Connect with us

Nasional

Guru Besar UNJ Prof. Dr. Syarifuddin Tippe Meninggal Dunia

Published

on

Channel9.id – Jakarta. Mantan Pangdam II Sriwijaya Letjen Purn Prof. Dr. Syarifuddin Tippe meninggal dunia. Kabar duka itu disampaikan pertama kali oleh alumnus Fakultas Hukum Unhas asal Bone, Abd Razaq, di Group WhatsApp Geng Makassar.

Mantan PBHMI dan politisi Golkar itu memposting berita duka tersebut sekitar pukul 13.34 wita, Minggu, 14 Februari 2021.

“Innalillahi wainna ilaihi rajiun meninggal dunia Bpk.Letjen Purn Syarifuddin Tippe pd Hari Minggu tgl 14 Feb 2021 pkl.10.00 di jkt (Konfirm dr Klrg alm Bpk Haidir). Smg Arwahnya diterima disisi Allah SWT,dilapangkan kuburnya, diterima semua amal ibadahnya dan dihapuskan semua dosa2nya serta klrg yg ditinggalkan diberikan ketabahan.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin,” tulisnya, dilansir Tribunnews.com.

Disebutkan, Letjen Purn Prof. Dr. Syarifuddin Tippe adalah purnawirawan perwira tinggi TNI Angkatan Darat lulusan Akademi Militer tahun 1975.
Dituliskan juga Letjen Purn Prof. Dr. Syarifuddin Tippe adalah mantan Kasum TNI, Wakil KSAD dan Pangdam II/Sriwijaya. Letjen Purn Prof. Dr. Syarifuddin Tippe juga Pangdam II/Sriwijaya yang ke-30.

Menanggapi postingan Abdul Razaq, alumnus Unhas asal Bulukumba, Andi Isdar Yusuf menulis, “Orang hebat ini, termasuk tentara lurus. Saat pangkatnya 2 bintang dan pangdam belum punya rumah pribadi.”

Menurut Andi Isdar Yusuf, Letjen Purn Prof. Dr. Syarifuddin Tippe adalah tentara lapangan juga. “Beberapa kali beliau terlibat operasi di Timor Timur,” kata Andi Isdar Yusuf.

Hingga ajal menjelang, Letjen Purn Prof. Dr. Syarifudin Tippe tercatat sebagai pengajar Pasca Sarjana di Universitas Jayabaya dan beberapa Universitas di Jakarta.

Letjen Purn Prof Dr Syarifudin Tippe pun dikukuhkan menjadi Guru Besar tetap Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) di Aula Latif Hendraningrat, Gedung Dewi Sartika, Jakarta, 17 Mei 2016.

Pada Dies Natalis ke-52 Universitas Negeri Jakarta itu, Letjen Purn Prof. Dr. Syarifudin Tippe dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang manajemen stratejik.

Selain itu, Letjen Purn Prof. Dr. Syarifudin Tippe juga aktif di sejumlah organisasi kemasyarakatan. Letjen Purn Prof. Dr. Syarifudin Tippe tercatat sebagai Ketua Dewan Pakar Lembaga Pengawas Kinerja Aparatur Negara (LPKAN).

Saat menjabat Danrem 012 Teuku Umar, 1999-2001, Letjen Purn Prof. Dr. Syarifudin Tippe dinilai berhasi menciptakan suasana kondusif di Aceh. Suatu waktu, Letjen Purn Prof. Dr. Syarifudin Tippe ditanya mengenai tipsnya memimpin Danrem 012 Teuku Umar dan keberhasilannya menciptakan suasana kondusif di Aceh.

Kesuksesannya menciptakan suasana kondusif di Aceh diakui Letjen Purn Prof. Dr. Syarifudin Tippe karena memegang teguh filosofi, “Jangan tembak kepala orang Aceh, tapi tembaklah hatinya.”. Filosifi ini direalisasikan Letjen Purn Prof. Dr. Syarifudin Tippe melalui strategi merebut hati dan pikiran masyarakat Aceh.

Kondisi yang kondusif itulah berangsur-angsur membaik sehingga pada tahun 2005, Letjen Purn Prof. Dr. Syarifudin Tippe sebagai satu-satunya prajurit TNI aktif ditunjuk pemerintah untuk ikut bersama delegasi RI lainnya yang dipimpin Jusuf Kalla ke Helsinki dalam rangka perundingan perdamaian Aceh.

IG

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nasional

Gunung Sinabung Erupsi, Tinggi Kolom Abu Capai 5 Km

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara erupsi Selasa 2 Maret 2021 pagi. Tinggi kolom abu mencapai 5000 meter (5 Km)

“Awan panas terjadi sebanyak 13 kali, dengan tinggi kolom abu setinggi 5 km,” kata petugas pos pemantau Gunung Sinabung, Armen Putra.

Armen menyatakan, proses erupsi mulai terjadi sekitar pukul 06.42 WIB hingga terakhir 08.20 WIB dengan arah angin mengarah ke barat dan barat daya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo Natanail menyatakan, dampak erupsi membuat hujan abu mengguyur dua kecamatan di sekitar gunung tertinggi di Sumatra itu.

“Dampak abu ke dua kecamatan yakni Kecamatan Tiganderket dan Kecamatan Kutabuluh,” ujarnya.

Oleh karena itu, Natanail mengimbau kepada warga dan wisatawan untuk tidak masuk ke zona merah. Dia juga mengimbau warga untuk tetap menggunakan masker.

“Jantan masuk ke zona merah yang sudah ditetapkan,” ujarnya.

HY

Continue Reading

Nasional

Epidemiolog Tolak Vaksin Mandiri, Kemenkes: Beda Sudut Pandang Saja

Published

on

By

Epidemiolog Tolak Vaksin Mandiri, Kemenkes: Beda Sudut Pandang Saja

Channel9.id-Jakarta. Epidemiolog Universitas Indonesia (UI), Pandu Riono dkk menggalang petisi menolak program vaksinasi mandiri Covid-19. Dalam petisinya, Pandu meminta Presiden Jokowi, Menkes Budi Gunadi Sadikin, dan Menteri BUMN Erick Thohir membatalkan program vaksinasi mandiri.

Namun, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi memastikan program vaksinasi gotong royong alias vaksinasi mandiri akan terus berjalan. Kendati, banyak penolakan dari sejumlah epidemiolog.

Pihak-pihak yang menolak, ujar dia, hanya karena berbeda sudut pandang saja. “Mungkin ada perbedaanya cara melihat saja. Kan ini (dilakukan) perusahaan dan di dalam perusahaan itu yang divaksin juga kan karyawan atau buruhnya,” ujar dia.

Menurut Siti Nadia, sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 yang terbit pada 24 Februari lalu, pemerintah resmi membolehkan vaksinasi mandiri. Disebutkan dalam aturan anyar tersebut, vaksinasi gotong royong adalah pelaksanaan vaksinasi kepada karyawan/karyawati, keluarga dan individu lain terkait dalam keluarga yang pendanaannya ditanggung atau dibebankan pada badan hukum/badan usaha.

Untuk itu, kata Nadia, program ini tidak akan menimbulkan ketimpangan seperti yang dikhawatirkan sejumlah epidemiolog. Program ini, lanjut dia, justru mempercepat pelaksanaan vaksinasi agar herd immunity segera tercapai guna memutus mata rantai penularan Covid-19.

Sebelumnya, koalisi epidemiolog menyebut, program vaksinasi yang dilakukan pihak swasta hanya menguntungkan dan mengutamakan masyarakat tingkat ekonomi menengah ke atas di perkotaan saja.

Dengan suplai yang masih sangat terbatas, masyarakat yang berada di daerah dan ekonomi menengah ke bawah yang justru memiliki tingkat risiko penularan yang lebih tinggi dinilai bisa tidak diprioritaskan dalam pembagian vaksin. Para tenaga kesehatan di daerah bahkan juga cemas, apakah mereka akan kebagian vaksin sesuai prioritas.

Walaupun Indonesia disebut sudah mengamankan ratusan juta dosis vaksin, tulis Pandu, distribusinya ke daerah masih jadi masalah.

“Pemerintah dan Kadin (Kamar Dagang dan Industri Indonesia) berdalih skema vaksin mandiri akan membantu pemerintah mempercepat pencapaian kekebalan kelompok di Indonesia. Ini tidak bisa dibenarkan, karena vaksinasi mandiri justru menjadikan akses pada vaksinasi berdasarkan kemampuan ekonomi dan afiliasi dengan korporasi swasta,” demikian isi petisi itu.

Jika memang hendak mengajak kerja sama pihak swasta dalam program vaksinasi, tulis Pandu, sebaiknya pihak swasta diajak untuk melakukan distribusi vaksin Covid-19, bukan untuk melakukan vaksinasi mandiri. Dengan demikian, semua rakyat mendapatkan haknya untuk divaksinasi sesuai prioritas yang sudah ditetapkan.

IG

Continue Reading

Nasional

KKB Sebar Hoaks Tentang Personel TNI-Polri Tembak Pelajar Hingga Tewas

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Kelompok kriminal bersenjata (KKB) menyebarkan informasi bahwa personel gabungan TNI-Polri menembak pelajar hingga tewas saat kontak senjata.

Kapolres Mimika AKBP IGG Era Adinata menyatakan, informasi itu adalah berita bohong atau hoaks. Sebenarnya, korban merupakan anggota KKB yang sudah masuk usia dewasa.

Berita bohong itu disebarkan melalui juru bicara tentara pembebasan nasional Papua Barat (TNPB) Sebby Sambon.

“Korban tewas dalam kontak senjata merupakan anggota KKB. Yakni Ferry Ellas (35) dan Heri Yakob Newegalem (26),” kata Era di Kabupaten Mimika, Senin 1 Maret 2021.

Sementara keterangan versi Sebby Sambon, korban tewas yakni remaja berusia 17 tahun atas nama Yasko Nebekalem. Dia terkena tembakan aparat TNI-Polri saat baku tembak di Mile 53 areal PT Freeport Indonesia.

Sebelumnya sempat terjadi kontak senjata antara TNI-Polri dan KKB di areal PT Freeport pada Minggu 28 Februari 2021. Saat itu aparat keamanan gabungan sedang patroli, lalu diserang dengan tembakan oleh sejumlah orang, anggota KKB kelompok Joni Botak.

HY

Continue Reading

HOT TOPIC