Mau Mudik? Coba Ikuti Tips Ini Biar Aman
Lifestyle & Sport

Mau Mudik? Coba Ikuti Tips Ini Biar Aman

Channel9.id-Jakarta. Ada banyak orang yang berencana melakukan perjalanan mudik di hari ini. Bagaimana tidak, esok harinya sudah akhir pekan dan tiga hari di awal pekan berikutnya adalah waktu cuti Lebaran.

Kalau Kamu berniat mudik atau melakukan perjalanan jauh sambil berpuasa, ada baiknya mempersiapkan sejumlah hal terlebih dulu. Sebab mudik saja sudah bisa menguras energi. Nah, memang apa saja yang harus dipersiapkan?

1. Rencanakan perjalanan
Pastikan Kamu mengetahui dengan jelas lokasi mana saja yang hendak dituju, berapa lama waktu yang diperlukan untuk mencapainya, dan akses jalan yang akan lewati. Dengan begitu, Kamu bisa meminimalisasi risiko terburuk yang bisa terjadi saat perjalanan.

Kalau Kamu ingin tetap segar selama perjalanan, Kamu sebaiknya melakukan perjalanan pada malam hari. Di waktu ini, Kamu baru mendapat energi dari asupan saat buka puasa. Selain itu, tentu saja, Kamu bisa mengisi perut kalau mulai merasa lapar. Lalu Kamu juga jadi tak terpapar sinar matahari yang bisa membuat cepat kekurangan cairan, yang ujungnya bikin Kamu haus.

2. Cek barang bawaan
Saat sedang puasa, daya konsentrasi cenderung menurun. Meski begitu, Kamu tetap harus selalu waspada. Jangan sampai, misalnya, barang bawaan tertinggal. Jadi, coba untuk selalu fokus untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

3. Bawa obat-obatan
Kamu disarankan untuk membawa obat-obatan yang Kamu butuhkan dan mungkin Kamu perlukan, misalnya obat anti-mabuk, obat sakit kepala, minyak angin, hingga obat untuk luka. Hal ini untuk mengantisipasi berbagai hal yang mungkin terjadi saat Kamu melakukan perjalanan jarak jauh..

4. Penuhi asupan nutrisi dan cairan
Pastikan Kamu sudah memenuhi asupan nutrisi dengan mengonsumsi makanan sehat saat sahur dan buka puasa. Hal yang tak kalah penting, penuhi pula kebutuhan cairanmu. Bila perlu, Kamu bisa mengonsumsi vitamin.
Dengan begitu, staminamu bisa terjaga dan tubuh tetap fit sehingga tubuh tak mudah lelah atau terserang penyakit.

5. Bawa makanan untuk berbuka
Jika Kamu memperhitungkan adanya kemungkinan buka puasa di perjalanan, sebaiknya Kamu membawa makanan dari rumah. Di sisi higienitas, ini lebih aman ketimbang Kamu harus beli makanan di tengah perjalanan. Belum lagi, adanya risiko terkena macet yang mungkin membuatmu sulit untuk membeli makanan untuk buka puasa.

6. Istirahat jika lelah
Lelah dan mengantuk kerap jadi penyebab kecelakaan lalu lintas. Oleh karena itu, kalau Kamu sedang menyetir, sebaiknya istirahat terlebih dahulu dengan melipir di pinggir jalan untuk melemaskan otot yang kaku. Jangan paksakan diri kalau merasa lelah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

  +  21  =  27