Hot Topic

Gempa di Maluku Tenggara Tidak Berpotensi Tsunami

Channel9.id – Jakarta. Gempa dengan magnitudo 5,5 mengguncang wilayah Maluku Tenggara sekitar pukul 11.28 WIB, Rabu 20 Januari 2021. Gempa dengan kedalaman 10 kilometer itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

“Gempa tidak berpotensi tsunami,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, titik gempa berada pada 112 kilometer arah Barat Daya Maluku Tenggara dengan koordinat 5.91 Lintang Selatan, 131.75 Bujur Timur.

Raditya menyebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maluku Tenggara menyatakan gempa tidak terasa di wilayah Maluku Tenggara.

“Belum ada laporan kerusakan maupun korban akibat gempa tersebut,” ujarnya.

Kendati begitu, berdasarkan kajian InaRISK, gempa dengan potensi bahaya sedang hingga tinggi dimiliki kabupaten tersebut. Karena itu, Raditya menghimbau masyarakat setempat supaya waspada dengan bencana gempa bumi.

Masyarakat juga bisa mengakses informasi terkait potensi bencana tersebut di situs inarisk.bnpb.go.id. Portal ini memaparkan data hasil kajian risiko. InaRISK mampu menggambarkan ancaman bencana di suatu wilayah berikut populasi terdampak, potensi kerugian fisik, ekonomi, dan lingkungan.

Dia juga mengingatkan supaya masyarakat menghindari informasi yang tidak benar dengan memantau laman BMKG.

“Untuk mengetahui berbagai informasi gempa terkini dan potensi cuaca untuk menghindari informasi tidak benar yang meresahkan,” ujar Raditya.

Rentetan gempa berkekuatan kecil hingga besar terjadi di sejumlah wilayah Indonesia bagian tengah dan timur beberapa hari ini. Gempa pertama melanda wilayah Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat. Kemudian gempa menggoyang Alor, Nusa Tengara Timur (NTT) dan Maluku Barat Daya.

HY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  +  58  =  63