India Tegaskan Tak Akan Akui Pasangan LGBT
Internasional

India Tegaskan Tak Akan Akui Pasangan LGBT

Channel9.id-Jakarta. Pemerintah India menyatakan bahwa mereka telah menolak pernikahan sesama jenis, Senin (13/9). Pengumuman ini diumumkan oleh Pengadilan Tinggi India pada hari Minggu lalu, yang mendesak hakim untuk menolak banding dari pasangan-pasangan LGBT.

Walau Kementerian Hukum India memang percaya bahwa ada banyak sekali jenis hubungan romantis di masyarakat, negara hanya akan mengakui pernikahan heteroseksual.

“Hidup bersama sebagai pasangan dan mempunyai hubungan seksual dengan partner sesama jenis tidaklah sama dengan konsep keluarga India yang terdiri dari suami, istri, dan anak-anak,” kutip argumen dari Kementerian Hukum India.

Mereka menyatakan bahwa pengadilan tidak dapat mengakui pernikahan sesama jenis tersebut karena telah berlawanan dengan kebijakan legislatif yang sudah mengakar ke dalam norma dan nilai-nilai religi India.

“Sebagai salah satu dari orang yang mengajukan petisi, kami juga telah menerima dukungan dari berbagai kalangan masyarakat. Kami pun juga merasa sebagian besar masyarakat India tak merasa terganggu apabila beberapa ‘keluarga’ dapat mendapatkan hak hukumnya,” ujar salah satu penggugat, Uday Raj Anand, setelah pemerintah mengumumkan hasil keputusannya.

Baca juga: Wakil Ketua MPR Kritik Kedubes Inggris Kibarkan Bendera LGBT

Sebelumnya pada tahun 2018, sebuah putusan bersejarah dari pengadilan tinggi India mendekriminalisasi homoseksualitas dengan menghapus larangan era kolonial terhadap seks sesama jenis. Kasus saat ini dipandang sebagai sebuah langkah penting bagi kelompok LGBT dalam memperjuangkan haknya di Indian.

Namun, setidaknya 15 permohonan dari pasangan-pasangan LGBT di India pada beberapa bulan ini telah memantapkan negara di bawah Kepemerintahan Narendra Modi itu untuk secara resmi tak akan mengakui hubungan sesama jenis secara legal.

(RAG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  +  79  =  87