Techno

Pemerintah Targetkan 8 Juta UMKM Berbasis Digital Pada Tahun Depan

Guna mencapai target digitalisasi UMKM, Rudiantara menilai perlu kesiapan infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) agar dapat membangun konektivitas yang berdampak kepada produktivitas pelaku bisnis startup, UMKM dan UKM, untuk turut mendorong perekonomian bangsa.

Pembangunan TIK juga bertujuan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah Terluar, Terdepan dan Tertinggal (3T).

“Pemerintah melalui Kemenkominfo sedang dalam proses untuk membangun satelit Palapa Ring sebagai siasat untuk memberikan akses internet ke seluruh kantor desa, sekolah dan puskesmas di wilayah 3T,” jelasnya.

Rudiantara memperkirakan satelit tersebut tersebut sudah dapat beroperasi pada akhir 2022. Sampai saat ini, katanya, sudah ada 61.000 desa yang terhubung internet 4G dari keseluruhan 75.000 desa di Indonesia.

Satelit Palapa Ring merupakan proyek infrastruktur telekomunikasi pembangunan serat optik di seluruh Indonesia sepanjang 36.000 kilometer.

Palapa Ring terdiri dari tujuh lingkar kecil serat optik untuk wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Papua, Sulawesi, dan Maluku, serta satu backhaul menghubungkan semuanya.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Khusus untuk lembaga penyiaran televisi, Rudiantara juga meminta kepada pengelola stasiun televisi untuk menggunakan jaringan internet agar bisa dinikmati masyarakat lebih luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2  +  8  =