Perempuan dan Anak-Anak Lebih Rentan Jadi Korban Kekerasan Seksual
Lifestyle & Sport

Perempuan dan Anak-Anak Lebih Rentan Jadi Korban Kekerasan Seksual

Channel9.id-Jakarta. Kekerasan seksual bisa terjadi pada siapa pun. Namun, yang lebih rentan menjadi korban dan terkena stigmatisasi karenanya adalah kaum perempuan dan anak-anak. Demikian menurut Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga di acara bincang-bincang bertajuk “Stop Kekerasan Seksual Perempuan dan Anak”, Rabu (20/4).

Menurut Bintang, akar permasalahan itu ialah kesenjangan antargender di tatanan masyarakat.

“Budaya patriarki yang telah dipraktikkan selama berabad-abad telah menciptakan kerentanan yang luar biasa, di mana perempuan diposisikan di bawah laki-laki,” pungkasnya.

Mengutip hasil dari Survei Nasional Pengalaman Hidup Anak dan Remaja (SNPHAR) Tahun 2021, Bintang memaparkan bahwa prevalensi anak usia 13 sampai 17 tahun yang pernah mengalami satu jenis kekerasan atau lebih di sepanjang hidupnya menurun sebesar 21,7% bagi anak perempuan dan 28,31% bagi anak laki-laki di tiga tahun belakangan.

Namun, Bintang menegaskan bahwa jumlah kasus kekerasan terbilang masih tinggi. “Meski prevalensinya menurun, tapi kalau kita melihat angkanya, masih memprihatinkan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Bintang meminta semua pihak untuk memperhatikan masalah tersebut secara serius. “Ini menjadi alarm bagi kita bersama untuk memberikan perhatian yang serius terhadap isu kekerasan ini,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

44  +    =  52