Lifestyle & Sport

Hati-Hati Menggemuk Saat Lebaran, Perhatikan Hal Berikut

Channel9.id-Jakarta. Idulfitri tiba. Kamu yang sudah tiba di kampung halaman biasanya mengisi momen ini dengan bersilaturahmi atau berkumpul dengan keluarga. Adapun momen itu identik dengan makan-makan bersama.

Biasanya Kamu bakal menemukan opor ayam, rendang, dan ketupat di meja makan. Di samping itu, ada pula kue-kue kering seperti nastar, kue salju, lidah kucing, dan lain sebagainya. Berbagai makanan ini nyaris pasti bikin Kamu tergugah, tapi Kamu harus hati-hati jika kalap dan kekenyangan karenanya. Pasalnya, berbagai menu itu cenderung berlemak dan berminyak, serta tinggi gula dan kalori.

Kalau tak mengontrol diri, berat badanmu bisa naik dalam waktu singkat. Selain itu, bagi orang yang punya penyakit kolesterol tinggi, mengonsumsi makanan itu bisa membuat penyakit tersebut kambuh. Oleh karenanya, Kamu harus perhatikan pola makan saat Idul Fitri. Kamu bisa mengikuti tips ini untuk mengawalinya, agar menjadi kebiasaan.

Batasi menu tertentu
Makanan yang disajikan banyak yang manis dan bersantan. Padahal makan bersantan tinggi akan lemak jenuh yang bisa membuat kamu berisiko mengidap kolesterol. Sementara itu, kelebihan makanan berisiko memunculkan penyakit diabetes, berat badan berlebih, dan kerusakan gigi. Oleh karenanya, batasilah asupan keduanya agar Kamu terbebas dari risikonya.

Perbanyak sayuran
Kamu sebaiknya memperbanyak sayuran. Serat yang dikandung sayur membantumu merasa kenyang lebih lama sekaligus mencukupi kebutuhan gizimu. Jika sayur mengandung kuah santan, kamu bisa mengurangi kuah santannya dan perbanyak porsi sayurannya. Cara ini membantumu untuk terbebas dari penyakit kolesterol.
Kenali bahwa sedang lapar mata
Saat Idulfitri, biasanya Kamu cenderung makan lebih banyak dari biasanya. Ini karena Kamu lapar mata, mengingat berbagai makanan yang menggugah tampil di depan mata. Padahal belum tentu Kamu lapar. Kamu sebaiknya tetap ingat bahwa Kamu harus jaga pola makan. Untuk mengantisipasinya, pilihlah hanya makanan favoritmu. Atur pula makan dengan porsi yang lebih kecil.

Berhenti makan sebelum kenyang
Perlu Kamu ketahui, otak membutuhkan waktu untuk mendapat sinyal bahwa perutmu sudah kenyang. Maka dari itu, perhatikan pola makan, jangan sampai Kamu baru berhenti makan ketika kenyang. Pasalnya, bisa jadi ketika Kamu merasa kenyang, perutmu justru sudah terlalu kenyang.

Nah, mengabaikan hal itu juga menjadi salah satu alasan mengapa berat badanmu naik setelah Idul Fitri. Kamu biasanya baru berhenti makan bila sudah terlalu kenyang.

(LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

3  +  6  =