Nasional

Kompol Happy Saputra, Perwira Keturunan Tionghoa Lulusan Victoria University of Wellington

Channel9.id – Jakarta. Kapolsek Pademangan Kompol Happy Saputra, perwira polisi keturunan Tionghoa ini merupakan jebolan universitas tertua dan ternama di Selandia Baru, Victoria University of Wellington.

Happy berhasil menyelesaikan pendidikannya dalam waktu 1,5 tahun atau tamat tahun 2021 kemudian meraih gelar Master of Public Management. Momen kelulusan Happy bersama para wisudawan lain diunggah Duta Besar RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya.

Lulusan terbaik PTIK angkatan 70 tahun 2017 itu menimba ilmu di Selandia Baru berkat raihan beasiswa NZ Aid yang diberikan pemerintah Selandia Baru.

Adapun Victoria University of Wellington berada di Kota Wellington yang merupakan ibu kota Selandia Baru. Didirikan pada tahun 1897, Victoria University of Wellington merupakan universitas keempat tertua di Selandia Baru. Victoria University of Wellington merupakan salah satu universitas dengan reputasi akademis yang baik peraih peringkat top 2 persen universitas dunia.

Dalam hal riset dan penelitian, Victoria University of Wellington meraih peringkat 1 di Selandia Baru dan beberapa jurusannya merupakan top 100 ranking di dunia.

Sebelum meraih beasiswa di Selandia Baru, Happy menempuh pendidikan sarjananya di Universitas Bina Nusantara (Binus). Pada tahun 2007, pria kelahiran 4 Juli 1984 ini mengikuti seleksi masuk kepolisian dan berhasil lulus.

Keikutsertaannya dalam seleksi anggota Polri mengagetkan banyak pihak. Sebab, sangat sedikit warga keturunan Tionghoa yang memiliki kemauan untuk bekerja di sektor publik. Happy pernah ditugaskan di Polres Ponorogo, Jawa Timur dengan pangkat Ipda. Lantaran memiliki latar belakang di dunia teknologi, dia ikut mengembangkan sistem informasi secara daring dan fitur lainnya yang memajukan kepolisian Indonesia.

Dia juga pernah ditunjuk sebagai salah satu anggota tim IT dan think tank Kapolda Jawa Timur. Saat ini, Happy menjabat Kapolsek Pademangan sejak 2021. Sebagai pucuk pimpinan di Polsek Pademangan, dia menginstruksikan jajarannya untuk menjaga ketertiban dan keamanan di masyarakat.

Baru-baru ini, pihaknya berhasil mengamankan sejumlah anak-anak yang melakukan tawuran di Ancol, Jakarta Utara kemudian menangkap pelaku pencurian kendaraan bermotor yang meresahkan.

HY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

13  +    =  21