Connect with us

Nasional

Khofifah Ajak Masyarakah Ubah Perilaku Jadi Hidup Bersih dan Sehat

Published

on

Channel9.id – Jakarta. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap, Hari Kesehatan Nasional tahun 2020 jadi momentum mengubah perilaku masyarakat untuk hidup bersih dan sehat demi memutus penyebaran Covid-19.

“Pandemi belum berakhir dan kita sama-sama harus bersatu berjuang menuntaskan krisis ini dengan tetap mematuhi protokol kesehatan serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” katanya melalui keterangan resmi, Kamis (12/11).

Khofifah pun mengajak masyarakat untuk tidak putus asa, tidak pesimistis dan menyerah dalam menghadapi virus corona.

Menurut dia, selama belum ada vaksin, masyarakat harus berdamai untuk beradaptasi dengan virus ini.

“Pemerintah terus berupaya menurunkan angka kasus Covid-19. Saat ini kasus di Jatim terus turun, namun tidak berarti membuat kita lengah, justru harus terus waspada. Jangan sampai ada gelombang kedua, sehingga angkanya naik lagi,” ucapnya.

Hidup damai dengan Covid-19, memiliki arti menyesuaikan hidup dengan tatanan kebiasaan hidup baru.

Karena itu, Khofifah mewanti-wanti masyarakat untuk selalu berdisiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan kapan dan di mana saja.

“Kita semua wajib berikhtiar sekuat tenaga melindungi diri, melindungi keluarga, melindungi saudara-saudara dan bangsa dari risiko penularan Covid-19,” ujarnya.

(HY)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hot Topic

Kasudin Pendidikan Jaktim Meninggal Setelah Terinfeksi Corona

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Kepala Suku Dinas Pendidikan (Kasudin) Wilayah 1 Jakarta Timur Ade Yulia Narun meninggal dunia setelah terpapar virus corona (Covid-19), Selasa (2/12) kemarin. Wali Kota Jakarta Timur, M Anwar membenarkan informasi tersebut.

“Iya. Covid-19,” ujar Anwar di Jakarta, Rabu (3/12) seperti dikutip Antara.

Kepergian Ade Narun menambah daftar kalangan pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang meninggal akibat terpapar Covid-19. Sebelumnya, Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah, Lurah Meruya Selatan Ubay Hasan, dan Camat Kelapa Gading M Harmawan.

Baca juga: Sekda DKI Jakarta Wafat Setelah Terpapar Covid-19 

Sementara Ade Yulia Narun meninggal pada Selasa (2/12) sekitar pukul 22.00 WIB di Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Duren Sawit, Jakarta Timur.

Jenazah Ade Narun telah dimakamkan di Pemakaman Pondok Rangon secara langsung oleh petugas dari RSKD Duren Sawit.

Proses pemakaman almarhum dilakukan secara protokol Covid-19 dan hanya dihadiri perwakilan keluarga dengan jumlah terbatas demi menerapkan aturan menjaga jarak.

Akumulasi kasus positif Covid-19 di Jakarta hingga Rabu (2/12) mencapai 139.085 kasus dengan penambahan kasus harian 1.166 orang. Dari jumlah itu catatan Satgas Covid-19 Jakarta menunjukkan kasus aktif total sebanyak 10.212 kasus dengan penambahan harian 84 orang.

Terbaru, Gubernur Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria diketahui terpapar Covid-19.

IG

Continue Reading

Hot Topic

Contact Tracing Anies dan Riza, Hasilnya 24 Positif Corona

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta melakukan pelacakan kontak erat (contact tracing) secara aktif kepada orang-orang di lingkungan kegiatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Sebanyak 437 orang pun menjalani tes usap atau swab test usai Anies dan Riza positif Covid-19.

“Hingga Selasa kemarin, kami di Dinkes DKI Jakarta dan jajaran telah mencatat 158 orang telah dilakukan tes usap dari kontak erat Gubernur,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) DKI Jakarta Widyastuti dalam keterangan tertulis, Rabu (02/12).

Baca juga: Kronologi Anies Baswedan Terinfeksi Covid-19 

Hasilnya adalah 5 orang positif. Sedangkan 111 lainnya negatif dan 42 orang masih menunggu hasil.

Sementara itu, 279 orang yang diketahui melakukan kontak erat dengan Riza selama 28 November hingga 1 Desember juga telah dilakukan tes usap. Hasilnya 19 positif, 185 negatif, dan 75 orang lainnya masih menunggu hasil.

“Mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19 kemudian menjalani isolasi mandiri ataupun perawatan sesuai dengan derajat gejala yang dialaminya,” jelas Widyastuti.

Namun, Widyastuti menegaskan kasus positif bukan berarti ditularkan dari Anies atau Riza, namun menentukan klaster kasus yang bersamaan terjadi selama masa inkubasi Covid-19.

“Saat ini belum ditemukan kasus positif di antara mereka yang berinteraksi langsung dengan gubernur baik dari keluarga maupun tim kerja setelah gubernur dikonfirmasi positif,” imbuhnya.

Widyastuti mengimbau, agar masyarakat dapat melaporkan ke Puskesmas dan dilakukan tes usap PCR secara gratis apabila termasuk kontak erat Anies maupun Riza.

Continue Reading

Nasional

Sambut Nataru, KAI Madiun Siap Operasikan 4 KA

Published

on

By

Channel9.id-Madiun. Sambut libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun, Jawa Timur, akan mengoperasikan empat kereta api (KA) selama liburan.

KAI Daop 7 Madiun telah membuka layanan pemesanan tiket KA libur Natal dan tahun baru. Bagi para calon penumpang dapat melakukan pemesanan secara daring yang bisa dipesan H-30 keberangkatan untuk KA jarak jauh dan H-14 untuk KA lokal melalui aplikasi KAI Access serta mitra eksternal yang telah bekerja sama dengan KAI.

“KAI Daop 7 Madiun mengoperasikan empat KA pada Desember 2020 untuk melayani penumpang saat libur Natal dan Tahun Baru,” ujar Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko, Rabu (2/12).

Adapun Kereta yang dioperasikan Daop Madiun adalah KA Brantas relasi Blitar–Pasarsenen, KA Kahuripan relasi Blitar–Kiaracondong, KA Singasari relasi Blitar-Pasarsenen Jakarta, dan KA Anjasmoro relasi Jombang-Pasarsenen Jakarta.

Ixfan menjelaskan dari empat KA tersebut, ada dua KA yang beroperasi pada hari-hari tertentu yakni KA Singasari yang berangkat dari Blitar dan KA Anjasmoro keberangkatan Stasiun Jombang, keduanya tujuan Pasarsenen Jakarta.

Selain empat KA dengan keberangkatan wilayah Daop 7 Madiun, juga terdapat beberapa KA yang melintas di wilayah Daop 7 Madiun guna melayani liburan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Yaitu KA Bima, Gajayana, Argo Wilis, Turangga, Malabar, Jayakarta, dan Matarmaja.

Ixfan menjelaskan untuk pengoperasian KA tersebut akan tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah seperti mewajibkan para penumpang menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan di tempat yang disediakan ataupun menggunakan penyanitasi tangan.

Selain itu, penumpang KA jarak jauh juga diwajibkan menunjukkan dokumen kesehatan berupa tes cepat atau surat bebas gejala influenza, serta menggunakan face shield selama berada di atas KA hingga tiba di tujuan.

“KAI secara konsisten menerapkan protokol kesehatan yang ketat bertujuan untuk menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, selamat, dan seluruh penumpangnya sehat sampai di tujuan,” ujarnya.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

HOT TOPIC