Hong Kong: Tiga Vaksin Sinovac Tak Cukup Lawan Omicron
Internasional

Hong Kong: Tiga Vaksin Sinovac Tak Cukup Lawan Omicron

Channel9.id-Hong Kong. Tiga dosis vaksin CoronaVac dari Sinovac tidak memberikan pertahanan tubuh yang cukup untuk melawan virus corona varian Omicron, ungkap pernyataan dari para peneliti di Hong Kong, Jumat (24/12/2021).

Analisa mereka mengungkapkan kalau vaksin Pfizer-BioNTech lebih efektif sebagai dosis ketiga setelah divaksin dua dosis Sinovac milik Cina. Mereka menyatakan kalau vaksin Pfizer memberikan tingkat ketahanan tubuh yang cukup untuk melawan Omicron.

Pfizer dan partnernya, BioNTech yang berasal dari Jerman, sebelumnya sudah mengatakan kalau tiga dosis vaksin sudah cukup untuk menetralisasi varian baru Omicron dalam uji coba laboratorium.

Studi terbaru itu dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Hong Kong dan Chinese University of Hong Kong, dan didanai oleh Dana Bantuan Penelitian Medis dan Kesehatan dan Pemerintah Hong Kong.

Pernyataan itu tidak mengungkapkan seberapa banyak sampel yang digunakan untuk analisa tersebut. Sinovac sampai saat ini juga masih belum mengeluarkan pernyataannya.

Vaksin CoronaVac milik Sinovac dan vaksin BBIBP-CorV dari Sinopharm, yang keduanya dari Cina, adalah dua vaksin yang paling banyak digunakan oleh warga Cina dan juga vaksin terbanyak yang diekspor oleh Cina ke luar negeri. Sinopharm juga memiliki vaksin kedua yang digunakan di China.

Hong Kong sendiri menggunakan vaskin Sinovac dan Pfizer-BioNTech. Namun warganya yang berusia 12-17 tahun diperbolehkan untuk hanya divaksin menggunakan vaksin Pfizer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5  +  4  =