Hot Topic Nasional

Jokowi Tidak Sowan ke Megawati saat Lebaran, Ini Kata Istana

Channel9.id – Jakarta. Istana buka suara ihwal Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang belum bersilaturahim dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Jokowi diketahui memilih untuk mengunjungi keluarga besarnya satu per satu untuk merayakan Hari Raya Idulfitri 1445 H atau Lebaran 2024.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin menekankan bahwa keluarga menjadi alasan utama Jokowi belum bersilaturahmi ke Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri pada momentum Lebaran tahun ini.

“Kenapa tahun ini Presiden tidak melakukan kunjungan silaturahmi atau halal bihalal dengan Bu Mega? Jawaban saya satu, ini soal waktu. Karena saya dari Istana kemarin mendapatkan kabar bahwa anak, cucu bahkan menantu Pak Jokowi itu mungkin karena kesibukan masing-masing mereka tidak berkunjung ke Jakarta,” ujar Ngabalin melalui rekaman video kepada wartawan, Jumat (12/4/2024).

Lebih lanjut, Ngabalin menekankan bahwa lantaran kesibukan masing-masing yang menyulitkan anak dan cucu Jokowi untuk dapat berkumpul bersama, membuat orang nomor satu di Indonesia itu memilih untuk menyediakan waktu mengunjungi keluarganya.

Jokowi, kata Ngabalin, memilih untuk mendatangi secara langsung Bobby Nasution, Kahiyang Ayu, dan cucunya di Medan.

“Tentu, rasa rindu, kangen bagi seorang eyang kakung, eyang putri untuk anak cucu itu menjadi bagian yang tidak terpisahkan,” ucapnya.

Dia mengamini bahwa Jokowi tidak menemui Mega pada Lebaran kali ini padahal dia selalu bertemu dengan Ketua Umum PDIP setiap Lebaran pada tahun-tahun sebelumnya. Namun, dia berharap agar tak ada narasi yang membuat seolah adanya keretakan hubungan antara keduanya. Menurutnya, pertemuan tokoh negara tersebut pun hanya masalah waktu saja.

“Bapak Presiden maupun ibu Mega adalah orang-orang tulus, orang bersih. Jadi, dalam situasi hari ini kita lebih melihat dalam perspektif lebih teduh, lebih tenang karena mereka memberikan yang terbaik demi kepentingan bangsa dan negara,” pungkas Ngabalin.

Sebelumnya, dalam rangka menyambut Idulfitri 2024, Presiden Jokowi menggelar open house di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Rabu (10/4/2024). Adapun, agenda ini merupakan yang ketiga kalinya open house dilaksanakan selama 10 tahun dirinya menjabat presiden. Jokowi sebelumnya sudah dua kali menggelar open house di Istana Kepresidenan, Jakarta pada periode pertama dirinya menjabat, yaitu pada 25 Juni 2017, kemudian pada 5 Juni 2019.

Oleh sebab itu, Lebaran 2024 adalah kali ketiga Jokowi menggelar open house atau merupakan yang pertama di periode keduanya serta menjadi tahun terakhir dia menjabat sebagai presiden.

Baca juga: Istana: Pertemuan Jokowi dan Megawati Sedang Dicarikan Waktu yang Tepat

IG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7  +  2  =