Connect with us

Lifestyle & Sport

Kesalahan Selama Olahraga yang Bikin Otot Sulit Tumbuh

Published

on

Kesalahan Selama Olahraga yang Bikin Otot Sulit Tumbuh

Channel9.id-Jakarta. Kamu mungkin berharap ototmu tumbuh setelah rutin olahraga. Namun, tampaknya usahamu belum juga menunjukkan hasil yang signifikan. Oleh karena itu, Kamu jadi merasa putus asa dan cenderung ingin berhenti saja.

Tunggu dulu. Mungkin memang Kamu butuh usaha lebih keras lagi, mengingat genetik juga memengaruhi pembentukan otot. Selain itu, mungkin saja ada gaya hidupmu yang bermasalah, yang membikin ototmu tak kunjung tampak. Bahkan, masih banyak lagi faktor lain yang memengaruhi pertumbuhan otot, lo.

Baca juga: Suka Olahraga? Ini Aturan Terbaru PPKM yang Wajib Kamu Tahu

Dari berbagai faktor itu, kesalahan pola olahraga juga termasuk. Bisa jadi ada kesalahan yang tak Kamu sadari selama berolahraga. Nah, apa saja sih kesalahan di olahraga yang bisa memengaruhi pertumbuhan otot? Berikut ini di antaranya.

1. Kurang asupan karbohidrat
Menurut ahli gizi, protein saja tak cukup untuk membentuk otot. Adapun saat banyak mengonsumsi protein, kemungkinan besar Kamu tak mendapat asupan karbohidrat yang cukup. Padahal karbohidrat penting untuk memberi energi yang lebih banyak saat berolahraga dan, tentunya, ini berujung pada proses pembentukan otot. Selain itu, zat ini juga membantu membangun kembali jaringan otot dalam waktu cepat—yang merupakan bagian penting dari pertumbuhan otot.

2. Latihan itu-itu saja
Meski repetisi penting, Kamu juga perlu gerakan olahraga yang bervariasi. Kalau Kamu melakukan gerakan yang itu-itu saja, artinya pergerakan ototmu terbatas di situ. Dengan begitu, kemungkinan hanya bagian itu saja yang ototnya terbentuk. Maka dari itu, Kamu perlu mengganti program latihan setiap 6-8 minggu sekali.

3. Terlalu sering kardio
Latihan kardio memang penting. Namun, kalau tujuan olahragamu untuk meningkatkan ukuran dan kekuatan otot, latihan kardio mestinya secukupnya saja—setidaknya dua kali seminggu. Sementara, sisanya diisi dengan latihan membangun otot seperti angkat beban.

Perlu Kamu ketahui, jika latihan kardio dilakukan secara berlebihan, akan membakar jaringan otot yang Kamu dapat dengan susah payah sebelumnya.

4. Pengulangan yang salah
Pengulangan atau repetisi gerakan olahraga diperlukan untuk memaksimalkan pertumbuhan otot. Jumlah repitisi ini berbeda-beda bergantung jenis olahraganya. Untuk olahraga berat, 1-5 repetisi per set sudah cukup. Sedangkan untuk olahraga ringan seperti jalan kaki membutuhkan repetisi yang lebih banyak, misalnya 15-20 kali.

Meski begitu, ketepatan gerakan juga perlu diperhatikan. Pasalnya, kadang kala gerakan olahraga yang tepat semakin tidak optimal pada penghujung sesi. Nah, ini juga akan memengaruhi pertumbuhan otot.

5. Kurang istirahat
Seorang pelatih sekaligus ahli gizi menyebutkan bahwa untuk membentuk otot, tubuh perlu memecah serat di dalam otot. Dengan begitu, akan tumbuh kembali lebih banyak atau dalam jenis serat otot yang berbeda.

Sementara, saat kurang tidur atau istirahat, otot tak punya waktu untuk memperbaiki kerusakan sel dan tumbuh lebih kuat. Oleh karenanya, jangan lupa istirahat agar otot lebih cepat terbentuk.

Nah, itu dia pola olahraga yang bisa memengaruhi pertumbuhan ototmu. Kamu sebaiknya jangan cepat putus asa dan berhenti berolahraga. Apalagi mengingat bahwa olahraga sejatinya bermanfaat untuk kesehatan. Kamu lebih baik refleksi dulu apa hal yang salah. Kalau sudah ketemu akar masalahnya, segera lakukan perbaikan.

(LH)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle & Sport

Hal-Hal yang Bisa Bikin Mata Minus Makin Parah

Published

on

By

Hal-Hal yang Bisa Bikin Mata Minus Makin Parah

Channel9.id-Jakarta. Tampaknya masalah kesehatan mata di masa pandemi COVID-19 ini kerap menjadi keluhan. Tak heran demikian, sebab saat ini penggunaan gadget, seperti laptop dan ponsel, semakin meningkat. Jika penggunaannya tak diatur dengan benar, maka kemungkinan besar kesehatan mata kena imbasnya.

Misalnya, mereka yang sudah mengalami rabun jauh (miopi) atau mata minus, keadaannya bisa semakin parah meski sudah menggunakan kacamata. Dengan begitu, mereka jadi semakin sulit melihat benda yang jaraknya jauh.

Namun, perlu dicatat, selain penggunaan gadget, ada berbagai faktor lain yang bisa memperparah mata minus. Apa sajakah itu? Berikut ini di antaranya.

1. Tak memperbaiki kebiasaan memakai gadget atau membaca
Sudah disinggung sebelumnya, menggunakan gadget dengan cara yang tepat akan memperparah mata minus. Demikian pula dalam hal membaca.

Meski Kamu sudah menggunakan kacamata minus untuk membantu penglihatan, minusmu tetap bisa bertambah jika tak meninggalkan kebiasaan buruk dalam menggunakan gadget dan membaca. Misalnya, membaca atau menggunakan gadget dengan jarak terlalu dekat.

2. Salah resep kacamata
Salah resep kacamata memang kerap terjadi. Padahal ini berisiko memperburuk kondisi mata minus. Pasalnya, perhitungan lensa yang meleset satu-dua derajat saja akan membuat lensa kacamata buram, sehingga penglihatan malah semakin kabur. Jika ini dibiarkan, matamu yang sudah minum malah harus bekerja lebih keras untuk menyesuaikan penglihatan dengan minus pada lensa yang tak sesuai. Imbasnya, mata minusmu jadi makin parah.

3. Bertambahnya usia
Seiring bertambahnya usia, mata minus juga bisa semakin bertambah. Hal ini memang umum terjadi, terutama pada anak-anak—di mana semakin tua, struktur mata akan mengalami perkembangan sehingga minus mata bisa saja bertambah.

Bahkan bukan hanya minus, gangguan mata yang lain seperti presbiopi cenderung memburuk sendirinya dari waktu ke waktu, tak peduli apakah Kamu pakai kacamata atau tidak.

Meski begitu, ada beberapa cara untuk mencegah dan memperlambat pertambahan minus. Selalu menggunakan kacamata untuk membantu penglihatan. Namun, pastikan resep kacamata benar agar tak memperparah kondisinya. Selain itu, gunakan obat bila perlu, tapi harus konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Adapun hal yang menjadi kunci untuk mencegah memperparah minus ialah menjaga kesehatan mata. Jangan lagi melakukan hal-hal yang memicu minus bertambah—kecuali menua, itu adalah keniscayaan.

(LH)

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Napoli Duduki Posisi Puncak Liga Italia

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Napoli menduduki posisi puncak klasemen Liga Italia usai menjadi satu-satunya tim yang berhasil melewati rangkaian lima laga pertama musim ini dengan catatan sapu bersih kemenangan.

Napoli mengumpulkan 15 poin penuh, unggul dua poin atas dua tim kota mode, Inter Milan dan AC Milan, yang sempat menyalip mereka dalam dua hari sebelumnya.

Inter menang 3-1 atas Fiorentina di Artemio Franchi pada Selasa. Sementara Milan membekuk tim promosi Venezia dengan skor 2-0 di San Siro sehari kemudian.

Komposisi empat besar tak berubah dari selepas rangkaian pertandingan pekan keempat, setelah AS Roma menutup jadwal pekan kelima dengan kemenangan tipis 1-0 atas Udinese di Olimpico, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Baca juga: Hasil Liga Italia: Napoli Menang Tipis

Sementara itu, Juventus akhirnya menyudahi penantian panjang mereka untuk memetik kemenangan perdana musim ini dengan mengatasi Spezia 3-2 di Alberto Picco, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Kemenangan itu mengangkat Juventus ke posisi 12 klasemen dengan koleksi lima poin.

Berikut hasil pertandingan pekan kelima Liga Italia (dalam WIB, tuan rumah disebut pertama): Selasa (21/9) malam s.d. Rabu (22/9) dini hari
Bologna 2 – Genoa 2 (Aaron Hickey 49′, Marko Arnautovic p-85′; Mattia Destro 55′, Domenico Criscito p-89′)
Atalanta 2 – Sassuolo 1 (Robin Gosens 3′, Davide Zappacosta 37′; Domenico Berardi 44′)
Fiorentina 1 – Inter Milan 3 (Riccardo Sottil 22′; Matteo Darmian 52′, Edin Dzeko 55′, Ivan Perisic 87′)

Rabu (22/9) malam s.d. Kamis (23/9) dini hari
Salernitana 2 – Verona 2 (Cedric Gondo 45+2′, Mamadou Coulibaly 76′; Nikola Kalinic 7′, 29′)
Spezia 2 – Juventus 3 (Emmanuel Gyasi 33′, Janis Antiste 49′; Moise Kean 28′, Federico Chiesa 66′, Matthijs de Ligt 72′)
AC Milan 2 – Venezia 0 (Brahim Diaz 68′, Theo Hernandez 82′)
Cagliari 0 – Empoli 2 (Federico Di Francesco 29′, Leo Stulac 69′)

Kamis (23/9) malam s.d. Jumat (24/9) dini hari
Sampdoria 0 – Napoli 4 (Victor Osimhen 10′, 50′, Fabian Ruiz 39′, Piotr Zielinski 59′)
Torino 1 – Lazio 1 (Marko Pjaca 76′; Ciro Immobile p-90+1′)
AS Roma 1 – Udinese 0 (Tammy Abraham 36′).

HY

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Gol Semata Wayang Tammy Abraham Antarkan AS Roma Menang Atas Udinese

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Tammy Abraham mengantarkan AS Roma meraih kemenangan lewat gol semata wayangnya saat mereka menundukkan Udinese 1-0 dalam laga pekan kelima Liga Italia di Stadion Olimpico, Jumat WIB.

Abraham mencetak golnya pada menit ke-36 dengan sontekan kaki kanan jarak dekat menyelesaikan umpan kiriman Riccardo Calafiori.

Roma seharusnya bisa unggul lebih cepat bila saja bola sundulan Nicolo Zaniolo tak membentur tiang gawang saat laga baru berusia delapan menit.

Di luar gol Abraham dan tandukan Zaniolo yang ditolak tiang gawang, penyelesaian sepertiga akhir tim besutan Jose Mourinho kurang tajam karena hanya dua kali menemui sasaran dari 12 percobaan tembakan sepanjang laga.

Kendati demikian, kerja mereka di lini belakang cukup disiplin termasuk keberhasilan kiper Rui Patricio mementahkan tembakan sudut sempit Gerard Deulofeu pada menit ke-73.

Baca juga: Hasil Conference League: AS Roma Bantai CSKA Sofia

Patricio juga melakukan penyelamatan krusial lain pada menit pertama injury time kala mengantisipasi tendangan jarak jauh Deulofeu yang melesat tajam dan menepisnya ke atas mistar gawang demi mengunci kemenangan Roma.

Sayangnya, kemenangan Roma diwarnai pengusiran gelandang serang Lorenzo Pellegrini yang harus menerima kartu kuning kedua semenit jelang bubaran.

Roma kembali menempati peringkat keempat klasemen dengan raihan 12 poin, setelah sempat disalip Atalanta (10) dua hari lalu.

Sementara Udinese yang gagal menambah raihan tujuh poin turun ke posisi ke-10, digusur oleh Torino, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Di pertandingan selanjutnya pada Minggu nanti, Roma akan melakoni Derbi della Capitale kontra Lazio berstatus tim tandang sedangkan Udinese menjamu Fiorentina di Friuli.

HY

Continue Reading

HOT TOPIC