Pentingnya Pendidikan Politik untuk Wujudkan Pemilu 2024 yang Harmoni
Nasional Politik

Pentingnya Pendidikan Politik untuk Wujudkan Pemilu 2024 yang Harmoni

Channel9.id-Jakarta. Merealisasikan pendidikan politik melalui sosialisasi, seperti seminar daring, adalah hal penting. Hal ini demi terselenggaranya Pemilu 2024 yang aman, damai, dan harmoni.

Hal itu disampaikan oleh La Ode Ahmad, Plt. Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Pembangunan, di seminar daring bertajuk “Budaya Pemilu yang Harmoni”, Jumat (17/3).

“Dalam rangka mendukung terselenggaranya pemilu yang aman, damai, dan harmoni, upaya pendidikan politik diperlukan, termasuk terkait tahapan-tahapan pelaksanaan pemilu yang akan datang,” tutur La Ode.

Ia mengatakan bahwa pemahaman mengenai tahapan pemilu di Indonesia—yang memiliki keberagaman suku, bahasa, hingga budaya—diharapkan bisa memuluskan penyelenggaraan pemilu itu. Selain itu, yang tak kalah penting, pendidikan politik mengenai pemilu dibarengi dengan kebudayaan masyarakat bisa menciptakan “keserasian, keselarasan, hingga mewujudkan pelaksanaan pemilu yang luber jurdil.”

Baca juga: Ciptakan Pemilu Damai, Bahtiar: Nilai-Nilai Budaya Lokal Jadi Penawar Konflik

La Ode menjelaskan bahwa politik yang harmoni adalah menyadari keberagaman di Indonesia bisa menjadi pemersatu. Melalui persatuan itu, lanjutnya, dapat tercipta stabilitas politik sehingga tujuan pembangunan nasional, kemajuan bangsa, serta kesejahteraaan masyarakat bisa dicapai.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa, “salah satu indikator keberhasilan pemilu adalah terselenggaranya pemilu sesuai tahapan, tak ada konflik, partisipasi yang tinggi, serta tetap terselenggaanya seluruh pelayanan pemerintahan.”

(LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

61  +    =  62