Ekbis Hot Topic

Kunjungan Turis Asing Tahun Depan Ditargetkan Naik

Channel9.id-Jakarta. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menargetkan 1,8-3,6 juta kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada 2022. Jumlah kunjungan turis asing ke Indonesia pada 202 mencapai angka 4,05 juta orang dan menurun menjadi 1,5 juta orang pada tahun ini.

“Jumlah wisman ini dulu menjadi jumlah yang selalu dikejar dari segi angka. Sedangkan, wisatawan Nusantara yang menjadi andalan dengan target 260-280 juta pergerakan dan nilai tambah ekonomi kreatif mencapai Rp1.236 triliun,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Selasa, 28 Desember 2021.

Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf, Kurleni Ukar, menyatakan bersepakat dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) tidak memasang target kunjungan wisman yang tinggi. Meskipun begitu, ia menyatakan adanya berbagai kegiatan internasional di Indonesia diharapkan akan meningkatkan devisa bagi negara.

Selain itu, kata Kurleni, potensi pasar destinasi wisata yang memungkinkan wisman untuk datang ke Indonesia adalah Bali dari Australia, India, dan Jepang. Sedangkan Batam dan Bintang didominasi oleh wisatawan asal Malaysia dan Singapura.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9  +    =  12