Netflix Tambahkan Tombol 'Two Thumbs Up'
Techno

Netflix Tambahkan Tombol ‘Two Thumbs Up’

Channel9.id-Jakarta. Kini algoritme rekomendasi Netflix bisa membedakan antara “sekadar suka” dan “favorit. Layanan streaming ini menambahkan opsi “Two Thumbs” ke sistem peringkatnya. Pemirsa akan melihat opsi ini di sebelah ikon “Thumbs Up” dan “Thumbs Down” di semua perangkat.

Jika pemirsa menyukai genre atau acara dan ingin melihat judul yang serupa, maka memberi “Thumbs Up” adalah pilihan tepat. Misalnya, mengacungkan jempol ke acara seperti “Russian Doll”, artinya pemirsa akan melihat lebih banyak acara misteri atau drama dengan seorang wanita sebagai tokoh utama. Selain itu, menyukai acara seperti “Midsomer Murders”, artinya Netflix akan menyajikan lebih banyak lagi drama detektif Inggris.

Namun, jika pemirsa memberi “Two Thumbs”, rekomendasi Netflix akan lebih disesuaikan untuk aktor atau pembuat tertentu. “…A Two Thumbs Up memberi tahu kami apa yang Anda sukai dan membantu kami menjadi lebih spesifik dengan rekomendasi Anda. Misalnya, jika Anda menyukai Bridgerton, Anda mungkin melihat lebih banyak acara atau film yang dibintangi oleh para pemerannya, atau dari Shondaland,” jelas Christine Doig-Cardet, direktur inovasi produk Netflix, dikutip dari Engadget.

Sekadar informasi, sistem peringkat berbasis jempol Netflix menuai banyak kritik dalam beberapa tahun terakhir. Platform ini menggantikan sistem peringkat bintang lima pada 2017, yang membuat banyak kritikus film di mana-mana kecewa. Menurut seorang pengguna Reddit, perubahan dari peringkat bintang ke jempol membuat sulit untuk mengetahui apa yang dinilai dari film yang digarap oleh sutradara yang pemirsa sukai. Sementara itu, pemirsa khawatir bahwa memberi “Thumbs Up” akan mengubah algoritme Netflix. Namun demikian, dengan pembaruan terbaru, sistem peringkat Netflix diharapkan bisa menghasilkan lebih banyak saran yang baik.

(LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

44  +    =  49