Lithuania Tarik Delegasinya Dari Cina Karena Situasi Taiwan
Internasional

Lithuania Tarik Delegasinya Dari Cina Karena Situasi Taiwan

Channel9.id-Lithuania. Delegasi diplomatik Lithuania menarik diri dari Cina pada hari Rabu, Kamis (16/12/2021). Penarikan ini dikabarkan terjadi karena masalah Taiwan yang secara de facto membuka kantor kedutaannya di Vilnius bulan lalu.

Cina mengurangi hubungan diplomatiknya dengan Lithuania pada bulan November setelah Taiwan membuka kantor kedutaan di ibu kota negara Baltik itu.

Otoritas Lithuania menyatakan mereka memanggil duta besarnya dari Cina untuk “berkonsultasi terlebih dahulu” dan pekerjaan mereka di Cina akan dilakukan dari jarak jauh untuk sementara waktu ini.

Seorang narasumber diplomat menuturkan kepada Reuters kalau 19 orang dari personil kedutaan pergi ke Paris dari Beijing. Narasumber lainnya menyebutkan kalau langkah itu merupakan sebuah respon dari tindakan “intimidasi”.

Kemenlu Cina belum mengeluarkan pernyataannya terhadap penarikan dubes Lithuania tersebut.

Dalam jawabannya kepada para reporter di Vilnius, Menteri Luar Negeri Gabrielius Landsbergis mengungkapkan kalau ada ketidakjelasan mengenai status diplomat Lithuania di Cina sebelum kepergian mereka.

Kemenlu Taiwan menyuarakan “rasa hormat tertinggi kepada pemerintah Lithuania dan keputusan diplomatiknya” dan menyerukan perusahaan-perusahaan Taiwan untuk mendukung hubungan ekonomi yang lebih intim lagi dengan Lithuania.

Koalisi penguasa Lituania tahun lalu setuju untuk mendukung gerakan yang dideskripsikan “mereka yang berjuang untuk kebebasan” di Taiwan.

Seperti kebanyakan negara lainnya, Lithuania – yang juga merupakan anggota Uni Eropa – mempunyai hubungan formal dengan Cina, bukan dengan Taiwan.

Amerika Serikat juga mengutarakan dukungannya terhadap langkah yang diambil Lithuania, yang mana semakin memanaskan ketegangan AS-Cina.

Kemenlu Lithuania sudah mengatakan kalau mereka siap untuk melanjutkan dialog dengan Cina dan mengembalikan fungsi kedutaannya di Beijing setelah kesepakatan yang saling menguntungkan keduanya tercapai.

(RAG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  +  9  =  16