangan lain di rumah. Kalau belum berhasil, coba lakukanlah aktivitas ringan yang bisa membuatmu mengantuk. Misalnya yoga sederhana, membaca buku, atau minum susu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  +  71  =  81