Kolesterol Tak Selalu Jahat, Ini Manfaatnya
Health Lifestyle & Sport

Kolesterol Tak Selalu Jahat, Ini Manfaatnya

Channel9.id-Jakarta. Selama ini kolesterol selalu dianggap sebagai momok bagi kesehatan. Nyatanya, kolesterol dibutuhkan oleh tubuh, lo. Bahkan kolesterol terbentuk secara alami dalam tubuh, dan ini bisa ditemukan di semua sel dalam tubuh. Kolesterol sejatinya menunjang tubuh agar bisa berfungsi dengan optimal.

Selain terbentuk secara alami di dalam tubuh, kolesterol juga bisa diperoleh dari makanan yang dikonsumsi, termasuk telur, daging, dan berbagai produk olahan susu.

Perlu dicatat, manfaat kolesterol itu baru bisa didapat bila kadar kolesterol stabil—yakni kadar high-density lipoprotein (HDL) dan low-density lipoprotein (LDL) seimbang. Untuk diketahui, HDL dikenal sebagai kolesterol baik, sementara LDL dikenal sebagai kolesterol jahat.

Kalau HDL terlalu tinggi namun HDL terlalu rendah, maka bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Kondisi ini secara umum menjadi penyebab kolesterol tinggi. Hal ini bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk menerapkan gaya hidup sehat, termasuk menjaga pola makan sehat dengan membatasi makanan berkolesterol, guna mengontrol kolesterol.

Nah, perihal manafaat kolesterol, sebenarnya apa saja sih? Mari simak penjelasan berikut ini.

1. Melindungi sel tubuh
Tubuh kita terdiri dari sel-sel yang membentuk jaringan dan organ. Setiap sel ini punya lapisan terluar sebagai pelindung. Nah, salah satu pelindung sel ini adalah kolesterol. Kolesterol sendiri merupakan lemak yang sifatnya lebih kaku sehingga lebih ideal untuk menjaga keutuhan sel ketimbang lemak lainnya. Dengan perlindungan sel yang kuat, maka jaringan dan organ akan berfungsi optimal.

2. Membantu produksi vitamin D
Saat terpapar sinar matahari, tubuh bakal memproduksi vitamin D secara alami. Dalam proses ini, kolesterol dibutuhkan. Tubuh akan mengubah kolesterol dalam kulit menjadi kalsitriol. Selanjutnya, senyawa ini akan disalurkan ke hati dan ginjal untuk menghasilkan vitamin D yang membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi, sekaligus membantu fungsi sistem kekebalan tubuh berjalan optimal.

3. Membentuk asam empedu
Kolesterol membantu pembentukan asam empedu yang dibentuk oleh organ hati atau liver. Zat ini berfungsi untuk memecah lemak dalam makanan sehingga bisa diserap oleh tubuh dan digunakan sebagai sumber energi.

4. Pemebentukan hormon
Rupanya kolesterol merupakan bahan dasar pembentukan hormon, khususnya hormon steroid termasuk testosterone maupun estrogen dan progesterone, yang berperan mengatur fungsi sistem reproduksi manusia. Selain itu, kolesterol berperan dalam pembentukan hormon kortisol dan aldosterone, yang berfungsi mengontrol tekanan darah, respons stres, dan menjaga keseimbangan elektrolit.

5. Menjaga fungsi otak
Menurut studi, otak mengandung kadar kolesterol tertinggi, di mana 20% kolesterol tubuh digunakan otak. Kolesterol bermanfaat untuk memperlancar sambungan antarsaraf yang mengatur berbagai fungsi otak, terutama untuk mengingat.

Ingat, semua manfaat kolesterol itu baru bisa kamu dapatkan bila kadar kolestrolmu dalam ambang yang sehat! Alih-alih bikin tubuh makin sehat, kelebihan kolesterol juga bisa meningkatkan risiko penyakit kronis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

86  +    =  93