Hot Topic Nasional

Putaran Pertama Bakal Caketum PBNU, Yahya Staquf Ungguli Said Aqil

Channel9.id – Jakarta. Pemilihan calon ketua umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) masa periode 2021-2026 diawali dengan penyaringan bakal calon ketua umum (caketum) PBNU.

Pada putaran pertama pemungutan suara ini telah selesai dilakukan pada pleno ke-5 di Gedung Serbaguna, Kampus Universitas Lampung, Jumat, 24 Desember 2021.

Urutan pertama atau yang mendapatkan suara terbanyak adalah KH Yahya Cholil Staquf mendapatkan 327 suara, urutan kedua bakal calon Ketua Umum PBNU adalah KH Said Aqil Siroj yang mendapatkan 203 suara, urutan ketiga KH As’ad Said Ali yang mendapatkan 17 suara.

Baca juga: KH Miftachul Akhyar Terplih Sebagai Rais Aam PBNU 2021-2026

Kemudian, KH Marzuki Mustamar mendapatkan 2 suara, Ramadan Bayo mendapatkan 1 suara, abstain 1 suara, batal 1 suara.

Sehingga hanya ada dua nama sebagai calon Ketua Umum PBNU yaitu KH. Yahya Cholil Staquf dan KH. Said Aqil Siradj pada putaran kedua pemilihan itu.

“Jumlahnya 552 sesuai dengan tatib sahkan bersama kemarin berarti calon dalam pencalonan ada dua calon yaitu Bapak KH. Yahya Cholil Staquf dan Bapak KH. Said Aqil Siradj,” ujar salah satu pimpinan sidang saat membacakan hasil penghitungan suara.

Ia menjelaskan, dalam putaran kedua nantinya di kertas suara hanya bertuliskan dua nama yaitu KH. Yahya Cholil Staquf dan KH. Said Aqil Siradj. Jadi, para muktamirin atau peserta yang hadir hanya mencontreng salah satu nama dari dua orang tersebut.

“Karena ini ada dua calon nanti di kartu suara ini ada dua nama nanti di contreng salah satunya. Itu teknis pemilihan tahap kedua,” ujarnya.

HY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

42  +    =  51