Netflix Sedang Pertimbangkan Iklan untuk Harga Langganan Lebih Murah
Techno

Netflix Sedang Pertimbangkan Iklan untuk Harga Langganan Lebih Murah

Channel9.id-Jakarta. Selama ini, Netflix tak pernah menayangkan iklan di platformnya. Namun, belum lama ini, salah satu pendiri dan co-CEO Netflix Reed Hastings mengatakan bahwa pihaknya “cukup terbuka untuk menawarkan harga layanan yang lebih murah dengan iklan, sebagai pilihan konsumen.”

DIlansir dari The Verge, Netflix saat ini sedang mencari opsi dan “mencoba mencari tahu selama satu atau dua tahun ke depan.” Hastings mengakui bahwa memperkenalkan layanan yang didukung iklan akan menjadi perubahan besar bagi perusahaan.

Ia mengatakan bahwa selama ini, pihaknya selalu melawan sistem periklanan yang rumit dan ingin menyederhanakan cara berlangganan. Namun, kini ia mengajukan ide bahwa layanan yang didukung iklan sebagai sesuatu yang “sangat masuk akal” bagi “konsumen yang ingin mendapat harga langganan yang lebih murah dan toleran terhadap iklan.”

Pada Selasa (19/4) lalu, Netflix melaporkan telah kehilangan 200 ribu pelanggan di kuartal pertama 2022, dan diperkirakan akan kehilangan sekitar 2 juta pelanggan di kuartal selanjutnya. Berangkat dari situ Netflix tampaknya terbuka pada berbagai hal yang telah ditolaknya, termasuk iklan. Co-CEO Ted Sarandos bahkan mempertimbangkana kan merambah live streaming siaran olahraga.

Netflix bukan satu-satunya layanan streaming yang akan mendukung iklan. Pesaing lainnya, seperti Hulu, Peacock, dan HBO Max, menawarkan paket yang memungkinkan konsumen membayar lebih murah sebagai imbalan karena acara mereka sesekali terganggu. Disney juga telah mengumumkan bahwa mereka menambahkan opsi yang didukung iklan ke Disney Plus pada akhir tahun.

Saat ini, Netflix di AS mengenakan biaya $10 (sekitar Rp143 ribu) per bulan untuk layanan dasarnya, $15,49 (sekitar Rp222 ribu) per bulan untuk tingkat standarnya, dan $20 per bulan untuk tingkat premiumnya. Harga ini relatif baru karena perusahaan menaikkannya pada Maret lalu.
(LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

  +  10  =  15