Connect with us

Hot Topic

Pembakaran Kejagung, Komjak Dukung Polri Segera Ungkap Tersangka

Published

on

Channel9.id – Jakarta. Komisi Kejaksaan (Komjak) berharap Bareskrim Polri bisa bekerja secara transparan mengungkap tersangka pembakaran Gedung Kejagung.

Terlebih, dalam konferensi pers Kamis (17/9) kemarin, Polri menyebut ada unsur pidana di balik insiden kebakaran itu.

“Kita harapkan Mabes Polri bisa menyidik tuntas kasus ini secara cepat. Sebab proses penyidikan sudah dimulai dan kalau ditemukan bukti-bukti awal adanya dugaan sumber api dan dugaan pasal yang dilanggar maka tentu saja siapa calon tersangkanya juga sudah ada di tangan Polri,” kata Ketua Komjak Barita Simanjuntak, Jumat (18/9).

Barita menilai, transparansi merupakan hal yang penting. Hal ini supaya publik tidak berspekulasi jauh mengenai insiden terbakarnya gedung utama Kejagung. Komjak sepenuhnya mendukung Polri mengusut tuntas pelaku pembakaran.

“Penting agar kepastian tentang kebakaran ini tuntas dan tidak berkembang menjadi spekulasi,” pungkasnya.

(HY)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hot Topic

Operasi Zebra Kurangi Razia, Utamakan Edukasi ke Masyarakat

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyampaikan, pihaknya mengurangi razia dalam Operasi Zebra yang dilaksanakan selama 14 hari. Polisi, katanya, mengedepankan pencegahan dan edukasi supaya masyarakat tertib berlalu lintas.

“Operasi Zebra Jaya 2020 ini kan kita di masa pandemi Covid-19, karenanya persentase penegakan hukum itu sangat kecil,” kata Sambodo, Rabu (28/10).

Sambodo menjelaskan, razia dikurangi guna menghindari terjadinya kerumunan. Dalam hal ini, polisi akan melaksanakan operasi secara berburu. Polisi akan mendatangi titik tertentu dan melakukan operasi pada jam-jam tertentu.

“Persentase penindakan hanya sebesar 20 persen, sisanya 40 persen preventif (pencegahan) dan 40 preemtif (imbauan),” kata Sambodo.

Menurutnya, tindakan itu berbeda dengan Operasi Zebra tahun lalu. Di mana, Operasi Zebra saat itu memperbanyak penegakan hukum dan razia dimana-mana.

“Upaya preemtif-preventif itu berupa edukasi, sosialisasi, imbauan maupun teguran simpatik, yang memberikan penyadaran kepada masyarakat,” kata Sambodo.

Sambodo menegaskan, pencegahan dan imbauan dalam Operasi Zebra bertujuan supaya masyarakat mematuhi aturan lalu lintas dan mematuhi protokol kesehatan.

(HY)

Continue Reading

Hot Topic

Peringatan Sumpah Pemuda, Ini Pesan Ketua KPK Kepada Generasi Muda

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Rakyat Indonesia kembali memperingati Hari Sumpah Pemuda pada Rabu, 28 Oktober 2020. Pada kesempatan ini, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri berpesan agar para pemuda dan pemudi Indonesia dapat mengisi masa mudanya dengan baik dan memperkuat integritas diri.

Firli mengatakan bahwa Hari Sumpah Pemuda menjadi momen dimana seluruh bangsa dan tumpah darah Indonesia dimanapun berada, bersatu padu dalam sebuah sumpah, “Sumpah Pemuda”, yang dicetuskan oleh para pemuda dan pemudi pada masa pergerakan kemerdekaan.

“Di masa itu, para pemuda-pemudi tampil di depan menjadi agen dan motor perubahan nasib serta penentu masa depan bangsa, yang lama terpuruk dalam belenggu kolonialisme penjajah,” ujarnya dalam keterangan pers, Rabu (28/10/2020).

“Sumpah pemuda yang digelorakan para pemuda dan pemudi kala itu, telah membakar bara semangat persatuan dan kesatuan dalam diri seluruh bangsa Indonesia, yang ingin lepas dari imperialisme para penjajah di bumi pertiwi.”

Menurut Firli banyak sekali nilai-nilai serta teladan yang dapat dipetik dari Sumpah Pemuda dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia, termasuk dalam menghadapi persoalan korupsi yang masih marak.

“Tidak sedikit esensi dari Sumpah Pemuda yang mengajarkan dan menguatkan kita dalam menghadapi serta melewati ragam permasalahan bangsa, salah satunya persoalan korupsi yang masih berurat akar di negara ini.”

Pria berpangkat komisaris jenderal polisi itu menegaskan bahwa perlu peran aktif segenap tumpah darah Indonesia serta dukungan seluruh eksponen bangsa dalam upaya memberantas korupsi di negara ini.

Dia mengatakan bahwa perlu ada satu bahasa ‘Anti Korupsi’ agar kejahatan kemanusiaan (korupsi) ini benar-benar hilang dari bumi pertiwi.

IG

Continue Reading

Hot Topic

Habib Bahar Kembali Jadi Tersangka Kasus Dugaan Penganiayaan

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Polda Jawa Barat menetapkan kembali Habib Bahar sebagai tersangka dalam kasus dugaan penganiayaan.

Sebelumnya diketahui, Bahar ditetapkan sebagai tersangka dan divonis 3 tahun karena melakukan penganiayaan pada dua remaja.

Untuk kasus kali ini, Bahar diduga melakukan penganiayaan terhadap korban bernama Andriansyah di Bogor pada 4 September 2018.

Adapun penetapan tersangka tercantum dalam surat nomor B/4094/X/2020/Ditreskrimum yang dikeluarkan pada 21 Oktober di Bandung.

Surat tersebut ditandatangani langsung Direskrimum Polda Jabar, Kombes Patoppoi. Bahar diduga melakukan tindak penganiayaan secara bersama-sama sebagaimana diatur dalam Pasal 170 KUHP dan 351 KUHPidana.

Patoppoi membenarkan penetapan tersangka itu. Dia menyampaikan, penetapan tersangka dilakukan setelah polisi melakukan rangkaian gelar perkara dengan kejadian dugaan penganiayaan di Bogor.

“Betul, hasil gelar telah ditetapkan tersangka,” katanya, Selasa (27/10).

Patoppoi menjelaskan, pelapor merupakan korban sendiri dan dugaan penganiayaan terjadi di wilayah Bogor.

Namun, Pattopoi tidak menjelaskan rinci tentang kronologi dugaan penganiayaan yang membuat Bahar ditetapkan jadi tersangka.

 

(HY)

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

HOT TOPIC