Jangan Coba-Coba Abaikan Sakit Punggung Ini
Lifestyle & Sport

Jangan Coba-Coba Abaikan Sakit Punggung Ini

Channel9.id-Jakarta. Usai bekerja, Kamu mungkin merasa punggungmu sakit. Bisa jadi hal ini sudah menjadi makanan sehari-harimu, mengingat Kamu selalu duduk lama ketika bekerja. Namun demikian, apa pun penyebabnya, sakit punggung seharusnya jangan dianggap sepele. Pasalnya, jika abaikan begitu saja, otot-otot punggung bisa jadi melemah secara permanen, lo. Apalagi jika Kamu merasa sakit punggung dengan keluhan tertentu, seperti berikut ini.

1. Sakit punggung dan kaki pincang
Kalau sakit punggung membikin kakimu terasa lemah atau pincang, segeralah periksa ke dokter. Pasalnya, hal ini dikhawatirkan terjadi karena kerusakan saraf di bagian punggung bawah hingga kaki. Jangan sepelekan masalah ini. Jika disepelekan, Kamu berisiko mengalami kelemahan otot permanen.

Baca juga: Jangan Sepelekan! Sakit Punggung Setelah Makan Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatan Ini

2. Sakit punggung menjalar ke paha
Jika Kamu sakit punggung menjelar ke paha atau pantat, ini bisa berupa gejala iritasi pada saraf tubuh bagian belakang. Meski keluhan ini bisa hilang sendirinya, iritasi saraf bagian punggung bisa menyebabkan mati rasa, kesemutan, bahkan melemahkan otot-otot. Menurut ahli, masalah ini bisa diatasi dengan pengobatan seperti pijat, terapi fisik, untuk mengembalikan kekuatan tulang belakang dan latihan peregangan untuk mengurangi gejala sakit punggung.

3. Sakit punggung disertai gangguan berkemih dan buang air besar
Sakit punggung yang disertai dengan gangguan pencernaan atau kandung kemih bisa menjadi tanda sindrom cauda equina. Kondisi ini terjadi ketika adanya tekanan pada saraf di bagian bawah sumsum tulang belakang yang terhubung ke organ panggul. Biasanya, gejala ini serius sehingga membutuhkan operasi atau pembedahan sesegera mungkin.

4. Keseimbangan tubuh menurun
Selain itu, jika sakit punggung diiringi dengan tubuh yang tak seimbang, segera periksakan diri juga ke dokter. Disarankan untuk mendatangi terapis juga untuk mencegah jika sewaktu-waktu Kamu terjatuh, Kamu akan diajari cara mencegah dan jatuh yang aman tanpa harus menimbulkan masalah lain pada tubuh.

5. Sakit punggung disertai demam, menggigil, dan sebagainya
Dalam beberapa kasus, menurut ahli, seluruh tubuh pasien merespon rasa sakit punggung dengan berbagai macam cara—seperti demam, menggigil, atau berkeringat di malam hari. Kondisi ini bisa menjadi tanda kalau seluruh tubuh mengalami peradangan atau reaksi terhadap sesuatu yang salah. Jika hal ini terjadi, sangat disarankan untuk periksa ke layanan kesehatan.

(LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

9  +  1  =