Internasional

Pakar Medis Terkemuka AS Desak Cina Rilis Rekam Medis Peneliti Lab Wuhan

Channel9.id-Jakarta. Pakar medis terkemuka dari Amerika, Dr Anthony Fauci meminta Cina untuk segera merilis rekam medis para peneliti laboratorium Institut Virology. Ia mengatakan kalau gejala penyakit mereka dapat memberikan petunjuk vital mengenai kasus Covid-19 pertama, terutama mengenai teori kalau Covid-19 disebabkan oleh kebocoran lab, lapor Financial Times pada hari Kamis (3/6/2021).

“Saya ingin melihat rekam medis dari tiga orang yang dilaporkan sakit di tahun 2019. Apakah mereka benar sakit? Jika memang benar, mereka sakit karena apa?” tulis berita tersebut yang mengutip perkataan Fauci.

Asal usul virus corona sampai saat ini masih hangat diperbincangkan. Badan intelejen Amerika masih memeriksa laporan yang mengungkapkan kalau ada peneliti laboratorium Institut Virology di Wuhan yang mengalami sakit parah di tahun 2019, sebulan sebelum kasus pertama Covid-19 dilaporkan terjadi.

Baca juga: Cina Merahasiakan Data Orisinil Covid-19 Wuhan 

Namun, peneliti dan petinggi Cina bersikeras menolak teori adanya kebocoran lab. Mereka mengatakan kalau virus itu sudah ada di daerah lain sebelum akhirnya menghantam Wuhan. Mereka bahkan juga mengatakan kalau virus itu masuk ke Cina melalui impor makanan dingin atau perdagangan hewan.

Financial Times juga melaporkan kalau Fauci masih percaya bahwa virus Covid-19 pertama kali menular ke manusia melalui hewan. Ia tidak menepis adanya kemungkinan kalau para peneliti lab yang sudah terjangkit Covid-19 itu sudah tertular virus corona dari tempat lain.

(RAG)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  +  72  =  79