Techno

Mengenal Bugdroid, Robot Hijau Maskot Android

Channel9.id, Jakarta – Setiap merek kenamaan pasti memiliki maskot atau logo yang ikonik, tak terkecuali Android. Sistem operasi besutan Google ini identik dengan robot berwana hijau yang harus diakui sudah diingat banyak orang.

Kendati demikian, tidak semua orang mengenal nama maskot tersebut. Alasannya, seperti dikutip dari Digital Trends, Sabtu (3/11/2018), maskot Android itu ternyata memang tidak memiliki nama resmi.

Dari cerita yang berkembang, maskot Android sempat dipanggil dengan nama Andy. Sayangnya, tidak ada yang tahu alasan pemberian nama tersebut. Sejumlah pihak menyebut Andy merujuk pada Andy Rubin sebagai kreator Android.

Kemudian, tim internal Android menyebut logo atau maskot tersebut sebagai Bugdroid. Alasan di balik pemberian nama itu juga belum jelas, tapi nyatanya nama tersebut terus dipakai hingga saat ini.

Adapun logo Android sendiri dibuat oleh desainer Irina Blok saat bekerja di Google. Ide awalnya adalah membuat gambaran sebuah open source untuk komunitas pengembang.

Seperti diketahui, Android merupakan sistem operasi berbasis open source. Jadi, logo ini menggambarkan sebuah platform yang terbuka untuk siapa pun dan dapat diubah sesuai dengan kebutuhannya.

Desain Blok yang sederhana dengan cepat membuat ikon ini dikenal publik luas, melebihi sasaran awal, yakni komunitas pengembang. Usai Google, Blok bekerja di Adobe, Apple, dan Facebook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  +  45  =  51