Connect with us

Lifestyle & Sport

Jangan Bingung, Ini Tips Beres-Beres Rumah Ala Marie Kondo

Published

on

Jangan Bingung, Ini Tips Beres-Beres Rumah Ala Marie Kondo

Channel9.d-Jakarta. Kita sudah tiba lagi di akhir pekan. Apa yang akan Kamu lakukan di waktu yang senggang ini? Kamu mungkin sejak awal memutuskan untuk bersantai, dengan rebahan, tidur lebih lama, dan sebagainya. Namun, di tengah-tengah sesi istirahatmu, Kamu merasa aneh dan tak produktif.

Kalau begitu, mungkin beres-beres bisa menjadi pilihan untuk mengisi akhir pekanmu. Coba berdiri dan perhatikan sekeliling ruanganmu. Mungkin saja memang sudah saatnya Kamu membenahi tempat tinggalmu. Tapi Kamu bingung dari mana harus memulainya dan bagaimana melakukannya. Duh.

Kamu tak perlu khawatir. Kamu bisa mengikuti tips beres-beres ala Marie Kondo, nih!

Untuk Kamu ketahui, Kondo dikenal di Jepang sebagai ahli beres-beres atau konsultan pengaturan rumah. Bukunya, “The Life-Changing Magic of Tidying Up: The Japanese Art of Decluttering and Organizing”—yang memberi pencerahan soal cara beres-beres, cukup populer di dunia. Ia juga punya program khusus yang ditayangkan di Netflix, lo. Di program ini, Kondo mengunjungi satu rumah ke rumah lain dan menjadi konsultan penghuninya yang ingin membereskan rumah.

Nah, memangnya apa saja sih tips beres-beres Marie Kondo? Ayo, simak berikut ini!

1. Ambil foto sebelum dan sesudah
Pertama, coba foto keadaan rumah sebelum dibereskan. Jika nanti beres-beres sudah selesai, foto juga. Dengan cara ini, Kamu bisa membandingkan keadaan ruangan sebelum dan sesudah dibersihkan. Menurut Kondo, hal tersebut akan memicu rasa puas dan pencapaian yang luar biasa.

2. Ikuti metode KonMari
Dengan metode ini, Kondo membagikan proses beres-beres menjadi lima kategori. Pakaian, buku-buku, dokumen, komono alias ragam benda lain (seperti alat dapur, kamar mandi, mainan, garasi, dan lain-lain), dan benda-benda bernilai sentimental. Saat beres-beres, sebaiknya barang dibereskan sesuai urutan kategori ini, kata Kondo.

3. Buang yang tak dibutuhkan sebelum membuat ruang penyimpanan
Setiap orang harus pastikan apa yang layak disimpan dan harus dibuang. Kondo menjelaskan, sebelum barang dibuang, coba peganglah benda tersebut satu per satu dan dan tanyakan pada diri sendiri, apakah benda itu benar-benar dibutuhkan.

“Salah satu kesalahan paling umum ketika merapikan adalah bahwa seseorang menghabiskan begitu banyak upaya untuk menyimpan hal-hal yang mungkin tak lagi mereka inginkan atau butuhkan,” sambung dia.

4. Simpan benda yang membikin bahagia
Kondo merekomendasikan untuk menyimpan barang yang membuat seseorang bahagia atau punya “sparks joy”. Jika Kamu merasa bahagia saat memegang barang ini, simpanlah benda tersebut.

Selain itu, mendekorasi ruangan dengan hal yang membuat bahagia memicu perasaan lebih santai, produktif, dan kreatif.

5. Pastikan semua barang punya tempat sendiri
Orang seringkali bingung saat mencari barang yang dibutuhkan. Oleh karenanya, Kondo meminta agar orang-orang untuk memberi tempat khusus untuk satu barang tertentu dan sesuai jenisnya. Misalnya piring di tempatnya atau perhiasan suatu laci—yakni tempat yang pasti Kamu ketahui. Contoh lain, di lemari, baju atau celana di tempatnya sendiri.

6. Atur barang sesuai ukuran
Jika barang-barang yang tak bisa diletakkan dalam posisi berdiri sehingga mudah dilihat, aturlah berdasarkan ukuran. Ini membantu Kamu mencarinya saat dibutuhkan dan mengembalikannya. Pasalnya, salah satu kesulitan terbesar dari proses beres-beres ialah menjaga semuanya tetap rapi seperti semula. Jika semua benda punya tempat tersendiri tentu lebih mudah.

7. Lipat pakaian tak bertumpuk-tumpuk
Setelah benda-benda sudah disimpan sesuai kategori dan punya wadahnya, kini saatnya menyimpan. Kemudian, untuk pakaian yang tak digantung, Kondo mengajarkan cara melipatnya menjadi tiga dan meletakkannya dalam posisi berdiri, bukan menumpuknya. Metode lipat pakaian ini efektif bagi yang menyimpannya dalam laci. Dalam posisi berdiri, Kamu juga lebih mudah menemukan pakaian yang mau dipakai.

8. Mengatur dapur supaya mudah dibersihkan
Kondo mengatakan bahwa dapur seharusnya mudah dibersihkan. Dia menyarankan agar Kamu meletakkan sesedikit mungkin benda di sekitar bak cuci.

“Ketika area itu bebas barang, memasak menjadi lebih sederhana (keluarkan apa yang Anda butuhkan, bersihkan, dan simpan ketika sudah selesai, cepatlah untuk membersihkan segala kekacauan) dan pembersihan menjadi lebih mudah.”

9. Istirahat
Kondo, yang punya dua anak kecil, mengakui rumahnya terkadang berantakan. Ia pernah kewalahan. Namun, saat merasa lelah, ia mengalami untuk tidur saja. Sebab beres-beres merupakan proses, yang mana setiap prosesnya membutuhkan waktu.

(LH)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle & Sport

Barcelona Lawan Cadiz Berakhir Tanpa Gol

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Barcelona ditahan imbang tanpa gol di kandang Cadiz dalam lanjutan La Liga pekan keenam di Estadio Nuevo Mirandilla pada Jumat dini hari WIB.

Tim tamu langsung tampil menyerang sejak awal pertandingan. Barcelona nyaris membuka skor pada menit ke31 lewat sepakan melengkung Memphis Depay, yang masih bisa digagalkan kiper Cadiz Jeremias Ledesma.

Cadiz merapatkan pertahanan mereka dan membuat Barcelona sulit memberikan ancaman berarti hingga turun minum. Kedudukan 0-0 menjadi penutup babak pertama.

Tuan rumah hampir mencetak gol saat babak kedua baru berjalan satu menit melalui tendangan Alvaro Negredo ke pojok atas gawang, tetapi bola masih bisa diselamatkan Marc-Andre ter Stegen.

Barcelona balas mengancam pada menit ke-52 lewat sepakan Depay dari luar kotak penalti, yang masih bisa dipatahkan oleh Ledesma dan mengamankan gawang Cadiz.

Baca juga: Barcelona Ditahan Granada 1-1

Malapetaka menimpa tim tamu saat mereka harus bermain dengan 10 pemain pada menit ke-65 karena Frenkie de Jong mendapat kartu kuning kedua dan diusir wasit usai melanggar Alfonso Espino.

Unggul jumlah pemain, Cadiz berbalik menggempur pertahanan Barcelona.

Pada menit ke-81, Salvi Sanchez mendapat peluang emas saat berhadapan satu lawan satu dengan Ter Stegen. Namun, kiper asal Jerman tersebut masih bisa mengamankan gawangnya dari kebobolan.

Menjelang berakhirnya laga, Barcelona mendapatkan peluang untuk mencetak gol melalui skema tendangan bebas yang diambil Philippe Coutinho.

Namun, bola tendangan Coutinho melebar dari gawang Cadiz.

Tak lama berselang, giliran Depay yang gagal mengonversi peluang menjadi gol setelah tendangan kaki kanannya dari dalam kotak penalti berakhir di samping gawang.

Kedudukan 0-0 tidak berubah hingga wasit meniup pluit akhir pertandingan. Cadiz dan Barcelona harus puas berbagi angka di laga ini.

Hasil ini membuat Barcelona tertahan di posisi ketujuh dengan raihan 8 poin. Sementara itu, Cadiz berada di urutan ke-14 dengan 8 poin.

HY

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Dua Gol Ciro Alves, Tira Persikabo Raih Kememgan Perdana

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Dua gol dari pemain asal Brazil, Ciro Alves sukses membawa Tira Persikabo mencicipi kemenangan perdananya di Liga 1 Indonesia 2021-2022 dengan menundukkan Barito Putera 3-0 dalam laga di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jumat.

Selain Ciro, gol Tira Persikabo lainnya dilesakkan oleh Muhammad Dimas Drajad, yang baru masuk ke lapangan pada menit ke-37 menggantikan Ahmad Nufiandani.

Sebelum pertandingan tersebut, Tira Persikabo menorehkan dua hasil seri, kontra Madura United dan Persik, serta menderita kekalahan dari Persebaya.

Baik Barito Putera dan Tira Persikabo sejatinya tampil terbuka sejak pertandingan dimulai.

Kedua tim sempat membuat masing-masing dua peluang berbahaya, tetapi penampilan disiplin dari lini pertahanan mereka membuat gol tak terjadi setidak-tidaknya pada 40 menit awal.

Baca juga: Bali United Bekuk Barito Putera 2-1

Namun, Tira Persikabo membuka skor melalui sepakan penalti Ciro Alves pada menit ke-45. Penalti diberikan wasit setelah bek Barito Putera, Dandi Maulana menyentuh bola dengan tangannya.

Unggul 1-0, Tira Persikabo langsung “tancap gas” usai jeda. Dua menit setelah bola bergulir pada paruh kedua, giliran Muhammad Dimas Drajad yang mencatatkan namanya di papan skor.

Dimas dengan tenang menendang bola hasil operan Roni Sugeng ke pojok kiri bawah kiper Barito Putera, Adhitya Harlan.

Setelah itu, Barito Putera terus berusaha membuat gol tambahan. Akan tetapi, justru Tira Persikabo yang menjauhkan keunggulan pada menit ke-59.

Dimas Drajad kali ini berperan sebagai pengirim “assist” untuk Ciro Alves yang menghadirkan gol keduanya dalam pertandingan tersebut. Total, Ciro Alves sudah membuat tiga gol di Liga 1 Indonesia 2021-2022.

Setelah itu, tidak ada gol lain yang dihasilkan kedua tim. Skor 3-0 untuk kemenangan Tira Persikabo pun tak berubah sampai laga.

HY

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Iwan Setiawan Harap Para Pemainnya Kerja Keras Lawan Persija 

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Pelatih Persela Iwan Setiawan tidak menargetkan kemenangan atas Persija dalam laga lanjutan Liga 1 Indonesia 2021-2022, Jumat 24 Septembet, meski lawannya itu dalam kondisi timpang lantaran akan bertanding tanpa beberapa pemain andalan.

“Ketika tim saya mengeluarkan seluruh kemampuannya dan berada di ‘top performance’, bagi saya itu sudah seperti kemenangan,” ujar Iwan dalam konferensi pers virtual sebelum pertandingan yang diikuti di Jakarta, Kamis.

Juru taktik berusia 53 tahun itu menyebut bahwa, meski tak diperkuat setidak-tidaknya tiga pemain andalannya, Persija tetap merupakan tim kuat.

Sebagai informasi, pelatih Persija Angelo Alessio sempat menyatakan bahwa ada empat pemainnya absen dalam laga versus Persela yaitu kapten sekaligus kiper Andritany Ardhiyasa (sakit demam berdarah), Yann Motta (sanksi akumulasi kartu kuning), Novri Setiawan (cedera) dan Braif Fatari (cedera).

Baca juga: 10 Pemain Persela Kalahkan Persipura

Sementara pemain sayap Riko Simanjuntak juga diragukan dapat merumput lantaran belum bugar. Begitu pula Osvaldo Haay dan Taufik Hidayat yang kondisinya terus dipantau setelah mengikuti pemusatan latihan tim nasional Indonesia.

“Saya tak mau berandai-andai dengan tidak bermainnya beberapa pemain Persija. Sebab saya mengetahui bahwa siapa pun yang tercatat sebagai pemain Persija adalah pemain terbaik di Indonesia. Artinya kami harus mengeluarkan 200 persen motivasi saat melawan Persija karena mereka dihuni pemain-pemain terbaik,” tutur Iwan.

Meski demikian, Iwan Setiawan tetap meminta anak-anak asuhnya untuk bertarung maksimal di lapangan.

Tiga poin memang bukan target utama, tetapi tanpa penampilan terbaik Persela dapat pulang dengan tangan hampa.

“Hanya ada satu kata kalau mau poin maksimal yaitu kerja keras,” kata Iwan.

Bek Persela, Ahmad Birrul Walidan meminta rekan-rekannya untuk fokus sepanjang laga versus Persija.

Semua pemain Persija, sebut Birrul, memiliki kemampuan mumpuni.

“Kami mesti fokus dan konsentrasi. Semua pemain Persija harus diwaspadai. Kami harus bermain sabar dan bekerja sama sebagai sebuah tim,” tutur pesepak bola berusia 25 tahun itu.

Laga Persija menghadapi Persela digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Jumat (24/9), mulai pukul 20.30 WIB.

Di Liga 1 Indonesia 2021-2022, Persela baru merasakan satu kemenangan yaitu saat berhadapan dengan Persipura (skor 1-0). Sementara pada dua laga lain, kontra PSIS dan Persita, “Laskar Joko Tingkir” harus menelan kekalahan.

Adapun Persija belum mencicipi satu kemenangan pun di Liga 1 2021-2022 setelah hanya mendapatkan tiga kali hasil imbang yaitu saat melawan PSS, PSIS dan Persipura.

Berdasarkan catatan pertemuan, sejak tahun 2007, Persija dan Persela sudah 24 kali berhadapan. Persija mendominasi perjumpaan itu dengan 10 kali menang. Persela “hanya” sanggup lima kali menundukkan lawannya itu.

HY

Continue Reading

HOT TOPIC