Connect with us

Lifestyle & Sport

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Buka Puasa

Published

on

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Buka Puasa

Channel9.id-Jakarta. Masih banyak orang yang abai terhadap cara makan dan asupannya ketika berbuka puasa. Mereka cenderung melahap makanan apa pun hingga kenyang, namun tak memikirkan dampaknya bagi kesehatan.

Padahal pola makan dan pilihan makanan di bulan Ramadan ini harus diperhatikan. Pasalnya, hal ini akan memengaruhi produktivitas pada pagi hingga sore harinya. Terlebih karena seseorang tak bisa mendapat asupan nutrisi dari makanan atau minuman dan tubuh cenderung lemas.

Nah, cara makan saat buka puasa sangat berpengaruh pada kesehatan, lo. Kamu harus memerhatikan asupan makananmu selama berbuka puasa, dari poris hingga nutrisinya. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

1. Segera minum saat buka puasa
Kamu dianjurkan untuk segera membatalkan puasa setelah waktu buka puasa tiba. Awalilah buka puasa dengan minum air putih, guna memasok cairan tubuh yang telah hilang selama berpuasa.

2. Pilih takjil sehat
Setelahnya, Kamu bisa mengonsumsi tiga buah kurma. Cara ini bisa mengatasi masalah gula darah rendah karena sebelumnya tak mendapat asupan makanan. Adapun buah ini merupakan sumber gula alami dan mengandung gizi yang baik untuk tubuh, sehingga kebutuhan energi bisa terpenuhi dengan mengonsumsinya saat berbuka.

Selain kurma, Kamu disarankan untuk memilih takjil yang sehat seperti jus dan buah. Atau Kamu bisa mengonsumsi sop buah dan salad buah. Usahakan untuk tak menggunakan pemanis buatan, sebagai gantinya gunakan pemanis alami seperti madu.

3. Perhatikan asupan makanan
Makanan yang Kamu pilih harus mengandung karbohidrat supaya energi yang telah hilang selama puasa diisi kembali. Selain itu, sayuran pun penting untuk menjaga kesehatan selama berpuasa. Sebab selain kaya akan vitamin, mineral, dan serat, sayuran juga memberi rasa kenyang lebih lama, meski kalori yang dikandungnya sedikit.

Protein juga dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun dan mempertahankan massa otot. Terutama karena selama beraktivitas saat berpuasa, Kamu tak mendapat asupannya. Adapun kandungan ini bisa Kamu dapat dari daging sapi, ikan, ayam, telur, serta kacang-kacangan.

Di lain sisi, Kamu harus menghindari makanan tinggi lemak, garam dan gula saat buka puasa. Untuk itu, usahakan mengolah makanan dengan memanggang, merebus, atau mengukus guna menjaga kesehatan. Selain itu, garam bisa Kamu ganti dengan racikan rempah rempah dan bumbu alami. Selain itu, gula bisa diganti dengan pemanis alami seperti sari buah.

4. Atur porsi makan
Makan terburu-buru dan berlebihan selama buka puasa bisa membuat sistem pencernaanmu bermasalah, sebab perutmu sempat kosong dalam waktu lama. Karenanya, Kamu harus mengontrol porsi makan agar sesuai porsi dan makanlah dengan tenang serta perlahan-lahan agar sistem pencernaan bisa bekerja dengan baik.

Jangan sampai terlalu banyak makan sampai Kamu kalap kekenyangan, karena sebelumnya merasa luar biasa lapar. Jika Kamu mengikuti hasrat untuk makan ini itu karena lapar mata, perutmu akan terkejut dan memicu masalah pencenaan seperti mual dan muntah.

(LH)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle & Sport

Kasur Kotor Setelah Lebaran, Ini Cara Tepat Membersihkannya

Published

on

By

Kasur Kotor Setelah Lebaran, Ini Cara Tepat Membersihkannya

Channel9.id-Jakarta. Salah satu kunci mendapat tidur berkualitas ialah menjaga kebersihan tempat tidur. Namun, kiranya tempat tidur belakangan ini jadi kotor lantaran sanak saudara sempat bermain di atas kasur kala Lebaran lalu.

Adapun hal itu bisa membuat tidurmu jadi tak nyenyak dan menggaggu produktivitas keesokan harinya. Selain itu, gejala alergi pun bisa kembali kambuh, seperti batuk dan kulit gatal.

Jika begitu, sudah saatnya Kamu mengganti sprai kasur dengan yang bersih. Namun, perlu Kamu catat, membersihkan kasur juga tak boleh asal. Pasalnya, ada noda, debu, kuman dan tungau pada kasur tak kasat mata. Jadi Kamu butuh cara khusus untuk membersihkan kasur.

Lalu bagaimana cara membersihkan kasur yang benar? Ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Tanggalkan seprai atau spring bed
Mula-mula, Kamu harus singkirkan semua benda yang menutupi atau di atas kasur. Pindahkan selimut dan bantal, kemudian lepaskan seprai. Setelahnya, ganti seprai, selimut, dan sarung bantal dengan yang baru supaya tak lagi mengotori kasur atau spring bed yang sudah dibersihkan nanti.

Pastikan bantal mudah dicuci dengan mesin cuci atau tidak. Jika ya, Kamu bisa mencucinya dengan mesin cuci dan mengeringkannya di bawah sinar matahari. Jika tidak, gunakan jasa laundry.

2. Persiapkan alat pembersih
Kamu memang bisa menggunakan penyedot debu untuk menghilangkan debu, tungau, atau kuman. Namun, cara ini tak bisa diandalkan sepenuhnya. Sebab bisa saja jamur dan kuman lain bisa tertinggal.

Maka dari itu, agar afdol dan bersih, siapkan bahan dan alat seperti kain mikrofiber dan kain lap bersih, sabun, air dingin, dan semprotan disinfektan.

3. Bersihkan spring bed atau kasur
Setelah semua alat pembersih disiapkan, kini saatnya Kamu bersihkan kasur atau spring bed. Pertama, bersihkan noda yang nampak. Untuk ini, semprotkan air dingin pada noda, kemudian tepuk-tepuk dengan kain mikrofober—jangan digosok supaya noda tidak menyebar. Setelah noda mulai menghilang, tambahkan air agar noda benar-benar hilang.

Kemudian lanjutkan dengan menyemprot disinfektan agar jamur tak berkembang di area tersebut. Pastikan yang dibersihkan bukan cuma hanya permukaan atasnya saja, bagian sisi dan tepi, serta bawah kasur juga harus dibersihkan.

4. Keringkan kasur atau spring bed
Terakhir, keringkan kasur atau spring bed. Lebih baik lagi jika dikeringkan di bawah sinar matahari. Cara ini membantu membunuh kuman serta jamur. Jika cara ini tak mungkin dilakukan, alternatifnya, keringkan dengan kipas angin agar lebih cepat kering dan posisikan kasur terkena sinar cahaya dari celah-celah jendela.

Setelah keringkan, bersihkan kembali dengan penyedot debu. Kemudian pasang seprai dan kasur siap digunakan.

(LH)

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Sedang Diet? Waspadai Makanan yang Bikin Cepat Lapar Ini

Published

on

By

Sedang Diet? Waspadai Makanan yang Bikin Cepat Lapar Ini

Channel9.id-Jakarta. Kamu yang sukses menjalani program menurunkan badan selama sebulan Ramadan kemarin, pastinya merasa bangga. Nah, kini saatnya Kamu menjaga yang telah Kamu raih itu dengan menjaga gaya hidup sehat, termasuk pola makan.

Nah, salah satu cara untuk menjaga berat badan itu ialah mengonsumsi makanan yang membuatmu kenyang lebih cepat dan lama. Namun, selepas Ramadan, Kamu cenderung jor-joran dalam memilih makan. Terlebih, Kamu punya kesempatan untuk makan kapan pun Kamu mau—tidak seperti saat puasa. Salah-salah, Kamu malah mengonsumsi makanan yang membikin Kamu mudah lapar, bahkan ingin terus makan lagi. Tentu saja makanan ini sebaiknya dihindari, jika tidak, berat badanmu bisa bertambah.

Baca juga : Bahaya Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Berlemak Trans

Nah, berangkat dari hal itu, ada baiknya Kamu mengetahui makanan apa saja yang membikin cepat lapar. Berikut ini di antaranya.

1. Sereal
Seperti roti tawar putih, sarapan dengan sereal juga membuatmu lebih cepat lapar. Terlebih bila sereal mengandung tambahan banyak gula yang cepat dicerna oleh tubuh, sehigga Kamu cepat lapar. Namun, lain lagi ceritanya bila Kamu menambahkan makanan yang kaya serat dan nutrisi, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, ke dalam sereal.

2. Roti tawar putih
Makanan ini kerap dipilih sebagai menu sarapan. Namun, setelah mengonsumsinya, Kamu bisa cepat lapar dan ingin memakannya lagi. Ini terjadi lantaran roti tawar putih tak mengandung serat atau nutrisi yang mengenyangkan. Adapun roti ini mengandung karbohidrat olahan yang cepat dicerna menjadi gula oleh tubuh, yang membuat tubuh melepaskan insulin dan membuatmu cepat lapar.

Sebagai gantinya, Kamu disarankan mengonsumsi roti gandum yang kaya serat saat sarapan, yang membikin Kamu kenyang lebih lama.

3. Makanan cepat saji
Tingginya natrium atau garam dalam makanan cepat saji bisa menyebabkan dehidrasi. Kondisi ini bisa membuatmu ingin makan dan minum berulang-ulang. Selain itu, lemak trans pada makanan ini bisa memicu radang usus dan mengganggu kemampuan tubuh untuk mengendalikan nafsu makan.
4. Camilan asin
Adalah hal yang wajar bila Kamu mengidamkan camilan asin setelah makan makanan manis. Sebab pengecap rasa dan otak mengaitkan energi dengan makanan yang manis, bahkan setelah Kamu banyak makan camilan asin.

Selain itu, fenomena sensor rasa kenyang juga membuat tubuh beranggapan bahwa hanya “lambung asin” yang sudah terisi penuh, namun “lambung manis” belum terisi. Jadi tak heran bila Kamu ingin makan manis setelah makan makanan asin. Untuk mengantisipasinya, cobalah untuk mengontrol asupan kedua jenis makanan ini agar tak makan berlebihan.

5. Jus buah
Jus buah biasanya diberi tambahan gula, air, dan disaring. Hal ini sebetulnya malah mengurangi kandungan serat dalam buah yang bisa membuatmu kenyang lebih lama. Mengonsumsi segelas jus buah ini akan meningkatkan kadar gula dalam darah, namun menurunkannya secara cepat sehingga Kamu jadi cepat lapar.

Ketimbang jus, Kamu lebih disarankan mengonsumsi smoothies (tak disaring), tanpa gula, dan menambahkan bubuk protein guna menyeimbangkan gula darah dan meningkatkan rasa kenyang.

Nah, guna mencegah nafsu makan berlebihan, Kamu sangat disarankan untuk memilih makanan yang sehat. Khususnya makanan yang mengandung lemak tak jenuh, protein, dan karbohidrat kompleks. Makanan ini membuatmu merasa kenyang lebih lama, karena dicerna lebih lambat di dalam tubuh.

(LH)

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Teguh Esha “Ali Topan Anak Jalanan” Tutup Usia

Published

on

By

Channel9.id – Jalarta. Kabar duka datang dari dunia sastra Indonesia. Sastrawan senior, Teguh Esha, tutup usia Senin 17 Mei 2021 pagi.

Penulis Novel “Ali Topan Anak Jalanan” itu meninggal di RS Dr Suyoto, Bintaro.

“Kami turut Berduka terdalam atas Wafatnya seorang sahabat yang juga Sastrawan senior Teguh Esha Penulis Novel terkenal “Ali Topan Anak Jalanan”,” tulis seorang kerabat.

Teguh lahir di Banyuwangi, Jawa Timur, 8 Mei 1947. Dia memiliki nama lengkap Teguh Slamet Hidayat Adrai. Sebelum menulis Novel, Teguh dikenal sebagai jurnalis era tahun 1960 -an selepas kuliah di jurusan jurnalistik Universitas Dr Moestopo. Cerita Ali Topan dia tulis pertama kali untuk Majalah Stop pada 1972.

Kemudian, bersama Djoko dan Kadjat, ia menerbitkan majalah Sonata dan menjabat sebagai wakil pemimpin redaksi (1971-1973), lalu menjadi pemimpin redaksi di majalah Le Laki (1974-1977).

Tahun 1977, dia kembali mengangkat cerita Ali Topan Anak Jalanan ke dalam sebuah novel, yang diterbitkan oleh penerbit Cypress. Penerbitan ‘Ali Topan Anak Jalanan’ pada tahun itu meledak.

Novel itu telah dicetak empat kali hanya dalam enam bulan. Popularitas Teguh Esha semakin terdongkrak oleh munculnya film Ali Topan Anak Jalanan (1977) dengan bintang utama Junaedi Salat dan Yati Octavia.

HY

Continue Reading

HOT TOPIC