Hot Topic Nasional

Ma’ruf Amin Minta Jangan Ada Capim dan Calon Anggota Dewas KPK Titipan

Channel9.id – Jakarta. Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mewanti-wanti jangan ada kandidat titipan dalam seleksi calon pimpinan dan calon anggota dewan pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2024-2029.

“Independen. Dan, independen. Jangan titipan ya, betul-betul (independen),” kata Ma’ruf dalam keterangannya di sela kunjungan kerja di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (27/6/2024).

Selain independen, Ma’ruf menekankan pentingnya menelusuri bersih atau tidaknya rekam jejak kandidat calon pimpinan KPK. Hal itu penting untuk memastikan efektivitas dan kredibilitas lembaga antirasuah di masa mendatang.

“Sebab kalau rekam jejaknya sudah tidak bersih, saya kira sulit,” ujarnya.

Kemudian, Ma’ruf menilai capim KPK harus memiliki integritas dan berkomitmen terhadap pemberantasan korupsi. Ia meyakini akan lahir pimpinan KPK yang benar-benar bisa diharapkan jika kriteria tersebut terpenuhi.

Ia menegaskan pemilihan pimpinan KPK harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Ma’ruf menekankan keberadaan KPK sangat penting dan selalu menjadi sorotan publik, bahkan juga dinilai pihak internasional.

Panitia seleksi (Pansel) telah membuka masa pendaftaran calon pimpinan dan dewan pengawas KPK periode 2024-2029 mulai, Rabu (26/6) hingga Senin (15/7) bulan depan.

Sebelumnya, Wakil Pansel KPK Arif Satria mengungkapkan pada hari pertama pendaftaran (26/6/2024), sudah 94 orang melakukan register akun. Namun, ia menyatakan dari angka itu belum ada calon pimpinan lembaga antirasuah yang mengumpulkan berkas pendaftaran melalui situs resmi.

Arif menjelaskan nantinya usai berkas masuk ke Pansel, maka selanjutnya Pansel akan melakukan verifikasi kesesuaian data calon peserta dengan persyaratan yang sudah ditetapkan.

Selanjutnya, hasil dari verifikasi atas berkas tersebut akan diumumkan sebagai peserta yang lolos seleksi administrasi.

Sementara itu, pendaftaran capim dan Dewas KPK sudah dimulai pada 26 Juni. Pada hari kedua ini, sudah ada 201 orang yang registrasi akun. Sebanyak 8 orang di antaranya sudah mengunggah dokumen persyaratan.

“Per tanggal 27 Juni 2024, jumlah orang telah registrasi akun sebanyak 201 orang. Jumlah pendaftar untuk seleksi Calon Pimpinan KPK masa jabatan tahun 2024-2029 sebanyak 4 orang dan untuk Calon Dewan Pengawas KPK masa jabatan tahun 2024-2029 sebanyak 4 orang,” kata Arif.

HT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6  +  2  =