Indonesia Buka Galeri NFT di Bali
Techno

Indonesia Buka Galeri NFT di Bali

Channel9.id-Bali. Indonesia kini punya galeri Non-Fungible Token (NFT). Galeri ini dibuka oleh Superlative Secret Society (Superlative SS) dan berlokasi di Kelurahan Legian, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Adapun galeri ini jadi galeri NFT pertama bagi Indonesia.

Pendiri dan CEO SuperlativeSS Prasetyo Budiman mengatakan bahwa Bali dipilih karena janji pihaknya kepada para investor, yang antusias pada pulau tersebut.

“Kita sudah menjanjikan ke investor-investor kita, kalau kita akan membuka satu NFT gallery di Bali. Makanya kita pilih tempatnya di sini,” terang Prasetyo saat pembukaan Superlative Gallery, baru-baru ini. “Rata-rata, investor-investor kita itu berasal dari luar. Bali itu sangat megah bagi mereka. Jadi mereka sangat excited sekali Bali dipilih.”

Prasetyo menjelaskan bahwa Superlative Gallery bisa dikunjungi secara gratis oleh siapapun. Dengan begitu, edukasi mengenai NFT diharapkan terus terjadi. “Makanya kita kasih free. Semua orang bisa masuk, semua orang bisa ikut andil,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga mengatakan pihaknya akan memberi edukasi NFT kepada seniman lokal Bali. Karya seniman yang bergabung nantinya akan melewati proses kurasi.

“Yang mau ekshibisi di sini mungkin kita akan kurasi lebih lanjut untuk seniman sih. Jadi, awal-awal kita adakan NFT edukasi dulu,” terang Prasetyo.

Sementara itu, Ilustrator and Founder SuperlativeSS Arif Wijaksana menambahkan bahwa kurasi itu tidak dilakukan secara spesifik. Sebab seniman Bali diajak memang profuktif berkarya. “Lebih ke mereka yang sudah berkesenian sebelumnya, yang sudah mempunyai banyak eksposur juga ya dan yang belum terjun ke NFT,” tambahnya.

“Jadi ya kita akan mengedukasi mereka, kita akan mengajarkan mereka cara bagaimana membuat sebuah karya fisik menjadi digital. Bagaimana cara memasarkannya, bagaimana cara menjalin relasi dengan para komunitas-komunitas di NTF,” jelas Arif.

Lebih lanjut, Arif mengakui bahwa selama ini banyak tantangan dalam mengedukasi NFT kepada seniman. Namun, pihaknya berusaha supaya karya mereka bisa mendunia melalui NFT.

“NFT itu kan sebuah platform yang memudahkan para seniman untuk menjual karyanya secara global. Dengan NFT, itu ya kita ingin mereka mendapat royalti yang tidak pernah putus, yang mereka selalu dapatkan setiap transaksinya dibeli,” harapnya.

Diketahui, karya seniman yang diwadahi NFT tidak terbatas, mulai dari seni lukis fotografi, seni patung, termasuk musik.

(LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2  +    =  6