Connect with us

Lifestyle & Sport

Menpora: Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Published

on

Channel9.id-Jakarta. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengungkapkan jika Indonesia siap untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Event olahraga ini sedianya digelar pada Mei dan Juni tahun 2021 mendatang.

“Bapak Presiden mengecek kesiapan kita, baik kesiapan tentang penyelenggaraan, kesiapan infrastruktur, maupun kesiapan timnas. Alhamdulillah kita insyaallah tetap masih dalam koridor yang siap,” ujarnya usai mengikuti Rapat Terbatas, Selasa (20/10), di Jakarta.

Baca juga: Jokowi:  Yakinkan Indonesia Aman Jadi Tempat Penyelenggaraan Piala Dunia U20

Zainudin menjelaskan, persiapan sejumlah  sarana dan prasarana serta infrastruktur pendukung di 6 kota penyelenggaraberjalan sesuai dengan jadwal. Enam kota yang akan jadi tuan rumah ajang kompetisi tingkat dunia ini adalah Jakarta, Bandung, Surabaya, Palembang, Solo, dan Bali.

“Tinggal kita nanti menunggu kapan inspeksi tentang kelayakan lapangan, khususnya lapangan pertandingan. Itu yang akan menyatakan layak dan tidaknya itu adalah FIFA,” katanya.

Dijelaskan Zainudin, persiapan sarana dan prasarana serta infrastruktur pendukung tersebut dilakukan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta pemerintah daerah. Persiapan tersebut meliputi lapangan pertandingan/venue utama, lapangan latihan, akses jalan menuju stadion, dan lain sebagainya.

“Kami melihat kesungguhan pemerintah daerah luar biasa, mereka melakukan pekerjaan penyiapan,  baik infrastruktur maupun penyiapan masyarakatnya untuk hospitality-nya,” katanya.

Zainudin berharap, ajang ini tidak hanya menjadi ajang olahraga tetapi juga ajang pariwisata atau sport tourism.

“Kita berharap supaya para pemain atau ofisial dari berbagai negara juga memanfaatkan kesempatan mereka datang ke Indonesia ini untuk menikmati Indonesia dengan berbagai kelengkapan yang bisa disuguhkan oleh pemerintah daerah,” ujarnya.

Terkait detail penyelenggaraan dan kepanitiaan Piala Dunia U-20 Tahun 2021 tersebut, Zainudin mengatakan pihaknya akan berkonsultasi dengan Federasi Sepak Bola Dunia atau FIFA sebagai pemilik kegiatan Piala Dunia U-20.

“FIFA World Cup U-20 atau Piala Dunia U-20 Tahun 2021 ini adalah propertinya FIFA. Jadi segala sesuatunya harus atas approval-nya FIFA,” pungkasnya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle & Sport

Kalahkan Belgia, Bola Basket Putri Jepang ke Semifinal

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Timnas bola basket putri Jepang berhasil mengalahkan Belgia di babak perempat final Olimpiade Tokyo 2020.

Bermain di Saitama Super Arena, Rabu 4 Agustus 2021, Maki Takada dan kawan-kawan menang dengan skor 86-85 atas Belgia. Dengan kemenangan itu, Jepang melaju ke babak semifinal.

Pada pertandingan tersebut, pencetak angka terbanyak Jepang adalah Yuki Miyazawa yang berhasil memasukkan 21 poin disusul Maki Takada dengan 19 poin, Himawari Akaho dengan 12 angka dan Nako Motohashi dengan 10 poin.

Satu pemain Jepang yang juga tampil apik pada pertandingan itu yakni Rui Machida yang mencatatkan double-double dengan 10 poin dan 14 assist.

Dari kubu Belgia, pencetak poin terbanyak tim mereka adalah Emma Meesseman dengan 25 angka, Kim Mestdagh dengan 24 angka, Julie Allemand 11 poin dan Antonia Delaere dengan 10 angka.

Lawan Jepang selanjutnya antara Spanyol atau Prancis yang baru akan bertanding di babak perempat final malam ini.

HY

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Dubes Heri Apresiasi Kerja Keras Tim Indonesia di Olimpiade Tokyo

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi bersama Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI/ NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari mengantar 9 atlet beserta ofisial dan media Tim Indonesia pulang kembali ke tanah air melalui Bandara Narita, Jepang, Rabu (4/8).

Kepulangan para atlet dan ofisial yang dipimpin langsung oleh Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo Rosan P Roeslani ini diiringi pula dengan antusiasme warga Indonesia di Jepang yang turut mengantar di Bandara Narita, Jepang.

Dubes Heri menyambut gembira hasil maksimal dari para atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo.

“Alhamdulillah, prestasi para atlet kita di Olimpiade ini bisa menjadi semacam immune booster bagi rakyat Indonesia. Kami ucapkan terimakasih atas kerja keras dari kontingen Indonesia secara keseluruhan,” ujarnya.

Ketua Umum NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari menyampaikan apresiasi atas dukungan tekhnis yang diberikan Dubes RI Heri Akhmadi beserta jajaran KBRI Tokyo kepada Tim Kontingen Indonesia selama penyelenggaraan Olimpiade Tokyo.

“Sejak awal kami datang kita sudah terbantu dari Bapak Dubes beserta jajarannya. Kami sangat merasakan dukungan yang luar biasa dari KBRI Tokyo, di tengah-tengah Olimpiade versi Covid-19 ini. Dimana banyak sekali batasan-batasan yang cukup menjadi tantangan. Tapi berkat dukungan Bapak Dubes beserta jajarannya akhirnya bisa kami lewati dengan baik,” ujar Raja Sapta Oktohari.

Apresiasi senada juga disampaikan CdM Indonesia untuk Olimpiade Tokyo Rosan P Roeslani.

Dalam acara tersebut, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo juga menyampaikan hadiah tiket pesawat Jakarta-Tokyo pp untuk peraih medali emas. Hadiah tersebut difasilitasi oleh Bank Negara Indonesia (BNI) Tokyo untuk Greysia Polii dan Apriyani Rahayu. BNI Tokyo juga mempersembahkan hadiah tiket pesawat untuk Rahmat Erwin Abdullah peraih medali perunggu dari cabang angkat besi.

Selanjutnya, hadiah tiket pesawat Garuda Jakarta-Tokyo pp juga dipersembahkan Bank Indonesia Tokyo kepada Anthony Sinisuka Ginting peraih perunggu cabang bulu tangkis nomor tunggal putra Olimpiade Tokyo.

Baca juga: Dubes Heri Lepas Kepulangan 7 Atlet Indonesia ke Tanah Air 

Pada kesempatan yang sama, KBRI Tokyo memberikan piagam penghargaan untuk semua peraih medali dan kenang-kenangan (omiyage) kepada 9 atlet beserta ofisial dan media yang pulang dalam kloter terakhir ini.

Sebanyak lima medali diraih tim Indosesia selama gelaran Olimpiade Tokyo 2020. Satu emas berhasil diraih pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang tampil dalam final ganda putri cabang olahraga (cabor) bulu tangkis.

Eko Yuli Irawan dari cabor angkat besi mengemas medali perak untuk kelas 61 kg putra. Kemudian ada Rahmat Erwin Abdullah dari cabor angkat besi menyabet perunggu dalam nomor 73 kg putra. Medali perunggu juga diraih Windy Cantika Aisah dari cabor angkat besi untuk kelas 49 kg putri dalam cabor angkat berat.

Raihan medali ke-5 dipersembahkan Anthony Sinisuka Ginting usai menekuk atlet asal Guatemala, Kevin Cordon.

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Voli Putri AS Berhasil Melaju ke Semifinal Olimpiade Tokyo 2020

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Tim voli putri Amerika Serikat (AS) berhasil melaju ke babak semifinal Olimpiade Tokyo 2020 usai menyingkirkan Republik Dominika.

AS yang berstatus nomor satu dunia ini, mengalahkan Dominika yang merupakan peringkat keenam dunia dengan skor 3-0.

Pada babak semifinal Olimpiade Tokyo 2020, Jumat 6 Agustus 2021, AS akan bertemu pemenang antara Serbia versus Italia.

AS yang pada Olimpiade Rio de Janeiro 2016 menempati peringkat ketiga, berpeluang memperbaiki catatan tersebut.

Bukan tak mungkin AS menjadi juara Olimpiade untuk kali pertama sepanjang sejarah keikutsertaan mereka.

Sedangkan, Korea Selatan yang lebih dulu memastikan tiket semifinal akan bertemu pemenang antara Komite Olimpiade Rusia (ROC) vs Brasil.

HY

Continue Reading

HOT TOPIC