Connect with us

Lifestyle & Sport

IPI Luncurkan Greeny, Aplikasi Pengolahan Sampah Berbasis Digital

Published

on

Channel9.id-Jakarta. Sampah masih menjadi masih menjadi persoalan rumit bagi pemerintah. Kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah juga masih rendah. Ikatan Pemulung Indonesia (IPI) menggagas sistem pengolahan sampah berbasis digital, dalam upaya membantu pemerintah, khususnya Pemerintah Daerah Jawa Barat (Pemda Jabar), menghadapi persoalan menahun ini.

Ketua Umum IPI, Pris Lolyy Lengkong menggatakan, masyarakat umumnya malas untuk memilah sampah.

“Ini yang jadi persoalan. Melalui aplikasi ini, kita dorong masyarakat, agar mau memilah sampahnya,” ujarnya di sela pelatihan aplikasi Greeny di kawasan Setiabudhi, Kota Bandung, Rabu (17/02).

Melalui aplikasi Greeny yang telah diluncurkan Januari 2021 lalu, IPI mengajak masyarakat memilah sampah langsung dari sumbernya. Tak hanya itu, Greeny juga memberikan manfaat langsung bagi masyarakat berupa uang tunai dari sampah yang dipilahnya.

Pris menyebut, melalui kehadiran Greeny, pihaknya pun ingin mengangkat derajat para pemulung yang selama ini kerap dipandang sebelah mata karena identik dengan kotor dan kumuh hingga seringkali diperlakukan tidak layak.

“Padahal, selama ini pemulung merupakan orang yang mendedikasikan setiap saat waktunya untuk membersihkan sampah orang lain,” ujarnya.

Pris menuturkan, melalui aplikasi Greeny, pemulung memasuki era teknologi 4.0 dimana mereka bisa bekerja dengan lebih layak, seperti menggunakan seragam, kendaraan untuk mengambil sampah, dan gadget yang memadai serta penghasilan yang lebih baik.

“Selain itu, pemulung 4.0 ini nantinya akan dibuat lebih beredukasi untuk menjamin kenyamanan masyarakat,” katanya.

Founder Greeny, Boy Tjakra mengatakan, Greeny memudahkan pengolahan sampah non-organik dengan tujuan peningkatan kualitas lingkungan hidup melalui teknologi informasi dan komunikasi.

Baca juga: LIPI: Banyak SampahMedis Dibuang Sembarangan 

Bahkan, Greeny juga memanfaatkan jasa layanan perbankan. Pasalnya, Greeny adalah platform yang mampu mengubah sampah menjadi sesuatu yang bernilai uang. Aplikasi tersebut, memberikan solusi untuk lingkungan hidup dan memberikan penghasilan kepada warga serta memberikan kesempatan kerja kepada masyarakat sebagai mitra dan pelapak sampah.

“Setiap pengguna Greeny hanya cukup menempatkan sampah plastik, kertas, dan logam ke dalam wadah yang telah disediakan oleh Greeny di setiap rumah pengguna aplikasi,” ujarnya.

Boy menjelaskan, sampah non-organik yang dimasukan ke dalam wadah telah dikelompokan seperti plastik, kertas, dan logam. Setelah wadah sampah pengguna penuh, pengguna aplikasi tinggal menekan tombol untuk memanggil mitra melalui fitur kontak, chat maupun WhatsApp.

Mitra kemudian akan menjemput sampah non-organik setiap saat yang diinginkan pengguna aplikasi Greeny. Setelah mitra memeriksa dan menimbang secara akurat bersama pengguna aplikasi atau warga, mitra akan menutup rapat polybag yang dilanjutkan dengan scan quick response (QR).

“Seluruh data informasi sampah tersebut disampaikan melalui kode QR pada aplikasi dimana informasi tersebut juga secara otomatis diterima pada aplikasi Greeny, warga, mitra, RW, dan pelapak Greeny,” paparnya.

Dengan aplikasi Greeny, semua elemen yang terlibat seperti warga, RW, mitra, dan pelapak akan mendapat manfaat dari sistem transaksi ini. Pengguna aplikasi pun dapat menarik tunai setiap saat untuk berbagai kebutuhan di dalam aplikasi doku yang sudah ditentukan oleh Greeny.

“Selain warga, lingkungan pun ikut merasakan manfaat dari aplikasi Greeny ini karena ikut membantu pemerintah dalam pengelolaan sampah,” katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Persampahan Dinas Perumahan dan Pemukiman Provinsi Jabar, Dadang memaparkan, saat ini, timbunan sampah yang dapat tertangani hanya sekitar 30,31 persen.

Dadang pun mengapresiasi terobosan yang dilakukan oleh IPI lewat pengembangan pengolahan sampah berbasis digital tersebut. “Kami sekarang dituntut menyelesaikan persoalan ini makanya kita gandeng berbagai komunitas termasuk dari Greeny, agar secara nyata bisa ikut serta menyelesaikan masalah” tandasnya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle & Sport

Stres Picu Emotional Eating, Atasi dengan Hal Ini

Published

on

By

Stres Picu Emotional Eating, Atasi dengan Hal Ini

Channel9.id-Jakarta. Sebagian orang punya nafsu makan yang lebih tinggi saat sedang stres. Hal ini dikenal dengan emotional eating.

Dalam jangka panjang, emotional eating bisa berdampak pada keseharianmu, utamanya kesehatan. Berat badanmu pun cenderung menaik seiring berjalannya waktu. Terlebih, saat stres, seseorang cenderung memilih makanan secara sembarangan seperti makanan cepat saji.

Meski begitu, ada sejumlah tips yang bisa Kamu lakukan untuk mengatasi emotional eating. Berikut ini tipsnya.

1. Kenali pemicu makan berlebihan
Mula-mula, Kamu harus mengidentifikasi pemicu mengapa nafsu makanmu meluap meski perut tak lapar. Kamu bisa membuat catatan untuk membantu mengidentifikasi hal ini. Atau, Kamu juga bisa berkonsultasi dengan psikolog dan mencari cara untk mengatasi kebiasaan makan berlebihan.

Umumnya, selain karena lapar, nafsu makan berlebihan disebabkan oleh bosan, stres, dan depresi. Jika bosan, sebaiknya cari hal menarik untuk mengisi waktu kosong, seperti menonton film, bukannya makan. Lalu jika stres, Kamu bisa melakukan yoga, bermeditasi, atau jalan-jalan untuk mengatasi emosi. Sementara saat depresi, cobalah untuk mencari teman untuk bicara, berjalan keliling kompleks—tak lupa protokol kesehatan Covid-19, atau jika tak kuasa menahan depresi, konsultasikan dengan psikolog.

2. Ngemil buah-buahan dan kacang-kacangan
Bukan cuma makanan cepat saji, saat stres, Kamu biasanya ingin makan makanan yang manis. Sebagai gantinya, cobalah mengonsumsi buah-buahan yang mengandung gula alami. Dengan demikian, risiko berat badan naik bisa diminimalisasi.

Makanan sehat lainnya yang bisa menjadi pilihan yaitu kacang-kacangan, seperti kacang mete hingga kacang almond. Selain rendah kalori, mereka kaya akan lemak baik dan serat, serta membantu mengatur gula darah.

3. Minum teh hitam
Kadar hormon kortisol akan meningkat saat Kamu sedang stres. Kondisi ini pula yang menyebabkan nafsu makanmu meningkat. Tanpa kontrol yang tepat, berat badanmu bisa naik. Nah, salah satu upaya untuk mencegah hal ini terjadi ialah dengan mengonsumsi segelas teh hitam. Teh ini bisa mengurangi kadar kortisol di tubuh.

Selain itu, selingi dengan melakukan teknik pernapasan ringan. Cobalah untuk menjaga jarak dari gawaimu dan manfaat waktu luang yang Kamu punya untuk sejenak beranjak dari rutinitas harian. Hal ini bisa membantumu mengendalikan hormon kortisol yang meningkat karena stres.

4. Olahraga
Rutin berolahraga juga ampuh mengendalikan produksi hormon kortisol. Pasalnya, olahraga justru akan memicu produksi hormon yang membikin Kamu merasa bahagia seperti endorfin. Selain itu, aktivitas ini jga turut membantu mengurangi risiko depresi, kecemasan, dan insomnia, di samping mengurangi kecenderungan untuk emotional eating.

(LH)

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Tips Merawat Hubungan dengan Pasangan Meski Tak Bertemu

Published

on

By

Tips Merawat Hubungan dengan Pasangan Meski Tak Bertemu Karena Pandemi

Channel9.id-Jakarta. Sudah setahun terlewati, pandemi Covid-19 belum berakhir juga. Sebagaimana telah diketahui, situasi ini berdampak terhadap segala sektor kehidupan masyarakat di dunia, dari ekonomi, sosial, hingga politik.

Bahkan, hubungan percintaan dan asmara seseorang pun bisa terkena dampaknya. Khususnya, bagi mereka yang belum menikah dan tak tinggal satu atap. Kamu mungkin mengalaminya.

Kondisi pandemi ini membikin hubungan percintaan dua insan tak ubahnya seperti menjalani hubungan jarak jauh alias LDR. Menurut penelitian dari University of San Fransisco, konflik sering terjadi pada mereka yang menjalani LDR lantaran kedekatan fisik yang kurang, sehingga merasa hubungan tak aman.

Sebelum pandemi, Kamu mungkin rutin bertemu pasanganmu setiap minggu. Namun, karena physical distancing saat pandemi, agenda pacaranmu jadi terganggu sehingga jarang bertemu. Namun, komunikasi tak langsung melalui layanan perpesanan atau telpon terkadang memicu perselisihan, yang bahkan bisa membikin hubungan kandas. Sayangnya, untuk sekadar bertemu langsung dan menyelesaikan masalah, sangat berisiko untuk Kamu dan pasangan—menimbang penularan Covid-19 yang begitu cepat.

Nah, untuk mempertahankan hubungan di situasi seperti ini, salah satu kuncinya yaitu meminimalisasi konflik dengan pasangan. Untuk itu, cobalah untuk melakukan tips berikut.

1. Sepakat berkomunikasi di waktu tertentu
Menentukan jadwal kapan Kamu dan pasangan harus berkomunikasi menjadi salah satu tips agar hubungan tetap awet dan jauh dari konflik.

Cobalah mencari waktu di mana kalian sama-sama sedang lowong. Misalnya, setelah kalian berdua menuntaskan pekerjaan. Manfaatkan waktu ini untuk sekadar menelepon.

2. Fokus pada kualitas komunikasi
Satu hal penting, cobalah untuk fokus dan prioritaskan kualitas. Mestinya, kualitas komunikasi pasangan di masa pembatasan sosial ini lebih baik, dibandingkan sebelumnya.

Pasalnya, berkomunikasi di situasi seperti ini ialah hal yang berharga. Jadi, mesti benar-benar dimanfaatkan. Topik yang dibicarakan pun semakin luas karena Kamu dan pasangan sulit bertemu.

3. Percaya kepada pasangan
Adapun kunci hubungan agar tak melulu berselisih dan tetap awet ialah percaya pada pasangan.

Tentu Kamu tak bisa melihat langsung apa yang dilakukan oleh pasangan karena tak bisa bertemu langsung. Kamu merasa tak aman atau insecure. Misalnya, Kamu berpikir pasanganmu berkomunikasi dengan orang lain saat dirinya tak kunjung meresponsmu saat dihubungi.

Namun, membangun kepercayaan satu sama lain adalah hal krusial dalam hubungan. Hal ini menjadi faktor penting untuk membuat hubungan terus awet.

(LH)

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Stres Bikin Seseorang Lebih Memilih Saat Baca Berita

Published

on

By

Stres Bikin Seseorang Lebih Pemilih Saat Baca Berita

Channel9.id-Jakarta. Stres datang tak memandang usia. Tua hingga muda pasti pernah mengalaminya. Di masa pandemi Covid-19 ini, misalnya, kiranya stres dirasakan mereka semua. Misalnya, anak kecil tak bisa main sebebas seperti sebelum pandemi dan orang dewasa terpaksa kehilangan pekerjaan lantaran perusahaan sangat minim pendapatan.

Belum lagi, berita tentang kematian akibat pandemi dan segala hal terkait cenderung meningkatkan rasa cemas dan khawatir. Hal ini bisa memperparah stres.

Berbicara soal stres, kondisi ini ternyata bisa mengubah cara orang menanggapi kabar buruk. Menurut penelitian yang diterbitkan Scientific Report, ada hubungan antara hormon stres dengan cara orang menerima informasi yang berisiko. Didapati bahwa saat menghadapi berita buruk, seseorang yang tertekan dan stres lebih selektif dan teliti, terutama saat ingin membagikan berita tersebut.

Selain itu, bagaimana stres bisa memengaruhi seseorang dalam menghadapi kabar buruk berkaitan pula dengan hormon endokrin. Umumnya, hormon ini bisa membikin seseorang meremehkan risiko dari sebuah informasi. Di sisi lain, bisa juga stres membikin seseorang menilai segala sesuatu sebagai hal yang berisiko tinggi. Keduanya tentu punya efek yang berbahaya.

Meremehkan informasi yang berisiko tentu bisa membuat seseorang menjadi tak acuh. Sementara, melebih-lebihkan informasi busa meningkatkan rasa cemas dan memicu perilaku berbahaya.

Suka atau tidak, berita buruk pasti tersebar. Terlebih Kamu memang harus memenuhi kebutuhan informasi guna mendapat informasi terkini, utamanya soal pandemi Covid-19 ini. Untuk mengurangi rasa cemas hingga stre, ada sejumlah hal yang bisa Kamu lakukan dan terpatri di pikiranmu.

1. Sadari ada hal di luar kendalimu
Salah satu cara untuk menangani kabar buruk saat dilanda stres adalah menerima kenyataan yang ada. Salah satunya dengan menyadari bahwa ada hal yang ada di luar kendalimu. Sadar atau tidak, seseorang akan merasa tertekan dan stres karena tak bisa mengendalikan hal yang terjadi.

2. Mencari kegiatan positif
Setelah pikiran tadi terpatri di pikiranmu, Kamu bisa mencari kegiatan positif sebagai cara untuk menangani kabar buruk. Kamu bisa melakukan hobimu, menjadi sukarelawan hingga memberi perhatian penuh kepada keluarga dan teman yang membutuhkan. Demikianlah cara paling mudah agar Kamu tetap bisa berkontribusi dan menangani informasi buruk, dengan fokus di lingkup terkecil.

3. Jaga kesehatan fisik dan mental
Selain itu, sangat penting bagimu untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Makan teratur, rutin berolahraga, dan tidur yang cukup termasuk cara agar Kamu tak rentan dilanda stres. Sebaliknya, jika kondisimu tak sehat, stresmu cenderung lebih parah sehingga berdampak pada fisik dan mentalmu.

Memang stres bisa membuatmu lebih teliti dalam menghadapi kabar buruk, namun Kamu harus mengelola stres agar kualitas hidup lebih baik dan bisa menangani masalah dengan lebih sehat.

(LH)

Continue Reading

HOT TOPIC