Hot Topic Hukum

Polda Jabar Pastikan Pelaku Pembunuh Vina Cirebon Pegi Setiawan, Bukan Salah Tangkap

Channel9.id – Jakarta. Polda Jawa Barat menegaskan bahwa penyidik tidak salah tangkap terkait kasus pembunuhan Vina Dewi Arsita alias Vina dan kekasihnya Muhamad Rizky Rudiana alias Eky di Cirebon.
Direktur Reserse Kriminal Umum (Krimum) Polda Jawa Barat, Kombes Polisi Surawan menjelaskan bahwa pelaku pembunuhan Pegi Setiawan yang ditangkap oleh Polda Jawa Barat bukan orang lain, melainkan orang yang sama dengan pembunuh Vina dan Rizki tahun 2016 lalu.

“Ya kita yakinkan bahwa PS adalah orang ini,” ujarnya dalam konferensi pers di Polda Jawa Barat, Minggu (26/5/2024).

Surawan mengatakan bahwa penyidik juga sudah mendapatkan sejumlah alat bukti yang bisa menguatkan bahwa Pegi Setiawan alias Perong yang kini diamankan bukanlah orang lain. Salah satu bukti tersebut, menurut Surawan adalah dokumen kendaraan yang dipakai oleh pelaku saat melakukan pembunuhan terhadap Vina dan Rizki.

“Motor yang waktu itu digunakan pelaku juga sudah kita dapatkan STNK-nya. Ya walaupun motornya belum dapat, tetapi STNK-nya sama,” katanya.

Selain itu, menurut Surawan, penyidik juga sudah memeriksa kelengkapan identitas dari pelaku Pegi Setiawan tersebut antara lain Surat Izin Mengemudi (SIM), KTP dan Kartu Keluarga pelaku.

“Kemudian ijazah juga kita periksa, hasilnya kita yakinkan bahwa ini adalah pelakunya Pegi Setiawan,” ujarnya.

Adapun yang membuat pihaknya kesulitan menangkap Pegi, Suwrawan menjelaskan lantaran telah meninggalkan kampung halamannya setelah kejadian Agustus 2016 lalu.

Dikakatakannya, dari Cirebon dia pergi ke Kabupaten Ketapang, Jawa Barat. Menurut Suwarman dia bekerja sebagai kuli bangunan di sana bersama ayahnya. Adapun ayahnya merupakan mandor kuli bangunan. Namun, identitas asli Pegi disembunyikan oleh sang ayah.

“Di Kabupaten Ketapang dia tinggal satu kos dengan ayah kandung dan ibu tirinya. Ayahnya memperkenalkan Pegi alias Perong sebagai keponakan. Namanya diganti jadi Robi Irawan,” katanya.

Suwarman mengatakan kendala lainnya yang menyulitkan polisi adalah tidak ada satu pelaku pun yang berani menerangkan siapa Pegi.

“Padahal mereka tinggal di satu lingkungan. Apakah melindungi Pegi alias Perong karena sepak terjangnya. Ada yang bilang takut. Tidak berani menerangkan Pegi alias Perong ini adalah orangnya,” terangnya.

Di samping itu, kata dia, kepala lingkungan dan warga sekitar di Cirebon tidak mengetahui Pegi karena saat pulang ke rumah dia sering menggunakan masker dan jaket, serta tidak bergaul dengan masyarakat sekitar.

Baca juga: Pegi Setiawan Bantah Telah Membunuh dan Memperkosa Vina

IG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

55  +    =  60